Tutorial

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Android

Privasi adalah hal yang sangat berharga untuk kita. Tidak heran hampir semua smartphone mewajibkan penggunanya mengunci dengan password, pola atau sidik jari. Namun ada kalanya smartphone dipinjam untuk beberapa alasan tertentu. Lalu bagaimana hal pribadi kita seperti chat maupun Galeri foto yang bisa saja dibuka tanpa ijin. Oleh karena itu, berikut ini ada cara menyembunyikan aplikasi di smartphone android untuk menjaga privasi kita.

Ada banyak cara menyembunyikan aplikasi di smartphone android. Mulai dari menggunakan aplikasi atau menggunakan fitur disable yang biasanya ada di pengaturan smartphone. Lalu bagaimana caranya? Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Menyembunyikan Melalui Pengaturan

Cara pertama ini sebenarnya bukan sekedar menyembunyikannya saja, namun membuatnya benar-benar tidak ada atau seperti di uninstal. Caranya adalah dengan men disable aplikasinya, namun terbatas pada aplikasi yang kamu download saja, untuk aplikasi sistem seperti Gallery tidak akan bisa. Nah berikut langkah-langkahnya.

cara menyembunyikan aplikasi

  1. Langkah pertama, buka Settings, kemudian pilih Apps.
  2. Setelah itu, cari dan pilih aplikasi yang ingin kamu disable atau nonaktifkan.
  3. Jika sudah, tekan aplikasi tersebut dan akan muncul informasi dengan tombol disable.
  4. Tekan tombol Disable, dan aplikasi tersebut akan hilang dari home Screen.

Perlu kamu ingat, dengan melakukan disable maka kamu tidak akan bisa meng update aplikasinya, jadi harus mengaktifkannya kembali jika ingin menggunakannya lagi. Namun dengan cara ini, secara tidak langsung membuat penyimpanan memori internal mu tidak cepat penuh.

2. Menggunakan Launcher

Cara kedua mungkin lebih mudah, bahkan tidak membutuhkan persyratan root yakni menggunakan launcher. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi launcher lain selain yang kami rekomendasikan di artikel ini. Berikut cara menyembunyikannya.

1. Microsoft Launcher

Meskipun Microsoft sudah tidak memiliki smartphone lagi, namun mereka masih berjaya dnegan beberapa aplikasi buatannya. Salah satunya adalah Microsoft Launcher yang bisa kita gunakan untuk menyembunyikan aplikasi. Caranya sangat mudah, berikut ulasannya.

 

1. Pertama, unduh aplikasinya di Playstore, kemudian instal seperti biasa

2. Setelah proses selesai, tekan tombol titik tiga yang ada di menu utama, kemudian pilih Hidden Apps

cara menyembunyikan aplikasi3. Di menu Hidden App akan muncul aplikasi-aplikasi yang secara otomatis telah disembunyikan

4. Untuk menambahkan aplikasi lain, kamu hanya perlu tekan tombol Hide apps, maka akan tampil banyak aplikasi

5. Cara untuk membalikkannya atau memunculkan kembali aplikasinya juga tidak jauh berbeda seperti pada poin ke empat.

2. Nova Launcher

Nova Launcher adalah aplikasi yang ringan dan memiliki banyak kostumisasi. Alhasil seringkali difavoritkan sebagia Launcher terbaik. Salah satu fiturnya yang akan kita gunakan adalah mengganti nama aplikasi hingga menyembunyikan aplikasi. Caranya adalah sebagai berikut ini.

 

1. Pertama instal Nova Launcher, lalu kamu bisa memilih aplikasi yang ingin kamu ganti namanya.

2. Setelah itu, tekan dan tahan aplikasinya lalu pilih menu Edit

3. Ganti nama aplikasinya dengan nama yang tidak mencurigakan

cara menyembunyikan aplikasi4. Setelah mengganti nama, kamu juga bisa mengganti ikon dari aplikasi tersebut dengan icon aplikasi lain yang juga tidak mencurigakan

5. Tekan Done dan aplikasi mu telah berubah nama dan tersamar dari orang iseng yang ingin berbuat jahat.

6. Sedangkan untuk menyembunyikannya, masuk ke menu setting Nova Launcher di daftar aplikasi

7. Pilih App & widget drawers, lalu pilih lagi Hide apps

8. Selanjutnya kamu tinggal mencentang aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi agar privasimu tetap terjaga meski smartphone mu tidak terkunci atau dipinjam.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment