Tips

Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

Google Drive merupakan pilihan aplikasi buatan Google dengan fungsi layaknya Cloud storage. Jadi dengan Google Drive ini pengguna bisa menyimpan beraneka file mulai dari foto, video, file pdf, dan lainnya. Google menyediakan daya tampung memori hingga 15GB bagi setiap pengguna. Pengguna bisa saling berbagi file dari Google Drive. Bagaimana cara mengirim video lewat Google Drive?

Google Drive dapat dibuka melalui website atau ponsel mana saja yang terhubung ke akun pengguna. Pengguna pun dapat mengirimkan video melalui Google Drive ini. Metode ini tak cuma untuk mengirimkan video tetapi juga jenis file lain. Dua cara mengirim video lewat Google Drive ini yaitu ke email yang dikehendaki atau membagikan melalui link. Langkah-langkah cara mengirim video lewat Google Drive adalah sebagai berikut :

  • Jalankan Google Drive kemudian login menggunakan akun Google yang dimiliki.
  • Unggah video yang hendak dibagikan kepada akun Google lain.
  • Apabila telah masuk ke dalam Drive, simpan file itu.
  • Apabila telah menjumpai video itu di Drive web, klik kanan dimana akan muncul pilihan menu bagikan.
  • Bagi yang melakukannya melalui ponsel ketuk simbol titik tiga kali vertikal di sudut kanan atas.
  • Sesudah menekan menu bagikan maka langsung ditampilkan dua pilihan tindakan.
  • Bilamana pengguna hendak membagikannya melalui e-mail, ketikkan e-mail tujuan dalam kolom yang tersedia.
  • Pengguna pun boleh memasukkan catatan tambahan.
  • Sementara opsi cara mengirim video lewat google drive yang lain yaitu membagikannya melalui link.
  • Mengirimkan file video melalui link pun ada pilihannya. Meliputi bagi link cuma untuk diputar, dapat pula untuk diedit, atau dapat pula cuma bisa diberikan komentar.

Cara ini pun berlaku bilamana pengguna hendak membagikan file atau apa saja yang tersimpan dalam penyimpanan Google Drive. Beberapa aplikasi lain diantaranya WhatsApp juga menggunakan Google Drive untuk opsi pencadangan memori atau file. Manfaatnya, apabila akun WhatsApp hendak berganti perangkat maka tak usah was-was data lama akan hilang. Tentu saja jika pengguna telah membuat cadangan data di Google Drive. Proses pencadangan itu dapat dijalankan memakai koneksi WiFi atau data sesuai setting di WhatsApp.

Google Drive merupakan fasilitas storage dari Google yang menawarkan banyak kelebihan. Selain kelebihan dalam hal ruang penyimpanan gratisnya yang mencapai 15 GB, Google Drive memiliki kelebihan lain yaitu terhubung ke layanan Google yang lain. Memakai Google Drive maka pengguna pun bisa terhubung ke Gmail, Google Docs, Google Photos, Google Music, Google Form, dan banyak lagi. Fitur ini tentu sangat memudahkan pengguna yang ingin berganti layanan Google yang lain.

Termasuk kelebihan Google Drive lain yaitu bisa menempatkan file dengan beragam format. Misalnya berformat word, foto, pdf powerpoint, video yang kita bahas di atas, dan beragam tipe file lainnya. Bagi web developer, adanya hosting tentu cukup penting. Google Drive memudahkan pengguna dalam memperoleh layanan hosting gratis. Hosting merupakan lokasi untuk menempatkan beragam file diantaranya HTML, CSS, grafik,tabel dan banyak lagi.

Pemakaian cloud storage yang cuma bisa dijalankan dari komputer pastinya bisa menyulitkan pengguna ketika memerlukannya di luar rumah dan ketika itu tak membawa laptop. Tatkala keluar rumah, perangkat yang mesti dibawa bagi kebanyakan orang yaitu ponsel.

Bagi pengguna yang gemar menyimpan file ke cloud storage dari Google ini maka tak usah risau ketika sedang memerlukan akses file sementara tak membawa laptop. Pengguna bisa membuka aplikasi Google Drive dari smartphone di mana saja.