Tips

Cara Download Font di Dafont

Menggunakan jenis huruf yang unik ketika mengetik di laptop ber-OS Windows atau Mc tentu seru. Kendati jenis font atau huruf bawaan Windows sudah banyak namun terkadang ada beberapa jenis yang belum dikoleksi. Dafont adalah salah satu situs penyedia banyak jenis font yang dapat diunduh gratis. Cara download font di Dafont itu mudah yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Font merupakan kata yang akrab di telinga kita sejak dari dulu. Memang, font adalah model huruf yang dapat difungsikan untuk berbagai tujuan, terutama yang berkenaan dengan gadget. Ketika kita menyelesaikan pekerjaan atau tugas, acapkali digunakan software pengolah kata misalnya yang terkenal adalah microsoft word. Ketika kita menyusun laporan itu, ada aspek yang harus dicermati. Termasuk di sini adalah penentuan tipe huruf atau yang kerap disebut sebagai ‘font’.

Pastinya, saat menyusun laporan atau dokumen resmi, kita mesti menggunakan font dengan sifat formal. Yang populer diantaranya Times New Roman. Lain jika kita merancang sebuah desain foto, atau mengaplikasikan tulisan untuk video. Kita kudu menyesuaikannya dengan tema foto atau video yang dibuat. Contohnya kita membuat tema santai, tentu font yang harus digunakan adalah dengan model santai. Atau ketika kita hendak mendesain kartu undangan pernikahan, tentu font yang dipilih juga wajib yang terlihat elegan demi memberikan kesan yang sesuai dengan tujuan.

Pengguna dapat memasukkan sendiri jenis font itu ke item Windows setelah mendownloadnya. Sebelumnya pengguna dapat mendownload jenis font dari http://www.dafont.com. Jenis font yang didownload itu kemudian bisa dicoba di laptop Windows ataupun Mac. Ikuti langkah-langkah cara download font di Dafont berikut ini :

  • Dari browser di laptop, akses alamat http://www.dafont.com.
  • Pada tampilan laman beranda, klik pilihan kategori jenis font yang dikehendaki. Kategori tersebut tertera dalam kolom merah di sebelah atas jendela.
  • Gulirkan layar ke bawah untuk melihat apa saja jenis font dalam kategori pilihan tersebut.
  • Sesudah mendapatkan jenis font yang dikehendaki, tekan tombol Download di samping jenis font itu. Tentukan tempat penyimpanan di laptop bila memang ada notifikasi yang muncul. Selanjutnya tekan tombol Save.
  • Pengguna pun akan menjumpai tombol Donate to Author. Aktifkan tombol itu bila ingin berdonasi ke pengembang jenis font yang didownload itu.
  • Cari file hasil download, kemudian ekstrak untuk membukanya. Biasanya, file hasil unduhan ditempatkan di folder Downloads, kecuali apabila pengguna menentukan tempat penyimpanan lain.
  • Untuk sistem operasi Windows, lakukan dobel klik pada file itu, lalu tekan pilihan Extract All Files.
  • Sementara untuk laptop Mac, dobel klik dari berkas itu.
  • Lakukan dobel klik pada folder hasil ekstrak yang akan membuka isinya.
  • Instal jenis font itu dimana untuk komputer Windows adalah dengan klik kanan file .otf, .ttf, atau .fon, kemudian tekan tombol Install. Sementara untuk komputer Mac, dobel klik pada file dengan ekstensi .otf, .ttf, atau .fon, kemudian tekan tombol Install Font di sudut kanan bawah kolom dialog.

Beberapa jenis font terbaru dari Dafont seperti :  Lemon Milk,  Honey Florist,  Awake the Beauty,  Magic Heart,  Muthiara,  Stayola,  Hug Me Tight ,  Coolvetica, . Diamond Signature,  Adeline,  Creattion,  Le chant des Albatros, Love, Sometime,  Ghastly Panic, Hello, dan tentunya masih banyak lagi yang bisa dipilih. Asyiknya cara download font di dafont yaitu selalu ada update terbaru desain font yang cantik dan menarik!