Tips Tutorial

Tutorial Cara Membuat Google Form Untuk Mengisi Kuisioner dengan Mudah

cara membuat Google FormBaik untuk tujuan akademis maupun bisnis, Google Form sangat diminati oleh para siswa dan juga para pengusaha. Alasannya adalah karena Form dari Google ini sangat membantu dan juga meringkas semua proses untuk mendapatkan data untuk kuisioner. Jika kamu tertarik, berikut ini ada cara membuat Google Form yang semoga bisa bermanfaat untuk kamu.

Cara membuat Google Form ini sendiri sangat mudah dan juga cepat, sedangkan kelebihan lainnya jelas pada penyebarannya yang mana sangat luas, cukup dengan menyebarkan link di media sosial, maka dengan mudah kita bisa mendapatkan lebih banyak data. Jadi tidak terbatas pada akun Google saja, pengguna yang memiliki akun lain juga masih bisa mengisi kouisoner yang kamu buat. Langsung saja berikut cara untuk membuat dan membagikannya.

1. Buat Akun Google

Karena merupakan produk dari Google, maka sebagai langkah pertama adalah kamu harus memiliki akun Google. Namun sayangnya pasti tidak semua atau kamu ingin membuat akun khusus untuk kuisioner menggunakan Google Form maka kamu bisa membuatnya dengan cara yang biasa.

2. Buka Situs Google Form

cara membuat Google FormLangkah cara membuat Google Form selanjutnya adalah mengunjungi situs dari Google Form itu sendiri yakni https://docs.google.com/forms/u/0/i. Setelah itu, kamu bisa memilih apa yang menjadi kebutuhanmu yakni membuat sebuah Form atau formulir. Kemudahan diberikan oleh Google yakni  beberapa tema yang bisa menjadi pilihan atau kamu bisa memulainya dari halaman kosong.

Namun, jika kamu ingin membuat formulir dari Google Drive, kamu hanya perlu menekan menu New di sudut kiri atas, kemudian Klik More, lalu pilih Google Forms. Namun bila kamu membutuhkan data surveimu untuk spreadsheet-mu di Google Sheet, kamu bisa membuatnya dengan cara klik Insert lalu pilih Form.

cara membuat Google Form

3. Membuat Sebuah Form

cara membuat Google FormCara membuat Google Form juga semakin mudah karena memang ada banyak variasi pilihan serta pertanyaan yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan jenis data yang dibutuhkan. Jenis pertanyaan yang bisa diberikan kepada respondenmu seperti contohnya adalah Jawaban Singkat, Paragraf, Pilihan Ganda, hingga Kotak Centang.

Tak hanya itu saja ternyata, karena kamu masih bisa meminta respondenmu untuk mengunggah file seperti foto maupun dokumen. Tak hanya itu saja, beberapa fitur-fitur umum seperti menambahkan gambar dan video bisa kamu coba dan juga sangat menarik bagi responden. Bila sudah selesai menyusun pertanyaannya, tekan tombol Kirim di sudut atas.

Hanya saja jangan lupa untuk memberi centang Perpendek URL agar link lebih pendek dan juga sehingga tidak akan memenuhi postingan atau kiriman pesan. Apabila sudah selesai prosesnya, setelah itu kamu baru bisa bagikan link Google Form-mu kepada para responden melalui media sosial atau Whatsapp Group.

4. Melihat Hasil Kuisioner

Selanjutnya adalah bagaimana cara mengolah data yang masuk. Kamu bisa melihat hasilnya di bagian Tanggapan yang letaknya ada di sebalah bagian Pertanyaan. Disitu kamu bisa melihat versi spreadsheet-nya, caranya dengan klik pada ikon merah yang letaknya di sebelah pojok kanan atas. Baru selanjutnya kamu bisa menganalisis datamu yang sudah masuk. Simpel kan?

Bagaimana? Mudah bukan? Apalagi Google Form yang merupakan produk dari Google ini tidak menarik sepeserpun dari pengguna atau pemakai dari layanan Google Form ini seperti pemakaian produk Google lainnya. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan juga penjelasan yang lengkap sehingga lebih mudah untuk dipahami. Selamat mencoba setiap langkahnya, semoga sukses.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment