Tutorial

Cara Mengedit Video di VN

VN Video Editor sesuai namanya adalah aplikasi pengedit video. Aplikasi ini sangat terkenal yang digunakan banyak pengguna ponsel. Salah satu kelebihan VN yaitu tak terdapatnya watermark. Bagaimana cara mengedit video di VN?

Para TikToker pun banyak yang mengandalkan VN untuk mengedit video sebelum diposting ke TikTok. Memanfaatkan aplikasi VN pengguna dapat mengerjakan beragam aspek editing video misalnya melakukan impor, memasukkan filter, mengolah filter, menambahkan tulisan, memotong klip dan menyimpan video hasilnya ke galeri ponsel.

Sebagian besar pengguna memanfaatkan efek transisi cantik yang mampu dihasilkan aplikasi VN, ditambah iringan lagu beat diantaranya yang sering digunakan : Play Date, Wrap Me in Plastic, dan Doraemon. Untuk mengerjakan editing pastinya tak gampang terutama bagi pemula.

Ada sejumlah tips yang perlu dipahami dan dikuasai agar dapat mengedit dengan sempurna. Misalnya untuk lagu, harus dapat menyesuaikan beat lagu. Tetapi sebelum masuk ke cara mengedit video di VN, pastikan lebih dulu jika pengguna telah mendownload aplikasi VN terbaru. Dengan begitu tak akan terjadi masalah ataupun bug. Pengguna dapat mengunduh aplikasi VN terbaru dari Google Playstore. Berikut beberapa tips penting cara mengedit video di VN :

  • Manfaatkan Foto Lebih Dulu : supaya pengguna mudah melakukan editing, coba foto polos bernuansa hitam lebih dulu untuk latar belakang video yang diedit. Pengguna dapat memanjangkan durasi foto mengikuti durasi lama video.
  • Manfaatkan Musik dengan Beat Tinggi : hal penting yang mesti dikuasai yaitu kemampuan menentukan musik untuk video yang diedit. Disarankan untuk menggunakan lagu dengan beat tinggi misalnya trap atau remix. Sebab genre lagu tadi memiliki beat jelas dan keren untuk mengedit video.
  • Mengerti Dulu Musik yang Dipakai : bila telah memilih lagu yang tepat, berikutnya coba memutarnya dulu beberapa kali potongan lagu yang hendak digunakan. Umpamanya potongan reff sebab punya beat yang pas dengan video yang sedang diedit. Langkah tersebut diharapkan pengguna cukup paham dulu dengan nada lagu yang hendak dipakai, dengan begitu akan lebih gampang nantinya saat memproses editing.
  • Kuasai Grafik Nada : sesudah mengimpor lagu ke aplikasi VN, selanjutnya tambahkan tanda titik di tempat nada yang akan meninggi. Langkah tersebut nantinya akan cukup memudahkan saat pengguna menambahkan video. Sesudah memberikan tanda titik, berikan tanda centang.
  • Potong Foto : selanjutnya potong foto mengikuti durasi tiap beat yang ditandai tersebut. Pengguna pun dapat menggunakan duplikat disesuaikan dengan ketukan lagu. Pengguna harus cermat membuat duplikat atau pemotongan foto, disesuaikan dengan ketukan nada yang ditandai tersebut.
  • Unggah Video : proses terakhir cara mengedit video di VN yaitu mengunggah beberapa video pendek yang sudah disiapkan dalam potongan foto yang sudah disesuaikan ketukan nada lagu tersebut. Selanjutnya pengguna dapat menyempurnakan video yang dimasukkan tadi dengan efek transisi atau filter.
  • Menerapkan Filter : di layar depan aplikasi VN, ketuk tab Filter yang terletak di deretan menu bagian bawah. Sesudah itu langsung ditampilkan bermacam macam pilihan filter diantaranya Aesthetic, Essence, Fog, dst. Gunakan salah satu filter,caranya cukup dengan mengetuk pilihan filter yang dikehendaki. Ketuk ikon centang di bagian bawah atau klik pada Apply to all agar filter diaplikasikan. Otomatis video berubah warna mengikuti filter yang diambil.

Apabila dirasa video yang diedit di VN sudah bagus, pengguna dapat menekan tombol ekspor di sudut kanan atas yang akan menyimpan video tadi dalam galeri perangkat. Selanjutnya pengguna dapat mengunggah video hasil edit di VN itu ke jejaring sosial, diantaranya TikTok atau Instagram. Selamat mencoba!