Tutorial

Cara Mudah Mencari HP Hilang Dengan Gmail

Saat ini fitur smartphone semakin canggih dan beragam. Salah satu fitur yang mengalami peningkatan adalah pencarian smartphone. Kini pencarian smartphone lebih dimudahkan lagi, tanpa harus menggunakan aplikasi, kini anda dapat mencari HP hilang dengan Gmail. Ya, akun Gmail yang sudah pasti pengguna android miliki, kini bisa digunakan untuk mencari HP yang hilang.

Baca juga : Belanja Dengan OVO Paylater dan Cara Mendaftarnya

Kira-kira bagaimana cara kerjanya dan bagaimana cara menggunakannya ketika smartphone kita hilang? Berikut kita ulas secara tuntas. Fasilitas atau fitur yang akan kita gunakan bernama Find Your Phone. Fitur ini merupakan pengembangan dari Google sehingga ketika smartphone hilang kita bisa mencarinya dengan mengandalkan internet dari perangkat lain.

Cara Kerja

Cara kerja fitur Find Your Phone ini sebenarnya cukup simpel yakni menggunakan data gmail yang sudah kamu masukkan ke smartphone. Google akan mencari letak perangkat yang terdaftar dengan akun gmail kamu. Dengan kata lain smartphone dengan gmail mu yang tercuri atau hilang akan diketahui lokasinya sehingga kita bisa mengambilnya kembali.

Namun sayangnya hal ini masih terbatas oleh beberapa faktor yakni baterai smartphone yang harus terisi, karena ketika habis maka fitur ini hanya akan menunjukkan letak terakhir smartphonemu. Yang kedua adalah apabila GPS nya mati dan si pencuri berhasil menghapus seluruh data gmail mu maka kemungkinan terdeteksinya sangat kecil.

Cara Menggunakan Fitur Find Your Phone

mencari HP hilang dengan GmailCara mencari HP hilang dengan Gmail atau Find Your Phone sangatlah mudah. Hal yang pertama kali perlu anda lakukan adalah mengunduh aplikasinya di Playstore. Aplikasinya ini gratis buatan Google jadi tidak perlu khawatir. Yang kedua kamu harus melakukan apa yang diminta oleh aplikasi tersebut seperti memberi akses kepada GPS.

Beberapa brand smartphone bahkan sudah menyertakan aplikasi tersebut sebagai aplikasi bawaan sehingga tidak perlu menginstalnya. Namun yang menarik adalah brand smartphone seperti Xiaomi dan Oppo menyertakan aplikasi buatannya sendiri. Jadi ketika akun gmail terhapus, anda masih bisa melacak smartphone dengan aplikasi bawaan Xiaomi dan Oppo.

Berikut cara mencari HP hilang dengan Gmail setelah menginstal aplikasinya.

1. Kunjungi situs Find Your Phone yakni di https://myaccount.google.com/find-your-phone

mencari HP hilang dengan Gmail2. Isi kolom yang disediakan yakni email serta password dari akun yang kamu gunakan

3. Akan muncul dua menu yakni Ring dan Locate. Untuk Ring, menu ini akan membunyikan smartphone kamu sekeras-kerasnya sehingga kamu bisa menemukannya. Ini sangat bermanfaat apabila kamu lupa meletakkan smartphone mu atau memaksa pencuri smartphonemu untuk mengembalikan smartphonemu.

4. Menu kedua adalah locate. Menu ini memungkinkan kamu mencari lokasi keberadaan smartphone mu. Cara ini sebaiknya digunakan pertama sebelum memilih menu ring. Dan apabila lokasi smartphonemu bisa terdeteksi, janganlah datang sendirian. Bawa serta teman, orang dewasa yang lain atau bahkan pihak keamanan yang bisa membantu mencari HP hilang dengan Gmail.

5. Selain dua menu diatas sebenarnya masih ada dua menu lainnya yakni mengunci smartphone kamu dan memberikan pesan untuk mengembalikannya di layar depan atau lock screen.

6. Menu selanjutnya adalah menghapus semua data yang ada dalam smartphone tersebut. Opsi ini bisa menjadi opsi terakhir apabila smartphone mu menyimpan data penting seperti rekening bank dan sebagainya.

Itulah ulasan mengenai cara kerja dan bagaimana cara mencari lokasi smartphone atau HP kita dengan menggunakan fitur Find Your Phone dari Google. Selamat mencoba dan semoga dengan cara ini smartphonemu tetap aman.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment