Tutorial

Tips Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 Kb

mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb

Untuk beberapa alasan tertentu seperti daftar CPNS, kita diharuskan meng upload dokumen dan foto yang berukuran kecil, tepatnya dibawah 200 kb. Padahal semakin kesini kamera smartphone semakin besar dan berimbas pada foto yang lebih detail serta ukuran yang lebih besar. Untuk itu kita harus mengetahui cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb.

Baca juga : Cara Membuat Quote Di Foto Dengan Menggunakan PicSay Android

Selain itu dengan ukuran yang lebih kecil, anda bisa menghemat memori penyimpanan. Bagi anda yang mempunyai web atau blog, memperkecil ukuran foto akan mempercepat akses pengunjung website anda. Bahkan website-website besar seperti Google dan Samsung mengompress ukuran gambarnya menggunakan format webp yang ukuran lebih kecil dari format jpg.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Menggunakan Aplikasi

Pertama cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb adalah menggunakan aplikasi yang bertebaran di Play Store. Kamu cukup mencarinya di Playstore dengan kata kunci Compress Image. Hanya saja ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, karena tidak sedikit aplikasi yang ada di Playstore merupakan aplikasi berbahaya yang bisa mencuri data pengguna. Berikut tipsnya:

  1. Buka Playstore, ketik kata kunci Compress Image tersebut
  2. Akan muncul banyak aplikasi yang bisa mengompres ukuran aplikasi, pilih aplikasi dengan rating tertinggi
  3. Unduh dan instal aplikasinya

Rekomendasi terbaik untuk mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb adalah aplikasi QReduce Lite: Compress Image Size in kb and mb. Kelebihan aplikasi ini adalah aman digunakan dan bisa memperkecil beberapa foto sekaligus, bahkan bisa menentukan ukuran file foto dan format filenya mulai dari jpg, JPEG, hingga PNG. Berikut cara menggunakannya:

  1. Buka aplikasi QReduce Lite
  2. Pilih foto yang akan diperkecil
  3. Atur ukuran file foto yang diinginkan
  4. Klik Mulai atau Start
  5. Tunggu prosesnya, cari hasilnya di galeri di folder QReduce Lite

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Aplikasi

Bila memori internal smartphone terbatas atau sudah penuh, ada cara lain untuk mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb yakni dengan web. Caranya kamu cukup mengunjungi situs yang memberikan jasa untuk memperkecil ukuran foto. Berikut beberapa rekomendasi situsnya serta cara memperkecilnya.

Rekomendasi situs yang bisa digunakan untuk mengurangi ukuran foto adalah compressjpeg.com, iloveimg.com, dan beberapa website lainnya bisa kamu cari di Google. Keuntungan dari menggunakan layanan ini adalah kamu tidak perlu menginstal aplikasi dan kamu juga bisa mengakses serta menggunakan fotomu yang berada di Cloud seperti di GDrive atau DropBox.

Berikut cara untuk menggunakannya:

  1. Kunjungi salah satu situs diatas, misal compressjpeg.com. Kamu bisa menggunakan browser dari smartphone atau menggunakan laptop atau PC dan tablet
  2. Pilih foto yang akan diperkecil, atau bila menggunakan laptop atau PC kamu bisa menyeret atau drag foto yang akan diperkecil ukurannya ke website tersebut. Jumlah maksimal foto yang bisa diunggah adalah 20 foto.
  3. Cara kedua memberikan link dari fotomu yang berada di Cloud, bisa satu persatu maupun satu folder dengan jumlah maksimal 20 foto
  4. Selanjutnya tinggal mencari tombol untuk memulai proses mengecilkan ukuran gambar, Setelah selesai, kamu bisa men download nya dan kamu akan mendapatkan hasilnya dalam bentuk Zip apabila jumlah fotomu lebih dari satu

Bagaimana? Mudah bukan? Sebagai tips, lakukan cara memperkecil ukuran foto ini dengan jaringan internet yang stabil. Apabila tidak, prosesnya akan lama dan kemungkinan besar gagal. Semoga artikel ini membantu anda mengompress foto yang berukuran besar dan silahkan bagikan artikel ini kepada kerabat juga teman anda.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment