Tips Mudah Cara Kompres Video Online, Tidak Membutuhkan Spesifikasi Tinggi

Cara kompres video onlineMengompres video dilakukan untuk banyak tujuan. Mulai dari mengurangi space memori penyimpanan yang penuh hingga mempermudah dan mempercepat dalam pengiriman video di sosial media. Hanya saja untuk mengompres video dengan menggunakan aplikasi desktop PC atau smartphone membutuhkan spesifikasi perangkat yang cukup tinggi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara kompres video online.

Cara kompres video online ini hanya membutuhkan kuota yang sesuai dengan besar video yang akan kita kompres serta kecepatan internet yang mumpuni. Nah berikut ini ada beberapa rekomendasi situs kompress video online dan juga bagaimana cara melakukannya. Semoga bisa diikuti dengan baik.

1. Melalui Situs Aconvert.com

Situs yang direkomendasikan untuk mengompres videomu secara online adalah mengunjungi Aconvert.com. Situs ini memiliki layanan compress video juga beberapa fitur lainnya seperti konversi dokumen, foto, ebook, audio bahkan icon. Tercatat, total file yang sudah di convert sudah mencapai hingga 90 juta kali dan pastinya akan terus bertambah.

1. Pertama, kunjungi situs Aconvert.com yakni di: https://www.aconvert.com/video

2. Cari file video yang akan di kompres

Cara kompres video online3. Ubah settingan video dengan mengatur bagian kolom Options, mulai dari size, bitrate atau frame rate. Sebagai keterangan, semakin kecil settingannya akan membuat semakin menurun kualitasnya, namun hasil kompresinya yang didapat tentu akan semakin rendah ukurannya

4. Klik convert now kemudian tunggu prosesnya hingga selesai

5. Klik Save untuk menyimpan hasilnya ke komputer

2. Melalui videosmaller.com

Situs selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara kompres video online adalah dengan mengunjungi videosmaller.com. Hanya saja untuk situs ini membatasi ukuran video yang akan dikompress yakni hanya 500 mb saja. Nah berikut cara kompres video online melalui videosmaller.com.

1. Kunjungi situsnya di videosmaller.com

2. Cari file yang akan dikompres terlebih dahulu.

3. Kemudian atur setting lanjutan seperti dibawah ini atau kamu bisa melewatinya apabila ingin secara otomatis mengkompresi

Cara kompres video online4. Klik upload video kamu kemudian tunggu hingga proses unggahan dan juga kompresi hingga selesai

5. Terakhir, unduh video yang sudah dikompres dengan mengeklik link yang disediakan

3. Melalui Ezgif.com

Sama seperti diatas, Ezgif.com juga membatasi ukuran video yang akan di kompress yakni hanya 100mb saja. Namun yang paling menarik adalah kamu bisa mengubah langsung video tersebut menjadi file gif.

1. Kunjungi situsnya di : https://ezgif.com/resize-video

2. Setelah terbuka halamannya, kamu akan diminta untuk upload video yang ingin dikompres. Lanjutkan dengan mencari file video yang ingin di kompress, lalu klik upload video

Cara kompres video online3. Setelah proses upload selesai, ubah resolusi video agar lebih kecil dengan demikian agar ukuran video menjadi lebih kecil pula

4. Klik resize video, kemudian setelah proses kamu akan menemukan tombol unduh video yang sudah diresize

Itulah beberapa situs online yang bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi ukuran video. Biasanya pengecilan ukuran dengan mengurangi resolusi video, bertujuan agar dapat dikirimkan melalui perpesanan online seperti Whatsapp atau yang lainnya. Namun pengguna smartphone juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi editor video.

Aplikasi editor video yang dapat mengurangi ukuran dari video tersebut juga banyak yang tersedia gratis. Namun, sekali lagi terkadang aplikasi tersebut membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Namun dengan menggunakan cara diatas kamu tidak perlu memikirkan masalah spesifikasi perangkat yang digunakan dan prosesnya pun lebih cepat.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mengatasi permasalahan video yang resolusinya besar dan ukuran video besar. Semoga berhasil.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment