Tutorial

Cara Menggunakan Proxy di Telegram

Proxy adalah sebuah server atau perangkat lunak dalam server gateway dengan fungsi memisahkan jaringan lokal dengan jaringan luar. Karenanya alamat IP pengguna pun bisa disembunyikan. Aplikasi chat Telegram ternyata juga menawarkan penggunaan proxy. Cara menggunakan proxy di Telegram, prosedurnya adalah sebagai berikut.

Mengenal Proxy Telegram

Proxy di Telegram memiliki fungsi utama menembus pembatas dari provider internet sekaligus membuat efektif sambungan ke server Telegram. Pengguna bisa membuat jaringan yang digunakan makin kencang. Layanan proxy umumnya gratis namun koneksinya kurang bagus yang biasanya tak stabil kadang putus sendiri. Terbaik adalah memakai proxy berbayar untuk dipasang ke Telegram untuk melancarkan chat di Telegram. Ada dua tipe Proxy yakni SOCKS5 dan MTProto. Tiap-tiap tipe proxy itu bisa digunakan untuk aplikasi Telegram.

  • SOCKS5 : adalah Proxy terbaru dari protokol SOCKS. Proxy di Telegram ini membawa fitur yang telah diperbaiki dibanding versi SOCKS4. Tipe Proxy ini pun telah support mode UDP dan TCP, serta menghadirkan lebih beragam cara otentikasi. Proxy tipe SOCKS5 dapat dibilang lebih cepat dibanding versi pendahulunya.
  • MTProto : tipe MTProto tadinya adalah suatu sistem keamanan tingkat tinggi yang diaplikasikan Telegram mengenkripsi pesan yang dikirimkan pengguna. MTProto Proxy dapat dipergunakan untuk meningkatkan keamanan akun ketika menyambung ke Telegram.

Cara Menggunakan Proxy di Telegram

Cara menginstal dan menjalankan Proxy di Telegram itu tidak ribet seperti yang dibayangkan. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Mula-mula, jalankan aplikasi Telegram dari ponsel atau dari situs.
  • Sesudah itu, ketuk simbol garis tiga di sudut kanan atas layar.
  • Lalu sentuh tombol Pengaturan.
  • Buka menu Data dan Penyimpanan.
  • Selanjutnya, scroll layar hingga bawah untuk menemukan opsi Pengaturan Proxy.
  • Terus saja ketuk tombol Pengaturan Proxy.
  • Seret tombol toggle dari Pengaturan Proxy ke posisi ON. Selanjutnya pengguna dapat menentukan proxy yang hendak diaktifkan, menurut keperluan.
  • Selanjutnya, pengguna dapat melengkapi parameter proxy yang hendak dikoneksikan. Yang harus diisi pada kolom server, port, maupun kolom rahasia.
  • Terus sentuh ceklis, kemudian cek bahwa opsi Gunakan Pengaturan proxy sudah diposisi On.
  • Dengan sendirinya Proxy yang diaktifkan kini dengan status connected yang berarti sudah aktif dan siap digunakan.

Mengenal Fungsi Proxy di Telegram

Pastinya, Proxy tak dipasang ke aplikasi Telegram bila tidak memiliki Fungsi penting. Proxy Telegram menawarkan berbagai fungsi antara lain untuk mengakses konten yang diblokir operator internet, memperkuat keamanan akun ataupun perangkat, sekaligus bisa digunakan dalam mempercepat koneksi internet yang tak begitu bagus.

Di samping itu, Fungsi proxy di aplikasi Telegram pun bisa mendongkrak kecepatan akses Telegram. Umpamanya ketika pengguna membuka dan memutar film, mendownload konten, menjalankan bot serta mengaplikasikan berbagai fitur yang lain. Hanya saja harus diingat, meski Proxy bermanfaat dalam meningkatkan koneksi, akan tetapi proxy pun bergantung dengan jaringan internet yang dipakai sekaligus tipe proxy yang dipilih. Apabila memakai layanan proxy gratis dengan fitur seadanya ditambah performa tak begitu bagus, tentu kecepatan aksesnya akan melambat apabila dijalankan banyak orang. Itu sudah pasti.

Oleh karena itu cara menggunakan proxy di Telegram disarankan yang berbayar. Biaya berlangganan proxy premium pun tidak mahal namun menawarkan layanan dan fitur yang sangat bermanfaat terutama dalam hal kecepatan akses yang bisa berkali-kali lipat dari yang gratisan. Pun tingkat keamanannya lebih terjamin. Nah, selamat mencoba!