Tutorial

Cara Menambahkan Foto di Canva

Ada banyak pilihan template dalam aplikasi Canva dengan desain menarik sekaligus unik. Kendati demikian, adakalanya pengguna mesti mengunggah foto untuk dimasukkan template. Bagaimana cara menambahkan foto di Canva?

cara menambahkan foto di canva

Cara Menambahkan Foto di Canva

Apabila anda hendak membuat desain menarik akan tetapi tak memiliki cukup kehandalan dalam mengoperasikan program corel draw atau photoshop, untuk itu Canva bisa menjadi solusi termudah. Canva bisa memudahkan anda dalam menciptakan desain dengan tidak usah memasang program khusus untuk itu. Canva menawarkan banyak tool, template desain dan animasi yang dapat dengan mudah diolah tanpa harus merancang dari nol. Canva pas untuk para pemula sebab berkat menu drag and drop bisa memudahkan Anda menciptakan desain apa saja secara cepat.

Kembali ke topik semula, ada berbagai keperluan mengapa pengguna memasukkan foto di Canva. Umpamanya, menambahkan logo perusahaan atau organisasi sebagai identitas atau cuma berfungsi untuk background agar template tampil makin menarik dan keren. Lalu bagaimana cara menambahkan foto di Canva? Teruskan membaca langkah-langkahnya berikut ini.

  • Mula-mula akses situs atau aplikasi Canva yang bisa dari ponsel atau laptop.
  • Berikutnya coba membuat desain baru lebih dulu. Dapat pula melanjutkan desain yang sebelumnya dibuat.
  • Sesudah itu coba buat desainnya. Sisakan space kosong yang akan dipergunakan untuk meletakkan foto di belakang template.
  • Berikutnya klik di bagian template sehingga ditampilkan menu di bagian bawah. Klik pada menu Ganti.
  • Lantas masukkan foto yang hendak ditempatkan dalam Template Canva.
  • Apabila foto yang diselipkan di template letaknya tak begitu pas, pengguna dapat menggesernya. Cukup dengan dua kali klik cepat di foto itu lalu atur letaknya sesuai keinginan. Jika dianggap letaknya sudah tepat, klik tombol Selesai.
  • Langkah memasukkan foto ke Canva berhasil dilakukan.

Cara Lain Menambahkan Foto di Canva

Di samping dari template, pengguna pun dapat memasukkan foto dalam canva yang langsung diambilkan dari galeri. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Klik tombol + di sebelah bawah layar kemudian masuk ke Galeri.
  • Berikutnya tentukan foto yang hendak diunggah ke Canva.
  • Sesudah itu set lebar foto sesuai keinginan. Bisa juga dengan menyesuaikan dengan template yang dipakai.
  • Selanjutnya di menu sebelah bawah, coba geser ke kiri lalu masuk ke menu Posisi.
  • Atur letak foto itu sebagai yang paling belakang. Klik pada tombol Ke Belakang.
  • Tentu foto itu langsung berpindah menjadi paling belakang.
  • Foto berhasil dimasukkan dalam template Canva.

Yang membedakan dengan cara pertama yaitu pengguna tetap dapat menggeser posisi foto ke posisi yang dikehendaki. Sementara pada cara pertama letak foto selalu tetap dan cuma dapat digeser kiri kanan saja.

Fitur-fitur Canva

Canva menawarkan beberapa fitur yang bisa digunakan diantaranya text, filter, colour palette, transparency, serta branding. Canva menyediakan banyak template text yang bisa dipakai untuk membuat typography desain makin keren. Colour Palette akan memudahkan pengguna menyesuaikan warna graphic yang paling pas.

Di samping warna, pengguna pun dapat memanfaatkan Animasi. Canva menawarkan sejumlah Animasi yang dapat dikustom sendiri sesuai keinginan. Tiap elemen dalam template tersebut dapat diubah tanpa kesulitan bahkan bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan Canva.

Pengguna punya alternatif untuk memanfaatkan stock image yang ada atau mengambil gambar koleksi sendiri. Guna mengunggah gambar sendiri, ketuk tombol uploads di sebelah kiri layar. Selanjutnya, manfaatkan fungsi drag-and-drop guna menempatkan gambar ke graphic yang lagi dibuat itu.