Tips

Cara Melihat Kunci Jawaban di Google Form

Bersekolah online mengharuskan para murid dan guru menyesuaikan diri. Termasuk bentuk penyesuaian tersebut yaitu diselenggarakannya ujian online dengan aplikasi google form. Ada sejumlah trik membuka google form ketika ujian. Diantaranya, cara melihat kunci jawaban di google form.

Sebelum mempelajari cara melihat kunci jawaban di google form, berbagai hal berikut mesti diketahui. Cara ini sebetulnya tak disarankan. Karena sejatinya ujian dilangsungkan demi mengukur kapabilitas murid dalam memahami materi. Oleh sebab itu, ujian hendaknya dikerjakan secara jujur sehingga bisa memperoleh hasil sebagaimana direncanakan.

Soal-soal ujian yang ada di google form sudah disetel memunculkan jawaban salah dan benar hanya sesudah para peserta menyelesaikan submit jawaban. Dalam menjawab soal ujian dari google form para peserta harus memiliki akun Google. Oleh karena itu bila ingin menjajal cara melihat kunci jawaban di google form, pengguna harus memiliki lebih dari satu akun Google. Yang juga harus diperhatikan, lengkapi kolom identitas menggunakan nama lain sehingga tak terdeteksi jika itu adalah anda yang submit.

Cara melihat kunci jawaban di google form cuma bisa diaplikasikan bila soalnya adalah pilihan ganda. Ketika mengikuti ujian online, kebanyakan murid memakai laptop atau komputer sebab lebih fleksibel bila dibanding menggunakan ponsel. Berikut trik cara melihat kunci jawaban di google form melalui komputer.

  • Mula-mula, masuk ke tautan dari soal ujian yang ada dalam google form itu.
  • Berikutnya, ubah link di bagian “viewform” ke viewanalytics. Misalnya link dari soal di google form adalah sebagai berikut : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSd-oie65S3oU71UU_s5jF0bMx9a5CL7TnNFiYp6Lz9CLjj_dw/viewform. Link di atas kemudian diubah ke : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSd-oie65S3oU71UU_s5jF0bMx9a5CL7TnNFiYp6Lz9CLjj_dw/viewanalytics.
  • Seketika, halaman google form akan menampilkan kunci jawaban soal-soal tersebut. Hanya saja harus dipahami, jika trik tersebut cuma akan berfungsi jika opsi “See summary charts and text responses” diaktifkan oleh admin.

Di samping melalui laptop atau komputer, cara melihat kunci jawaban di google form pun dapat dijalankan dari hp. Prosedurnya tetap mudah dan cepat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Cek bahwa smartphone terkoneksi ke internet.
  • Jalankan tautan soal ujian di google form yang diberikan guru. Selanjutnya ketuk link yang ada di sebelah atas sebagai langkah mengubah link. Bila membukanya dengan google chrome, anda dapat mengedit link lewat simbol pensil di sebelah kanan link bar.
  • Sesudah itu, ganti kata edit menjadi viewanalytics.
  • Maka seketika, tampilan google form memperlihatkan kunci jawaban atas soal ujian di google form itu.

Sebagaimana yang sudah diuraikan di permulaan, pada prinsipnya cara melihat kunci jawaban di google form tidak disarankan. Namun coba  tips berikut yang dapat diaplikasikan supaya ketika mengerjakan soal ujian di google form dapat berlangsung lancar dan hasilnya pun optimal.

  • Siswa harus belajar dengan tekun supaya paham dengan materi yang ditanyakan dalam soal. Dengan mengulang-ulang membaca, sedikit banyak materi tersebut akan terekam dalam otak dan saat menemui soal yang berhubungan dengan itu maka akan otomatis teringat.
  • Cek bahwa kuota internet memadai, ditambah memiliki jaringan stabil sehingga mengerjakan ujian pun tak akan kesulitan.
  • Hendaknya gunakan perangkat yang memudahkan dalam mengakses google form, paling pas memang menggunakan laptop berspesifikasi menengah.

Sekali lagi, cara melihat kunci jawaban di google form memang hanya sebagai solusi terakhir. Paling utama adalah belajar dengan sebaik-baiknya agar dapat mengerjakan soal ujian online dengan lancar dan hasilnya pun maksimal. Selamat mengerjakan!