Tutorial

Cara Membuat Jalan di Google Maps

Tak hanya Waze saja yang memiliki komunitas pengguna petanya, Google Maps ternyata juga punya komunitas bernama Google Local Guide dimana kita bisa memberikan kontribusi berupa review suatu tempat atau suatu bangunan. Namun, yang mungkin belum atau tidak pernah kamu dengar adalah cara membuat jalan di Google Maps sebagai kontribusi untuk Google.

Yang kita ketahui adalah dulu Google Car berkeliling jalan dan memetakan jalan serta wilayah yang ada di Indonesia. Hanya saja pasti lokasinya terbatas atau bahkan seringkali jalan yang ditampilkan salah. Dengan cara membuat jalan di Google Maps kamu bisa memberikan kontribusi berguna untuk memberi informasi baru tentang suatu tempat atau yang kini sudah tidak bisa dikunjungi lagi.

  1. Pastikan kamu sudah menggunakan aplikasi Google Maps terbaru, kemudian buka aplikasinya. Jangan lupa menyalakan GPS agar dapat terdeteksi
  2. Pilih menu tiga garis bertumpuk atau yang dikenal ikon burger untuk membuka menu
  3. Pilih Your Places di salah satu menunya, kemudian pilih Maps Tab
  4. Langkah selanjutnya adalah memilih opsi Create Map Buton, kemudian kamu akan dibawa pada halaman baru yakni halaman pembuatan peta.
  5. Pada halaman pembuatan peta, pilih ikon marker atau penanda lokasi.
  6. Kemudian pilih lokasi pada peta sesuai dengan lokasi yang ingin kamu tandai, pastikan letakknya presisi atau sesuai dengan kenyataannya. Karena kalau tidak, kamu akan membuat orang yang mengandalkan informasi yang kamu berikan tersasar
  7. Akan muncul sebuah kotak dengan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk kamu isi seperti deskripsi tempat dan sebagainya.
  8. Simpan

Dengan demikian kamu telah menambahkan lokasi baru pada leta yang mana mungkin belum terekspose oleh Google. Selain memberikan informasi pada pengguna Google Maps tentang suatu lokasi tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan tutorial cara membuat jalan di Google Maps ini untuk beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Memberikan peringatan atau pemberitahuan mengenai suatu wilayah atau tempat yang sekarang tidak lagi valid informasinya. Seperti contohnya ada kantor cabang yang masih terletak di alamat tertentu padahal sudah pindah lokasi, disini kamu bisa memberikan keterangan tutup untuk lokasi tersebut.
  2. Selain cara membuat jalan di Google Maps yang dimanfaatkan sebagai peringatan atau pemberitahuan, salah satu manfaat dari pembuatan jalan atau penambahan lokasi di Google Maps ini sebagai promosi. Bagaimana caranya? Caranya cukup mengikuti langkah diatas, hanya dalam deskripsi kamu jelaskan tentang restoran atau toko yang hendak dipromosikan.
  3. Yang terakhir adalah cara ini juga memungkinkan untuk memperbaiki kesalahan informasi yang mungkin sudah terlanjur tayang namun sebenarnya menyesatkan. Oleh karena itulah, hati-hati dalam mengisi informasi yang akan kamu tambahkan beserta dengan lokasinya. Jangan membuat lokasi fiksi yang bisa mencelakai pengguna lainnya.

Bagaimana? Tertarik untuk menambahkan lokasimu di Google Maps atau bahkan berbagai lokasi dengan teman atau kerabat atau orang terdekatmu?Memang untuk urusan lokasi ini sangatlah private sehingga kamu juga oerlu berhati-hari jika dalam memberikan lokasinya agar tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan yang mungkin juga berbahaya.

Itulah beberapa langkah mengenai cara untuk menambahkan jalan dan juga bagaiaman penambahan lokasi dalam peta digital Google itu bisa menjadi manfaat lain seperti mempromosikan tempat baik tempat makan, tempat hiburan atau yang lainnya, semoga artikel ini bisa memberikan kamu wawasan terutama seputar Google Maps terutama dalam menambahkan lokasi baru dalam peta.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment