WAJIB Tahu, Tips Memilih Hp Yang Bagus

Pada era 90-an, HP (handphone) seakan jadi barang tersier yang tidak semua orang bisa memilikinya. Sebab selain harganya yang cenderung mahal, HP juga belum terlalu dibutuhkan pada saat itu. Komunikasi masih umum menggunakan surat dan cara-cara tradisional lainnya.

Namun seiring perkembangan waktu, kebutuhan akan HP menjadi sedikit bergeser. HP seakan menjadi barang yang wajib dimiliki semua orang. Kegiatan seperti bertukar kabar hingga berjualan bahkan tidak bisa lepas dari HP. HP sudah menjelma menjadi bagian hidup masyarakat yang tidak terpisahkan.

Sebelum membeli HP, sebagian orang biasanya akan cenderung menaruh perhatian besar pada harganya. Harga HP murah atau mahal sering kali jadi bahan pertimbangan utama sebelum membelinya. Hal itu memang tidak salah, tetapi sebenarnya ada aspek penting lainnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli HP.

Beberapa aspek seperti spek bagus hingga RAM besar sebenarnya perlu diperhatikan ketika membeli HP. Selain itu, sistem operasi HP juga jadi hal yang tidak kalah pentingnya untuk jadi bahan pertimbangan. Sistem operasi tersebut dapat dibedakan menjadi 2, yaitu IOS seperti pada HP Iphone, serta Android yang terpasang pada HP Samsung misalnya.

Bagi kamu yang masih bimbang dalam menentukan pilihan HP. Berikut tips mengenai cara memilih HP berkualitas seperti yang kutip dari ceklist.id Mari simak beberapa tipsnya dibawah ini.

tips memilih hp yang bagus

5 Tips Pilih HP yang Bagus

  1. Daya Tahan Baterai

Kamu tidak ingin bukan jika HP yang digunakan cepat habis baterainya? Oleh karena itu, perhatikan daya tahan baterai sebelum membelinya. Pilihlah HP dengan kapasitas baterai minimal 3000 mAh. Bahkan lebih baik lagi jika memiliki kapasitas 5000 mAh. Selain itu juga, kamu perlu perhatikan adanya teknologi fast charging, sehingga proses mengisi baterai tidak memakan waktu lama.

  1. Besarnya RAM

Ram merupakan bagian penting yang berfungsi mengoperasikan aplikasi dalam HP, khususnya pada Android. Hal ini yang nantinya akan memengaruhi seberapa banyak aplikasi yang bisa dijalankan dalam sebuah HP. Pasalnya semakin banyak aplikasi, maka membutuhkan RAM yang besar juga.

Kondisi tidak seimbang antara aplikasi yang harus dijalankan dengan ketersediaan RAM dapat menimbulkan efek buruk. Efek tersebut dapat menyebabkan HP lambat ketika digunakan. Tentu hal ini sangat menggangu ketika sedang digunakan. Bagi kamu yang berencana membeli HP baru, HP Murah RAM Besar bisa jadi pilihannya, atau jika tidak memungkinkan pilihlah perangkat dengan kapasitas RAM minimal 2 GB.

  1. Kapasitas Memori Internal

Selain RAM, kapasitas memori internal pada HP juga perlu diperhatikan. Hal ini yang nantinya turut berpengaruh pada saat HP digunakan. Besarnya kapasitas memori internal yang tidak sesuai dengan jumlah aplikasi yang harus dijalankan dapat menimbulkan HP lemot, dan beberapa fungsi tidak bisa berjalan semestinya.

Hal ini akhirnya membuat perusahaan HP sering kali merancang memori internal yang besar. Tujuannya tentu saja agar pengguna dapat nyaman ketika menggunakannya. Akan tetapi balik lagi, ketika akan membelinya perlu diperhatikan mengenai kebutuhan kita akan sebuah HP. Apakah butuh memori yang besar atau biasa seja?

  1. Perhatikan Chipset yang digunakan

Performa HP ketika digunakan tidak hanya ditentukan oleh besarnya RAM dan memori internal, tetapi juga chipset. Chipset merupakan mesin dalam sebuah HP yang berfungsi meningkatkan performa HP. Chipset tidak hanya tersedia 1 jenis, melainkan ada sejumlah lainnya. Misalnya pada HP Android, sering kali digunakan prosesor Snapdragon ataupun MediaTek. Jenis chipset yang digunakan inilah yang turut memengaruhi harga mahal atau tidaknya HP.

  1. Kualitas Kamera

Mengabadikan diri di masa kini sekan jadi hal wajib bagi sebagian orang. Fenomena ini muncul sejalan dengan perkembangan sosial media sebagai ajang menunjukan jati diri kepada orang lain. Oleh karena itu, tidak perlu heran jika banyak orang berlomba menampilkan foto diri terbaiknya.

Pada zaman dahulu mungkin kegiatan berfoto hanya bisa dilakukan dengan kamera. Namun sekarang, HP juga bisa menjadi media untuk mengambil gambar foto. Hasilnya, antara foto menggunakan HP dan kamera juga sering kali tidak jauh berbeda kualitasnya. Hal inilah yang menyebabkan sebagian besar orang memilih melakukan foto dengan kamera HP, terutama pada momen-momen yang santai.

Berfoto menggunakan kamera HP memang tidak hanya praktis, tetapi juga hemat biaya. Pasalnya kita tidak perlu mengalokasikan dana lagi untuk membeli kamera agar bisa berswafoto. Namun sebelum memilih berfoto menggunakan HP, ada baiknya perhatikan dahulu kualitas kameranya.

Kualitas kamera juga masuk jadi bahan pertimbangan ketika akan membeli HP. Bagus atau tidaknya foto yang dihasilkan dalam hal ini dipengaruhi oleh besar kecilnya megapiksel dalam sebuah kamera HP. Semakin besar megapikselnya, maka foto yang dihasilkan juga bagus dan tidak blur.

Beberapa tips diatas bisa kamu terapkan ketika akan membeli HP, agar tidak merasa kecewa setelah membelinya. Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah kebutuhanmu akan sebuah HP. Belilah HP yang telah disesuaikan dengan kebutuhan, baik dari segi kapasitas memori maupun kualitas kameranya. Sebab hal tersebutlah yang nantinya akan memengaruhi mahal atau tidaknya HP yang akan kamu beli.

About Author: