Tips

Apa yang Harus dilakukan Ketika Dokumen PDF Anda Terlalu Besar – Tips

Ukuran file PDF yang besar adalah masalah umum dengan format ini. Ada banyak kelebihan dari format PDF, tetapi Anda harus tahu bahwa masalah ukuran bisa sangat mengganggu pengguna. File PDF besar tidak dapat dibagikan, diunggah, dan terkadang bahkan dibuka pada perangkat ram yang lebih rendah. Sekarang, jika Anda membuat atau mengunduh file PDF besar, Anda bisa terjebak. Tidak ada opsi yang akan membantu pengguna mengecilkan ukuran PDF dan menghindari semua masalah kecil di masa lalu. Tetapi hari ini, teknologi modern memberi Anda solusi berbeda yang dapat membantu Anda memperkecil ukuran PDF.

Baca: Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

cara mengecilkan ukuran file pdf

Tips mengecilkan ukuran file PDF

Mungkin ada pertanyaan yang beredar di benak Anda cara kecilkan ukuran file PDF?. Di sini kami telah membahas beberapa tip terbaik yang dapat membantu Anda mengecilkan ukuran PDF tanpa banyak kesulitan.

Mengubah format warna file PDF

Tip pertama dan paling dasar yang dapat kami berikan kepada Anda untuk pengurangan file adalah Anda harus mengubah format warna file PDF. Biasanya, file PDF dibuat dalam format warna CMYK. Format warna ini dapat memperbesar ukuran file PDF. Rute alternatif adalah dengan menggunakan format warna RGB dalam file. Format warna teks pada file PDF dapat diubah dengan bantuan pengoptimal PDF seperti yang ditawarkan oleh Adobe. Jika Anda telah menginstal Adobe Acrobat di perangkat Anda, Anda dapat dengan mudah mengubah warna file dan mengecilkan ukurannya. Anda dapat mengubah warna dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Adobe pada perangkat Anda dan klik opsi alat
  • Pilih opsi “produksi cetak” dari alat
  • Anda akan melihat tombol ‘konversi warna’; klik di atasnya!
  • Pilih ruang warna RGB dari sana
  • Dari profil konversi, Anda harus memilih FOGRA39
  • Pilih halaman yang ingin Anda ubah warnanya
  • Tekan tombol OK untuk memulai konversi

Anda dapat melihat penurunan ukuran file yang pasti.

Hapus semua konten yang tidak perlu dari file PDF

Cara mudah lainnya untuk mengecilkan ukuran PDF adalah dengan menghapus semua konten yang tidak perlu dari dokumen. Jika ukuran dokumen besar, maka selalu memungkinkan untuk memiliki banyak konten media, tautan yang dapat diklik, dan ruang kosong di dalamnya. Menghapus ruang kosong dan elemen lain yang tidak diinginkan dari file dapat mengecilkan ukuran PDF. Anda dapat dengan mudah mengedit file PDF dengan editor PDF online atau alat pengoptimalan. Jika Anda menggunakan Adobe, Anda dapat dengan mudah menggunakan opsi ‘AUDIT SPACE USAGE’ untuk mengurangi ukuran file.

Gunakan Kompresor PDF Online untuk Kompres PDF Online

Kompresi manual biasanya memakan waktu lama dan tidak terlalu efektif. Jadi selalu ada pilihan untuk menggunakan kompresor PDF digital ke kompres PDF online. Kompresor PDF online ini sangat mudah digunakan, dan Anda dapat menggunakannya tanpa pengalaman sebelumnya.

Anda harus membuka alat kompresi PDF online di browser Anda dan memasukkan file PDF berukuran besar ke dalam kotak input. Setelah memasukkan file PDF, Anda harus memilih mode kompresi. Ada dua jenis opsi kompresi yang dapat Anda temukan di alat kompresor PDF:

  • Opsi kompresi lossless adalah yang pertama di mana ukuran file PDF menyusut tanpa merusak atau kehilangan kualitas elemen dalam file PDF.
  • Kompresi lossy adalah opsi kedua yang membantu mengecilkan ukuran PDF lebih banyak. Namun, itu juga mempengaruhi kualitas dokumen.

Setelah memilih mode yang diperlukan, Anda perlu mengetuk tombol ‘kompres PDF’. Alat ini akan memperkecil ukuran PDF dan memberi Anda versi baru yang dapat Anda unduh secara gratis!

Simpan kembali file PDF dengan opsi penerbitan online MS Word

Jika Anda memiliki file PDF besar yang ingin Anda kecilkan, Anda dapat dengan mudah mengambil bantuan dari Word. Misalkan Anda tidak memiliki cadangan versi PDF. Dalam hal ini, Anda dapat membuat salinan file asli dengan membukanya dengan kata atau menggunakan konverter PDF ke Word online untuk mengubah file PDF besar dalam format kata. Setelah Anda memiliki versi kata di perangkat Anda, Anda dapat menyimpannya lagi dalam ukuran yang lebih rendah.

Prosesnya cukup sederhana; Anda harus memilih opsi ‘save as’ dari menu file. Dalam opsi format file, Anda harus memilih PDF dan mengganti nama file Anda untuk menghindari kebingungan dengan versi ukuran besar. Sekarang, saat menyimpan file, Anda akan melihat opsi ‘optimalkan untuk’. Anda akan melihat tombol ‘ukuran minimum’ di opsi ini, yang harus Anda pilih. Klik tombol simpan setelahnya dan periksa ukuran file baru.

Ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengelola file PDF jika ukurannya besar!