Tips

Cara Menghapus History di Play Store Android

Aplikasi Google Play Store punya fitur mencatat histori aplikasi, game, buku atau yang lainnya yang dicari para pengguna. Adanya fitur riwayat pencarian itu tentu memudahkan pengguna namun di sisi lain bisa memperlambat kerja perangkat Android yang dipakai pengguna. Lebih-lebih bila perangkat yang dipakai adalah seri lama dengan spesifikasi pas-pasan. Bagaimana cara menghapus history di Play Store Android.

Google Playstore adalah diantara aplikasi resmi default sistem dari segala jenis merek hp Android. Dari aplikasi Google Play Store ini pengguna dapat mengunduh bermacam macam aplikasi yang hendak diinstal di ponselnya. Tetapi memang ada sebagian aplikasi atau game yang tak disediakan dalam Google Play Store. Dengan begitu untuk mengunduh aplikasi itu pengguna mesti memanfaatkan browser.

Play Store memiliki banyak koleksi aplikasi, game, e-book dan sebagainya. Dari data yang ada, jumlah aplikasi yang ada di Google Play Store tahun 2017 mencapai 3,3 juta. Dari tahun ke tahun jumlah aplikasi pun terus bertambah sehingga sangat menguntungkan pengguna dengan banyaknya pilihan tersebut. Apabila di masa lalu cuma satu cara ketika ingin menjajal aplikasi yaitu dengan memasangnya. Namun kini Google Play Store menawarkan Instant Apps yang menyuguhkan fungsi aplikasi sama namun tak perlu pemasangan sama sekali. Mode tersebut dapat diwujudkan dengan penerapan Android WebView yang makin canggih dalam mengoperasikan fungsi website yang makin hebat pula.

cara menghapus history di play store android

Cara Menghapus History Play Store

Cara menggunakan Play Store cukup mudah sebab antarmuka yang disuguhkan memang ramah pengguna. Play Store pun menawarkan fitur-fitur yang lengkap. Termasuk fitur pencarian yang ditingkatkan sehingga hasil yang ditampilkan akan sesuai dengan preferensi pengguna. Fitur lainnya seperti yang telah disebutkan di atas, menampilkan histori dari pencarian yang pernah dilakukan.

Namun fitur itu bagi sebagian pengguna mungkin kurang disukai. Sebagian pengguna boleh jadi tak mau riwayat pencariannya di Google Play Store diketahui orang lain. Atau mereka tak mau data itu ditunjukkan ke mereka. Tak perlu risau, berikut langkah mudah cara menghapus history di Play Store android :

  • Masuk ke aplikasi Google Play Store.
  • Pada kanan atas layar, klik pada tab profil.
  • Selanjutnya klik menu Setelan lantas menu Umum selanjutnya menu Preferensi akun dan perangkat. Berikutnya ketuk pada opsi Hapus histori penelusuran perangkat.

Selain mengetahui cara menghapus history di play store android, beberapa tips berikut juga berguna. Meski kecil peluang orang lain menginstal aplikasi di ponsel milik kita. Namun boleh jadi juga ada orang iseng. Tindakan tersebut pastinya membahayakan jika aplikasi itu berbayar yang memotong saldo atau membebankan ke kartu kredit. Agar dapat dicegah, kita dapat mengaktifkan fitur otentikasi atau verifikasi.

Caranya mudah, buka menu Setting di Google Play Store. Gulir layar ke bawah kemudian ketuk ‘Require authentication for purchase‘. Selanjutnya ketuk ‘For all purchase through Google Play on this device‘. Jika perangkat memang support, kita pun dapat mengaktifkan otentikasi sidik jari. Caranya hampir sama, namun opsinya pilih aktifkan otentifikasi sidik jari.

Dalam perjalanan waktu menggunakan perangkat Android, kita tentu sudah mencoba berbagai aplikasi dari Play Store. Atau boleh jadi kita memakai ponsel Android lain namun dengan akun Play Store yang sama. Kita mungkin hendak menginstal aplikasi yang dahulu pernah dipasang. Bila kita ingin mengetahui daftar aplikasi yang pernah digunakan namun belum terpasang di perangkat yang saat ini digunakan, cek dengan masuk ke My Apps & Games, kemudian ketuk opsi Library.