Kenapa Play Store Tidak Bisa Dibuka, Ini Cara Mengatasinya?

kenapa Play Store tidak bisa dibukaApakah kamu pernah mengalami Play Store yang tidak bisa dibuka? Jika iya maka ada yang salah dengan smartphone atau jaringanmu. Play Store, aplikasi bawaan smartphone android yang semestinya bekerja dengan baik, ternyata bisa juga mengalami kendala. Ada beberapa alasan kenapa Play Store tidak bisa dibuka. Mulai dari versi Play Store yang terlalu lawas hingga memori sistem yang penuh.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi kenapa Play Store tidak bisa dibuka. Caranya cenderung mudah, kamu hanya perlu membersihkan atau menghapus file lawas dan beberapa langkah lainnya. Langsung saja, berikut cara mengatasi Playstore yang tidak bisa dibuka.

1. Hapus Data dan Cache Play Store

kenapa Play Store tidak bisa dibukaCara pertama untuk mengatasi masalah kenapa Play Store tidak bisa dibuka adalah matikan internet terlebih dahulu, lalu menghapus data dan cache nya. Berikut ulasan lengkapnya untuk kamu:

  1. Matikan data atau sekalian aktifkan airplane mode
  2. Buka setting > Manage Apps > All, pilih aplikasi Google Play Store. Pilih menu lalu hapus datanya termasuk Clear cache
  3. Restart smartphone kamu
  4. Saat menyala, coba untuk membuka Play Store

2. Bersihkan Beberapa Data Aplikasi

Beberapa aplikasi memang memiliki ukuran data yang besar. Maka tidak heran jika beberapa aplikasi lainnya terdesak dan tidak bisa menjalankan fungsinya, seperti yang terjadi pada Play Store yang pada akhirnya tidak bisa dibuka. Oleh karena itulah, coba bersihkan beberapa aplikasi terlebih dahulu seperti data pada Facebook yang mungkin membengkak.

Cara membersihkannya masih sama dengan cara diatas, hanya saja kali ini kamu pilih Facebook. Restart kembali smartphonemu dan coba masuk ke Play Store. Namun bila memori masih penuh, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi lainnya.

3. Hapus Google Account Kamu di Smartphone

kenapa Play Store tidak bisa dibukaCara berikutnya untuk mengatasi kenapa Play Store tidak bisa dibuka adalah menghapus Google Account kamu. Cara ini bisa dibilang cukup ekstrim dan hanya dilakukan bila beberapa cara diatas masih belum dapat mengatasi Play Store yang menutup terus. Caranya sebagai berikut.

  1. Buka setting
  2. Masuk ke opsi Account
  3. Pilih menu, atau ikon titik tiga
  4. Hapus
  5. Hapus Account kamu hingga kosong, jangan khawatir kamu masih bisa login kembali
  6. Restart smartphone mu, buka aplikasi Play Store dan masukkan email serta informasi lainnya
  7. Pastikan jaringan internet cukup stabil

4. Update Google Play Service

Apabila masih terjadi masalah, artinya ada bagian dari aplikasi sistem yang juga perlu diupdate yakni Google Play Service. Namun update dari aplikasi ini tidak bisa dibuka secara langsung di Play Store, cukup restart smartphone setelah menghapus data Play Store, kemudian akan muncul opsi untuk mengupdate Play Store dan Google Play Service.

5. Hapus Play Store atau Timpa Dengan APK Baru

Kamu bisa menemukan apk Play Store versi terbaru di apkmirror.com, download apk nya dan instal lalu timpa dengan Play Store yang ada di smartphone. Cara lainnya yang lebih ekstrem adalah menghapus Play Store. Karena Play Store merupakan aplikasi bawaan smartphone android, maka kita tidak bisa menghapusnya begitu saja. Jadi kamu harus melakukan root. Setelah di root dan di uninstal, kamu bisa menginstal kembali Google Apps di opengapps.org.

Jika cara-cara diatas masih belum dapat mengatasi masalah mengapa Play Store tidak bisa dibuka, maka cara terakhir adalah mereset smartphone mu atau menunggu ada update baru dari brand smartphone. Umumnya masalah akan hilang setelah melakukan update dan Reset smartphone.

Semoga artikel ini bisa mengatasi Play Store yang seringkali tidak bisa dibuka atau tertutup tiba-tiba. Apabila masalah ini belum selesai, kamu bisa mengunduh aplikasi dari Store lainnya, selamat mencoba.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment