Game

Tips Pertarungan Final Fantasy VII Remake

Final Fantasy VII yang pertama kali dirilis untuk konsol Playstation generasi awal pada tahun 1997 sudah dirilis remake nya dengan berbagai pembaharuan. Salah satu yang berbeda selain dari sisi grafis adalah gameplaynya yang kini menggunakan sistem pertarungan hack and slash. Berikut ada beberapa tips pertarungan Final Fantasy VII Remake yang mungkin bermanfaat.

1. Perhatikan ATB

Final Fantasy VII RemakeMeski bergaya hack and slash yang berarti kamu harus memencet tombol agar dapat menghajar musuh-musuhmu, bukan berarti kamu bisa asal hajar mereka semua. Jika kamu mengandalkan itu, maka semakin lama kamu akan merasakan kesulitan terutama di level-level dengan tingkat kesulitan tinggi. Pelajari meteran ATB untuk dapat menyerang dengan skill atau bergantin karakter.

Memang menghemat ATB itu merupakan langkah yang baik, akan tetapi kamu juga harus mengerti timingnya. Jika lawanmu adalah mini boss atau boss dengan health bar yang tinggi, maka sudah waktunya kamu harus memanfaatkan skill, spell atau juga beganti karakter. Dengan demikian kombinasi seranganmu akan sulit ditangani oleh musuh.

Untuk mempermudah mengalahkan musuh, disarankan juga untuk selalu Stagger lawan-lawanmu. Dengan demikian mereka akan cepat kalah dan kamu tidak perlu repot-repot memanfaatkan Skill atau Spell yang bisa menghemat meteran ATB mu.

2. Sebaiknya Sering Ganti Karakter

Ya, salah satu tips pertarungan Final Fantasy VII Remake lainnya adalah sebaiknya sering mengganti karakter. Memang karakter lain yang bertarung bersama kita mengandalkan AI. Namun karakter tersebut tidak akan maksimal dalam menggunakan skill atau spell saat bertempur. Kalau iya, kamu cukup diam saja menonton mereka bertempur.

Dengan sering berganti karakter, kamu dapat memiliki serangan yang lebih variatif dan juga efektif. Sebagai contoh ketika kamu harus menghadapi musuh di udara, karakter seperti Tifa dan Cloud tidak akan dapat mengatasinya karena skill dan gaya bertempur mereka yang melee. Nah agar kamu bisa menyerang musuh di udara tersebut, kamu bisa mengandalkan Bareth atau Aerith.

Namun sebelum kamu berganti-ganti karakter dalam pertempuran kamu juga harus memahami style, kelebihan dan kekurangan dari setiap karakter. Seperti contohnya Aerith yang merupakan Spellcaster tentu akan powerfull dalam pertempuran jarak jauh namun lemah dalam pertempuran jarak dekat atau Melee. Jadi jangan asal ganti sebelum mengenal mereka ya.

3. Manfaatkan Block

Nah tips pertarungan Final Fantasy VII Remake selanjutnya adalah memanfaatkan block serangan. Jadi dalam bertarung kamu tidak harus selalu menghindar ke kanan atau kekiri karena kamu juga bisa melakukan block serangan selama memiliki timing yang cepat. Apalagi jika kamu sukses melakukan block, meteran ATB mu juga akan mengalami penambahan.

Namun kamu juga perlu berhati-hati, karena tidak semua serangan bisa di block. Kamu bisa memanfaatkan block ini sebagai cara cepat mendapatkan penambahan meteran ATB.

4. Manfaatkan Materia Terutama Asses Materia

Dalam permainan FF VII Remake ini juga memiliki item bernama Materia dengan berbagai efek . Nah, namun Assess Materia merupakan item yang wajib kamu gunakan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan musuh. Ini akan sangat bermanfaat terutama untuk tips pertama dimana kamu harus mempertimbangkan apakah harus memanfatkan skill atau spell untuk menghemat ATB.

5. Utamakan Grind Senjara daripada Menaikkan Level

Menaikan level juga merupakan salah satu elemen penting dalam game RPG. Akan tetapi dalam FF VII Remake ini kamu juga tidak boleh melupakan Grind Senjata. Alasannya, dengan Grinding, selain senjata lebih kuat kamu juga akan mendapatkan skill tambahan dari senjata sehingga karaktermu juga akan terbangun semakin kuat.

Itulah beberapa tips pertarungan Final Fantasy VII Remake yang bisa kamu coba dalam memainkan gamenya. Untuk kamu yang baru menikmati Final Fantasy VII, silahkan menikmati salah satu seri FF terlaris dan terpopuler.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment