Tips

Yuk Download Aplikasi Terbaik untuk Berbuka Puasa Virtual

Ramadan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Selain untuk mendapatkan banyak berkah dan pahala, Ramadan menjadi momen bersilaturahmi dengan keluarga dan teman. Momen itu bisa dilakukan dalam berbagai macam bentuk, salah satunya seperti berbuka puasa bersama teman dan sanak keluarga alias bukber.

Akan tetapi, pandemi Covid-19 yang belum berakhir sehingga masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan kontak fisik dan bepergian ke luar rumah terlalu sering. Hal itu untuk mencegah naiknya penyebaran dan risiko terinfeksi virus. Oleh sebab itu, acara buka bersama yang biasanya dilakukan di tempat-tempat makan bisa dikurangi karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan.

Meski begitu, dengan kecanggihan zaman, semakin banyak aplikasi yang bisa mempertemukan kamu dengan orang-orang secara virtual. Maka dari itu, kamu tidak perlu khawatir untuk melewatkan momen berbuka puasa bersama keluarga atau teman.

Apa saja ya aplikasi terbaik untuk berbuka puasa secara virtual? Yuk, intip rangkuman kami di bawah ini.

Arenaponsel iPrice Hero Image

Sumber: unsplash.com – @cwmonty

1. Zoom

Aplikasi yang satu ini memang sudah terkenal di kalangan masyarakat, terutama saat pandemi mulai melanda. Zoom memang dirancang untuk melakukan komunikasi jarak jauh yang stabil dan bisa dijangkau oleh banyak orang. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan buka puasa secara virtual dengan kerabat dekat.

Selain itu, kapasitas ruang yang diberikan juga sangat banyak. Tak tanggung-tanggung, Zoom memberikan lebih dari 900 ruang bagi penggunanya. Keuntungan ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan buka bersama dalam skala besar, seperti melakukan bukber dengan satu angkatan di sekolah.

2. WhatsApp

Arenaponsel iPrice Whatsapp

Sumber: canva.com

Kecanggihan WhatsApp memang tidak perlu diragukan lagi. Selain dapat digunakan untuk berkirim pesan pada kegiatan sehari-hari, aplikasi ini dapat melakukan group video call. Hal ini pastinya juga akan memudahkanmu dalam melakukan bukber jarak jauh.

Kapasitas untuk melakukan video call pun terbilang cukup banyak di mana kamu dapat dengan mudah melakukannya di laptop bersama 50 orang sekaligus. Namun, agar dapat melakukan video call, kamu harus memperbarui versi aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, ya!

3. Discord

Selain untuk melakukan streaming game, Discord juga bisa kamu jadikan sebagai aplikasi perantara untuk melakukan buka bersama secara virtual dengan keluarga atau teman-temanmu. Penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu  mengeklik ikon bergambar video call dan memulainya. Buatlah grup discord agar lebih mudah untuk membuat panggilan untuk beberapa orang dalam waktu yang sama.

Berbeda dengan WhatsApp, kamu dapat melakukan share screen menggunakan aplikasi ini. Dengan fitur ini, kamu dapat bermain game seru bersama teman-temanmu, seperti permainan tebak kata atau roullette. Dengan begitu, acara buka puasa bersama akan lebih menyenangkan dan berkesan.

4. Skype

Siapa sih yang tidak tahu Skype? Aplikasi besutan Microsoft ini sangat populer di kalangan masyarakat. Skype adalah salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pertemuan virtual. Sama seperti Discord, aplikasi yang satu ini juga memiliki kelebihan untuk melakukan share screen.

Selain itu, Skype juga memiliki proses instalasi yang sangat mudah. Ikon dan fitur yang ada di dalamnya juga tidak akan menyulitkanmu dalam menggunakannya. Cukup sambungkan dengan teman atau keluarga, kamu dapat bertemu secara virtual dengan mereka. Untuk mengaksesnya pun sangat mudah, kamu cukup menggunakan ponsel atau laptop yang tersambung dengan jaringan internet.

5. LINE

Line juga termasuk ke dalam jajaran aplikasi bertukar pesan yang banyak digunakan di masyarakat. Dengan kemudahan untuk membaca berita dan status teman, Line membuat mode yang menyenangkan dalam berkirim pesan dibandingkan dengan aplikasi lain. Aplikasi ini juga memudahkan kamu untuk berbelanja secara daring dan membuat grup dengan kapasitas besar.

Selain itu, kamu juga dapat menjadikan Line sebagai tempat untuk berbuka puasa secara virtual  dengan fitur grup video call yang bisa menampung lebih dari lima orang. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menambahkan filter lucu pada wajah saat melakukan video call. Hal itu akan menambah keseruan saat melakukan pertemuan virtual.

6. Google Meet

Platform Google Meet juga dapat kamu jadikan sebagai tempat bersilaturahmi bersama teman-teman. Mirip seperti aplikasi meeting lainnya, kamu dapat melakukan panggilan bersama dengan banyak orang. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga relatif mudah sehingga tidak akan menyulitkanmu dalam melakukan panggilan.

Google Meet juga memudahkan penggunanya untuk bergabung di mana kamu dapat melakukan panggilan di web maupun aplikasi di PC, Android, maupun iOS. Selain itu, untuk mengakses sebuah pertemuan, kamu juga dapat dengan mudah untuk login menggunakan akun Google sehingga tidak perlu repot membuat akun baru. Tidak hanya itu, Google Meet juga memiliki keunggulan untuk melakukan pertemuan gratis selama 60 menit tanpa harus membayar. Menarik, bukan?

7. FaceTime

Khusus pengguna perangkat Apple, aplikasi ini dapat kamu gunakan sebagai sarana penyambung silaturahmi. FaceTime dapat menampung lebih dari 30 orang dalam satu pertemuan, cukup banyak, bukan? FaceTime ini bisa diakses bukan hanya melalui iPhone, tetapi juga iPad, MacBook, dan iPad Touch. Jika ingin mengaktifkan FaceTime, kamu bisa langsung ke menu Pengaturan dan masuk menggunakan ID Apple yang kamu miliki. Mudah, bukan?

Jarak yang jauh bukanlah penghalang bagi kita untuk melakukan silaturahmi kepada orang-orang terdekat. Kecanggihan zaman saat ini mengubah perspektif kita tentang jarak, kedekatan sesama lebih mudah dijangkau. Itulah rekomendasi 7 aplikasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat!

Arenaponsel iPrice Whatsapp