Tips

Cara Scan QR Code tanpa Aplikasi di Android dan iPhone

Saya harap Kamu tahu bahwa iPhone atau iPad mampu scan QR code tanpa aplikasi, bisa menggunakan kamera saja. Fungsi ini berfungsi sempurna jika Kamu menemukan kode QR di toko ritel, taman, atau tempat lain.

Saat ini, kamu tidak memerlukan aplikasi terpisah untuk memindai kode QR dengan iPhone Kamu. Apple telah menambahkan fungsi ini ke aplikasi kamera standar. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Kamu bagaimana cara melakukan scan QR Code tanpa aplikasi di iPhone dan android.

Kode QR memiliki kegunaan yang hampir tak terbatas. Baik itu untuk sekadar membagikan URL, password Wifi,  sebagai pengautentikasi web, atau membantu pembayaran Kamu untuk barang dan jasa. Kode barcode yang ditampilkan dalam bentuk kotak-kotak kecil hitam-putih ini telah berkembang menjadi bagian yang benar-benar ada di mana-mana dalam hidup kita.

Tetapi ketika Kamu tidak menggunakan aplikasi atau fitur ponsel yang secara khusus bisa untuk scan barcode, Kamu mungkin akan sedikit bingung, dan itu membuat banyak orang langsung menuju ke Play Store dan mengunduh satu dari ratusan mungkin ribuan aplikasi scan kode QR.

Faktanya adalah, ada cara yang jauh lebih baik untuk memindai kode QR di Android yang tidak perlu install aplikasi scan barcode. kamu bisa menggunakan antara lain Google Lens, aplikasi kamera ponsel Kamu sendiri yang sudah ada fitur scan kode QR, hingga melalui situs web yang menawarkan scan kode QR. Beberapa browser Android bahkan dilengkapi dengan pemindai bawaan.

Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi di iPhone

Silakan Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini jika ingin memindai kode qr yang ada dari iPhone Kamu.

  • Periksa di aplikasi Pengaturan di bawah ‘Kamera’ apakah pilihan ‘Pindai kode QR’ diaktifkan.
  • Kalau belum, silakan di aktifkan dahulu.
  • Buka aplikasi Kamera.
  • Arahkan iPhone Kamu ke kode qr yang ingin Kamu scan.
  • Bingkai kuning akan muncul di sekitar kode qr.
  • Di bagian atas Kamu akan menerima pemberitahuan tentang kode qr yang dipindai.
  • Klik ini dan situs web akan terbuka secara otomatis di browser default Kamu.

Baca Juga: Cara Scan KK Jadi Pdf dengan Google Drive

Baca Juga: Cara Scan Barcode Google Maps

Cara Scan Kode QR di Android dengan Google Lens

Cara Scan QR Code tanpa aplikasi di iphone dan android

Hampir setiap ponsel Android dilengkapi dengan aplikasi Google, aplikasi ini memiliki alat pemindaian bawaan yang disebut Lens. Ini membantu Kamu mengidentifikasi objek, teks, dan angka yang Kamu lihat di dunia nyata, tetapi juga mampu untuk scan QR code.

Ada banyak cara untuk memulai Google Lens. Kamu dapat melakukannya dengan memanggil Asisten Google dengan cara menekan tombol home di hp android kamu beberapa saat sampai muncul google asisten, selanjutnya ketuk ikon Lens yang ada di sebelah kiri menu.

Setelah Kamu memulai Lens, arahkan kamera ke kode QR. Jika QR codenya berupa alamat website, maka kamu akan melihat pratinjau alamat, yang dapat Kamu ketuk untuk mengunjunginya.

Jika berupa nilai lain bukan alamat website, seperti angka atau kata sandi, yang disimpan ke kodenya, Kamu perlu mengetuk tombol pencarian di bagian bawah jendela bidik untuk melihat nilainya.

Lens juga dapat diakses di Google Foto, jadi jika Kamu pernah mengambil gambar dengan kode QR di dalamnya, Kamu dapat dengan mudah membukanya kembali. Cukup buka gambar dalam tampilan penuh dan ketuk tombol Lensa di bagian bawah.

Kamu harus menyetujui persyaratan Lens saat Kamu menggunakannya untuk pertama kali. Seperti halnya layanan cloud lainnya, Kamu tidak keberatan mengirimkan gambar yang Kamu ambil ke server Google, karena jika tidak, Lens tidak akan berfungsi. Jika Kamu tidak ingin melakukannya, coba salah satu solusi lainnya di bawha ini.

Scan QR Code dengan Web Tool Online

Selain dengan kamera bawaan hp iphone atau google lens di android, kamu dapat menggunakan website tool online untuk scan qr code, salah satu yang umum dipakai adalah: qrcodescan.in. Silakan akses website ini di browser bawaan smartphone iphone atau android kamu. Berikan izin untuk menggunakan kamera Kamu, dan Kamu siap untuk memindai.

Segera setelah web tool online ini mengenali kodenya, pop-up akan menunjukkan kepada Kamu apa isi dari QR codenya. Kamu juga dapat membuatnya mencari kode dalam gambar yang Kamu ambil sebelumnya dengan mengetuk tombol kamera mengambang di sudut kanan bawah.

Kamu dapat menambahkan web tool online untuk scan qr code ini ke beranda hp kamu melalui ketukan pada menu tiga titik di pojok kanan atas di Google Chrome dan “Tambahkan ke layar Utama”. Setelah kamu tambahkan pintasan ini, maka ini akan berfungsi seperti aplikasi biasa, lengkap dengan dukungan offline.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment