Tutorial

Cara Siaran Langsung di Facebook Untuk Berbagi Momen Bahagia

Facebook saat ini sudah jauh berbeda dengan media sosial lainnya. Saat ini kamu bahkan bisa melakukan siaran langsung atau live streaming gaming maupun seperti reporter TV. Cara siaran langsung di Facebook ini bisa kamu lakukan untuk berbagi momen bahagia dalam hidupmu agar sahabat dan teman yang jauh disana pun dapat menyaksikannya.

Persiapan siaran langsung

Cara siaran langsung di Facebook juga terbilang mudah. Selain itu kamu juga harus mempersiapkan segalanya secara matang agar apa yang ditampilkan nantinya menjadi momen yang tidak terlupakan seperti acara ulang tahun, proses akad nikah dan sebagainya. Lalu apa saja yang perlu kamu siapkan dan juga bagaimana langkahnya? Berikut ulasannya.

Hal yang perlu kamu siapkan:

  1. Tentunya untuk melakukan siaran langsung, kamu membutuhkan smartphone. Untuk spesifikasinya tidak perlu tinggi, yang terpenting hasil kameranya masih bisa dinikmati.
  2. Tripod untuk menyangga smartphone mu. Apabila kamu berencana untuk live streaming dalam jangka waktu yang cukup lama, pasti akan melelahkan jika harus memegang smartphone untuk merekam dan hasil gambarnya pun akan goyang. Tripod jelas sangat membantu disini.
  3. Powerbank atau sumber listrik. Hal ini sangat kamu butuhkan karena dalam proses siaran langsung smartphone mu akan banyak memakan data dan daya sehingga kamu harus mempersiapkan Charger atau powerbank sebagai cadangan daya.
  4. Ruang untuk meletakkan tripod dan kamera. Tentunya agar mendapatkan angle yang terbaik kamu harus menyediakan lokasi atau tempat khusus agar hasil siaran langsungnya apik seperti para profesional.
  5. Jaringan internet yang kuat. Cara siaran langsung di Facebook ini akan sia-sia apabila jaringan internetmu kurang memuaskan. Jika kamu tidak yakin dengan operator yang kamu pakai, kamu bisa memanfaatkan mifi atau wifi Mobile untuk menjaga internet tetap stabil

Cara siaran langsung di Facebook

Itulah beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk melakukan live streaming atau siaran langsung di Facebook. Sekarang, kita akan mengulas bagaimana caranya live streaming di facebook. Yuk kita baca satu persatu langkahnya.

  1. Posisikan smartphone dalam kondisi yang nyaman untuk Live Streaming atau Siaran Langsung
  2. Buka aplikasi Facebook
  3. Tekan atau pilih kolom update status di halaman utama, letaknya di atas setelah facebook story
  4. Pilih Siarkan Langsung, lalu pilih kepada siapa kamu akan memperlihatkan siaran langsung ini, tambahkan juga keterangan
  5. Kamu juga bisa memilih efek dengan memilih ikon-icon dibawahnya
  6. Setelah itu, pilih opsi Mulai untuk memulai siaran langsung
  7. Pilih opsi Selesai untuk mengakhirinya

Nah, selama siaran langsung seringkali kamu akan menemui pengguna yang iseng atau melakukan hal yang tidak mengenakkan. Kamu bisa langsung memblokirnya dalam partisipasi siaran langsung. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Tekan dan tahan foto profil dari akun yang akan diblokir. Letaknya ada di samping kolom komentar
  2. Pilih blokir

Dengan demikian siaran langsung mu akan bebas dari akun-akun iseng yang akan mengganggu live streaming. Setelah kamu selesai, jangan lupa pilih opsi Selesai. Jangan khawatir, hasil live streaming mu tadi akan tersimpan di Story Facebook. Kamu bisa membagikannya atau menyimpan videonya sebagai kenang-kenangan.

Itulah cara melakukan siaran langsung di Facebook. Ingat, kamu juga bisa membagikan momen bahagiamu ini ke media sosial lainnya, namun jangan manfaatkan fitur ini untuk hal-hal yang bersifat negatif karena akan ada dampaknya. Semoga artikel ini memberikan wawasan dalam menggunakan media sosial facebook.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment