Tips

Daftar 5 Aplikasi Membaca Novel Gratis

Di masa yang canggih sebagaimana kita jumpai hari ini, membaca novel tak cuma dari buku berbahan kertas namun juga menggunakan aplikasi novel. Dengannya, siapa saja bisa membaca novel di mana pun, setiap saat. Aplikasi itu pun banyak pula menyajikan novel gratis untuk dibaca. Berikut rekomendasi aplikasi membaca novel gratis yang dapat digunakan.

baca: Download VideoBuddy Menghasilkan Uang via Gopay

Wattpad

Wattpad adalah pilihan aplikasi membaca novel gratis yang begitu terkenal. Ada dua juta lebih pengguna di Indonesia yang mendownload aplikasi Wattpad yang berasal dari kalangan remaja sampai dewasa. Wattpad menawarkan bermacam genre novel yang bisa dibaca seperti mystery, romance, thriller,  horror, action, hingga science fiction. Pengguna dapat membaca bermacam judul novel dengan bahasa yang dikehendaki. Aplikasi ini juga menghadirkan fitur menulis untuk pengguna yang hendak menuliskan kisah, ide, Inspirasi dan lainnya yang kemudian langsung dipublikasikan. Untuk membaca novel di Wattpad harus secara online namun bisa juga secara offline dengan mendownloadnya lebih dulu. Pengguna Wattpad dari seluruh dunia saja telah mencapai 100 juta yang mereka bisa saling berinteraksi dengan bergabung ke beberapa komunitas yang ada.

iPusnas

Merupakan aplikasi meminjam dan membaca buku yang dibuat Aksaramaya dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sehingga berbagai judul-judul buku yang tersedia dalam aplikasi ini merupakan koleksi Perpustakaan Nasional. Dengan begitu, pengunjung bisa membaca juga meminjam buku dari aplikasi tanpa harus bersusah-payah datang ke Perpustakaan Nasional. Dengan iPusnas ini pengunjung bisa membaca buku cerpen, novel, buku ilmiah hingga buku pelajaran sekolah baik online atau offline. Pengguna dapat mengunduh aplikasi iPusnas dari Play Store atau App Store.

NovelToon

Menggunakan aplikasi ini pengunjung akan menemukan banyak judul novel dari bermacam genre dari yang romantis, komedi, detektif, kehidupan sekolah sampai kisah perjalanan waktu. Kecuali dimanfaatkan menjadi aplikasi membaca novel gratis, pengguna pun bisa berdiskusi dengan penulis novel, memberikan ide atau masukan mengenai kisah yang ditulis. NovelToon telah didownload 5 juta kali di Google Play Store. Dengan aplikasi NovelToon ini pengguna pun bisa mendownload novel yang diminati untuk dibaca di lain kesempatan. Tidak cuma itu, jika pengunjung kebetulan punya hobi menulis novel, terbuka peluang menjadi novelis. Bila novel yang ditulis kemudian berhasil memperoleh  banyak pembaca, penghasilan besar akan menunggu.

Google Play Books

Merupakan aplikasi membaca buku yang disediakan Google. Pengguna dapat membeli dan mengunduh beraneka buku elektronik yang koleksinys lebih dari 5 juta judul tak terkecuali banyak novel yang menarik untuk dibaca. Sebagian dari novel novel itu pun dapat dibaca tanpa perlu membayarnya. Namun, jika mau membuka novel gratis dari Google Play Books, perangkat pengguna harus terkoneksi ke internet. Sementara untuk novel berbayar, harga yang dipatok pun cukup terjangkau. Tidak cuma menawarkan berbagai novel kekinian, namun Google Play Books juga mengeluarkan banyak novel klasik atau novel bertema Islam.

Innovel

Para wanita penggemar novel dengan tema romantis atau drama percintaan, jangan sampai melewatkan Innovel. Ini merupakan aplikasi membaca novel gratis yang sangat menarik. Aplikasi Innovel dihadirkan untuk wanita yang suka novel dengan preferensi spesifik. Misalnya  drama romantis, chicklit, werewolf dan vampire sebagaimana film Twilight dan Teen Wolf series yang terkenal di masa lalu. Para pembaca novel di Innovel pasti tak akan merasa bosan karena tiap hari selalu ada cerita baru yang seru-seru. Apalagi, novel yang disajikan aplikasi Innovel bisa dinikmati ketika perangkat online online dan juga offline dengan mengunduhnya lebih dulu.