Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lengkap dan Mudah

BPJS ketenagakerjaan wajib diikuti oleh semua perusahaan. Tujuannya agar masyarakat dapat merasakan kesejahteraan walaupun tidak lagi bekerja atau berhenti bekerja. Hanya saja kita juga harus rajin membayar angsuran kesehatannya agar layanannya dapat terus dinikmati. Untuk mengecek apakah layanannya masih aktif atau tidak, berikut ini ada beberapa cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara lengkap dan mudah.

Cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengunjungi website resminya, melalui sms, menggunakan aplikasi BPJSTKU Mobile hingga mengunjungi langsung kantor BPJS. Semua cara akan kami ulas sehingga kamu dapat memilih mana yang paling ringkas dan mudah. Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Melalui Website

Cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaanCara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah melalui website resmi BPJS. Kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu atau membuat akun di website nya, caranya juga tidak sulit. Berikut ulasannya.

  1. Kunjungi website BPJS Ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Bila sudah mempunyai akun langsung saja login, bila belum klik daftar pengguna
  3. Selanjutnya pilih segmennya, ada 3 pilihan yakni PU (Penerima Upah), BPU (Bukan Penerima Upah) dan PMI (Pekerja Migran Indonesia)
  4. Isikan juga email anda lalu klik kirim, cek email untuk verifikasi
  5. Bila berhasil kamu bisa login untuk mendapatkan semua informasi termasuk saldo BPJS anda

2. Melalui SMS

Cara kedua untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan melalui SMS. Caranya cukup mudah, namun kamu juga perlu mendaftar dulu. Apabila belum mendaftar, berikut caranya.

  1. Daftarkan diri kamu dengan cara mengirim pesan dengan format sebagai berikut:

DAFTAR SALDO#Nomor KTP#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#Nomor Peserta#Email (jika ada)

  1. Kirimkan sms tersebut ke nomor 2757
  2. Setelah proses pendaftaran selesai, kamu bisa mengecek saldo melalui sms dengan sms ke nomor yang sama dengan format Saldo<Nomor Peserta
  3. Kamu akan mendapatkan informasi saldo melalui sms

3. Melalui Aplikasi BPJSTKU Mobile

BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki aplikasi smartphone yang bisa kamu andalkan untuk mendapatkan informasi keanggotaan BPJS anda termasuk saldo BPJS. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di Play Store atau AppStore dan berikut cara menggunakannya.

  1. Pertama kamu harus menginstal aplikasinya dari Play Store atau AppStore
  2. Bila belum memiliki akun, kamu harus mendaftar terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan akun Gmailmu dan kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirim melalui email
  3. Cek emailmu, kemudian kembali ke aplikasi BPJSTKU Mobile dan masukkan kode verifikasi sesuai yang dikirimkan ke email
  4. Masukkan PIN yang ada di email untuk masuk ke akun
  5. Masukkan nama sesuai dengan KTP
  6. Masukkan tanggal lahirmu
  7. Masukkan nomor KTP
  8. Masukan nomor KPJ atau kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
  9. Masukkan nomor handphone yang aktif
  10. Masukkan kode verifikasi melalui sms
  11. Kamu berhasil terdaftar dan bisa segera masuk untuk mengecek saldomu

4. Melalui Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaanCara mengecek saldo selanjutnya dan terbilang konvensional adalah pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa kartu keanggotaan dan melakukan pengecekan saldo disana. Cara ini tidak disarankan karena repot, kamu juga mungkin harus mengantri lama agar mendapatkan pelayanan. Oleh karena itu pertimbangkan 3 cara diatas.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mengecek saldo dari bpjs ketenagakerjaan mu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang penasaran, berapa jumlah yang sudah kamu bayarkan dan berbagai informasi lainnya. Selamat mencoba, semoga kamu bisa mengikuti setiap langkahnya.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment