Tutorial

Cara Menggunakan Kakaotalk, Beneran Mudah

Selama ini aplikasi chat paling populer di Indonesia adalah WhatsApp (WA). Kini pun datang aplikasi sejenis yakni Kakaotalk. Kakaotalk tersedia untuk perangkat Android dan juga iOS yang dapat diunduh dan digunakan gratis. Lalu bagaimana cara menggunakan Kakaotalk dan apa saja fitur-fitur kerennya?

Dibekali aneka fitur yang tak kalah asyiknya antara lain chat, group chat, share media, hingga nelpon kemana saja gratis. Berbagai fitur itu membuat Kakaotalk dapat digunakan sebagai aplikasi alternatif untuk aktifitas chat gratis dari ponsel dengan teman-teman dan juga kolega. Cara menggunakan Kakaotalk mudah saja sebagaimana aplikasi perpesanan instan yang lain. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Download aplikasi KakaoTalk dari website resmi atau melalui Google Play untuk perangkat Android, dan dari AppStore untuk perangkat buatan Apple. Kemudian, teruskan dengan memasang ke perangkat.
  • Sesudah pemasangan beres, pengguna harus mendaftarkan nomor Hp yang dipakai di ponsel yang terpasang aplikasi KakaoTalk. Ketikkan tanpa menmbahkan angka 0 pada awal nomor seluler itu
  • Selanjutnya ketuk ikon Next, selanjutnya ketuk Ok ketika sistem KakaoTalk hendak mengirimkan kode konfirmasi melalui SMS. SMS dengan kode konfirmasi di dalamnya akan diterima saat itu juga.
  • Input kode konfirmasi yang baru saja dikirimkan melalui SMS di kotak verifikasi dalam aplikasi KakaoTalk. Kemudian teruskan ke langkah berikutnya. Begitu prosedur ini selesai, pengguna sudah dapat menggunakan aplikasi KakaoTalk.
  • Sistem KakaoTalk akan otomatis melakukan scan data di buku telepon ponsel milik pengguna untuk menemukan daftar kontak yang telah menggunakan KakaoTalk. Kemudian akan meregistrasikan menjadi kandidat teman Kakao. Pengguna dapat mengecek daftar tersebut dengan mengetuk tab Friends dari aplikasi Kakaotalk.
  • Memulai chat, pengguna tinggal mengklik kontak Kakao yang akan diajak, kemudian tuliskan pesan dan bila perlu tambahkan beberapa emoticon pendukung. Sebelumnya emoticon itu harus diunduh. Kakaotalk memiliki banyak koleksi emoticon sesuai kategorinya masing-masing.
  • Cara menggunakan Kakaotalk, untuk mengganti data profil contohnya ingin mengubah nama, status, membuat ID KakaoTalk, ataupun mengubah foto yang ditampilkan di profil. Langkahnya, masuk ke menu More, kemudian ketuk menu My Profile. Pada halaman itu pengguna dapat mengubah data profil menurut keinginan.
  • Sementara bila ingin menambah daftar teman, pengguna tinggal mengetikkan nomor Hp-nya atau ID KakaoTalk teman itu dalam kolom Name/Phone No. Search atau pada kontak telepon di ponsel lantas ketuk tombol Add. Boleh pula dengan klik menu Find kemudian klik menu Add atau Invite dari kontak yang dipilih.
  • Sebagaimana umumnya platform chat, KakaoTalk pun punya menu mengundang teman agar mau menggunakan KakaoTalk. Caranya, ketuk pada menu Tell A Friend. Di samping itu, pengguna pun bisa memainkan berbagai game seru ataupun mengunduh berbagai fitur pelengkap yang akan melengkapi keseruan chatting dengan teman-teman yang ada.

Hanya saja, aplikasi Kakaotalk ini belum memiliki fitur yang cukup popular di WhatsApp yaitu tampilan sedang mengetik. Di WA, bila kontak yang dimiliki sedang mengetik untuk mengirimkan pesan maka pada bar di bagian atas akan terlihat teks “sedang mengetik…” berwarna hijau. Ini merupakan bentuk pemberitahuan kepada penerima awal sebelum pesan ditampilkan di kolom chat.

Cara Menggunakan KakaoTalk ternyata memang mudah. Kakaotalk selain menawarkan berbagai kelebihan di atas, aplikasi ini pun dirancang untuk lebih memudahkan pengguna bertemu dengan orang-orang baru, teman-teman baru dari berbagai tempat dengan mudah.