Cara Menggunakan Layanan Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi

Cara Menggunakan Layanan Arah Kiblat Online Tanpa AplikasiArenaPonsel.com, Kiblat menjadi arah kemana menghadap ketika salat untuk umat Islam. Kiblat sendiri patokannya adalah posisi Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Lazimnya, posisi kiblat dengan gampang dapat ditemui ketika di masjid atau musholla. Hanya saja, kala ada di lokasi tanpa penunjuk kiblat, bagaimana menentukannya? Gunakan layanan arah kiblat online tanpa aplikasi berikut.

Setiap Muslim menundukkan kepala mereka di depan Allah SWT menghadap ke arah Kiblat. Untuk alasan itu, posisi yang akurat adalah wajib. Selanjutnya, banyak dari kita, saat bepergian, tidak tahu arah kiblat. Untuk alasan itu, alat untuk menentukan arah kiblat sangatlah penting, karena akan memberi Anda posisi kiblat yang sangat akurat untuk Sholat Anda.

Selain itu, ada banyak Muslim yang tinggal di berbagai negara di dunia dan bagi mereka untuk mengetahui posisi yang tepat dari kiblat adalah hal yang rumit dan sekaligus menantang.

Bila memang telah masuk waktu salat namun tidak tahu harus menghadap kemana,  jalan keluar yang lazimnya diambil yaitu dengan menginstal aplikasi kiblat di ponsel. Hanya saja, sebagian pengguna tak ingin memasang aplikasi itu sebab kapasitas penyimpanan ponsel mereka sudah tak memungkinkan. Atau juga karena fitur kompas tak tersedia di ponsel sebab spesifikasinya memang tak mendukung.

arah kiblat online tanpa aplikasi

Cara Menggunakan Layanan Arah Kiblat Online dengan Qibla Finder

Untung saja kini tersedia trik lain agar dapat melacak posisi kiblat tanpa harus menginstal aplikasi khusus. Layanan arah kiblat online tanpa aplikasi kini sudah tersedia. Dengan fitur Qibla Finder yang dibuat oleh Google, pengguna bisa menentukan arah salat hanya dengan browser internet saja.

Menggunakan google maps adalah cara mudah dan nyaman untuk menemukan arah kiblat. Google Maps menampilkan arah kiblat berdasarkan lingkaran besar. Arah kiblat akan ditampilkan di peta setelah Anda memasuki lokasi dan menggambar garis di peta.

Langkah-langkah menggunakan layanan arah kiblat online tanpa aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke website Qibla Finder menggunakan browser internet di ponsel. Link komplitnya yaitu qiblafinder.withgoogle.com.
  • Sesudah itu, pengguna mesti mengaktifkan akses GPS ataupun kamera di ponsel agar layanan dapat mulai mendeteksi posisi kiblat dari kedudukan pengguna.
  • Saat akan menentukan posisi kiblat, pengguna diharuskan untuk menjalankan kalibrasi kompas terlebih dulu yang disediakan di layanan online tersebut. Kalibrasi dilakukan dengan membentuk gerakan menyerupai angka 8 atau lakukan instruksi yang tertera.
  • Nah, selanjutnya pengguna cukup melakukan petunjuk yang diberikan. Pastikan telah mengarah di titik putih yang ada di tengah-tengah untuk penanda paling valid. Garis panah warna biru itulah posisi ke mana harus menghadap ketika salat.

Itu tadi teknik cara memastikan arah kiblat dari ponsel tanpa aplikasi. Layanan penentuan arah kiblat online tanpa aplikasi tersebut dapat difungsikan ketika mudik, sehingga tak usah lagi kebingungan menghadap ke mana ketika salat di perjalanan. Semoga berguna dan selamat mencoba.

About Author: