Tutorial

Aplikasi Pengunci Galeri, Dijamin Privasi Terjaga

Ponsel atau handphone meskipun awalnya merupakan alat telekomunikasi kini sudah berkembang menjadi perangkat yang sangat pribadi. Di smartphone kita menyimpan banyak hal, bahkan yang bersifat sensitif untuk dibuka seperti foto pribadi, rekening, wallet, PIN dll. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini ada beberapa aplikasi pengunci galeri smartphone.

Beberapa brand smartphone memang sudah melengkapi produknya dengan fitur pengamanan seperti ini, namun untuk kamu yang belum memilikinya bisa mengunduh aplikasi pengunci galeri yang kebanyakan aplikasinya bisa digunakan secara gratis. Lalu apa sajakah rekomendasi aplikasinya? Berikut ulasannya.

1. AppLock

aplikasi pengunci galeriAplikasi pengunci galeri yang satu ini sebenarnya bukan hanya pengunci galeri saja, namun hampir semua aplikasi dapat dikunci dengan aplikasi ini. AppLock bisa kamu gunakan secara gratis dan memiliki beberapa kelebihan seperti mengunci dengan fingerprint, pattern, ataupun code.

Dengan banyaknya metode penguncian, kamu bisa memilih cara penguncian yang menurutmu paling aman. Selain itu juga, kamu tidak perlu khawatir jika lupa passwordnya atau sidik jarimu sedang tidak dapat terbaca, karena AppLock bisa mengembalikan password mu dengan menanyakan beberapa pertanyaan yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

2. Keep Safe Photo Vault

Rekomendasi selanjutnya aplikasi pengunci galeri adalah Keep Safe Photo Vault. Aplikasi ini juga gratisan dan memiliki fitur yang lengkap seperti mengamankan galeri HP dengan pattern, PIN, dan fingerprint. Meskipun memang Keep Safe Photo Vault hanya akan mengunci galeri saja atau tidak semua apliaksi bisa dikunci.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kamu bisa melakukan back up atau pencadangan foto ke Cloud yang akan membuat fotomu lebih aman lagi. Tentu kita tidak mau kehilangan foto berharga apabila smartphone hilang, apalagi sampai dimanfaatkan untuk tindak kejahatan seperi membuat akun palsu menggunakan foto-foto kita.

3. LockMyPix Secret Photo Vault

Selanjutnya ada LockPix Photo Vault yang juga bisa menjadi pilihan aplikasi pengunci galerimu. Jangan sampai smartphonemu hilang dan foto berhargamu digunakan untuk tujuan yang tidak benar. Nah dengan aplikasi ini, kamu tidak diberikan batasan berapa banyak foto dan video yang bisa dikunci. Kamu bisa bebas menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu semua fiturnya dapat kamu gunakan tanpa terkoneksi dengan jaringan internet, dengan demikian kamu bisa menikmati semua fasilitas yang ada di LockMyPix Secret Photo Vault.

4. HideSomething

Rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menjaga galerimu tetap terjaga adalah HideSomething. Berbeda dengan 3 aplikasi diatas, HideSomething tidak akan mengunci galerimu dengan kunci sidik jari, PIN dan sebagainya. HideSomething akan langsung menyembunyikan fotomu.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengunci atau menyembunyikan file berdasarkan jenis filenya. Seperti contoh kamu akan menyembunyikan jenis file JPEG, maka hasilnya semua file JPEG yakni foto dan gambar akan otomatis tersembunyi tanpa perlu kamu menyembunyikannya satu per satu.

Nah, uniknya lagi file yang bisa disembunyikan tidak hanya sebatas file gambar saja, namun file video dan bahkan dokumen bisa kamu sembunyikan. Sayangnya ada kelemahan dari aplikasi ini yakni iklannya yang banyak, seolah-olah memaksa kamu untuk segera membeli versi berbayarnya.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengunci galeri atau menyembunyikan fotomu agar tidak dilihat oleh orang lain yang meminjam smartphonemu atau mereka yang membuka fotomu tanpa ijin. Semoga artikel ini membantumu dan memberikan wawasan seputar smartphonemu.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment