Huawei Mate Xs, Harga Yang Mahal Untuk Sebuah Inovasi

Bosan dengan model smartphone yang begitu-begitu saja? Jangan khawatir karena banyak perusahaan teknologi mengembangkan berbagai gadget terbaru yang berbeda dengan yang ada saat ini. Salah satunya adalah Huawei Mate Xs yang memiliki bentuk tidak pasaran karena mengandalkan desain layar lipat. Lalu seperti apa spek perangkat seharga motor sport ini?

Desain dan Layar

Huawei Mate Xs mengejutkan para pengamat teknologi dengan layar lipat sentuhnya. Meski bersaing ketat dengan Samsung, Mate Xs sepertinya lebih unggul di beberapa sisi salah satunya adalah pada bekas lekukan atau bagian tekukan layar yang lebih datar atau tidak melipat. Alasan yang lain adalah ketika tablet smartphone ini dilipat, layarnya jauh lebih besar, mengapa?

Alasannya karena Huawei Mate Xs dilipat keluar sedangkan Fold milik Samsung dilipat menutup. Layar dari Mate Xs sendiri membawa ukuran 8 inch yang bila dilipat akan berubah menjadi layar 6,6 inch. Kualitas layarnya pun cukup unik karena menurut GSMArena ada dua jenis layar yakni OLED serta AMOLED. Namun jangan harap kamu menemukan layar kaca disini.

Ya, layarnya menggunakan bahan plastik yang oleh Huawei dijamin tahan gores dan lebih fleksibel. Untuk warna hanya ada 1 varian saja yakni Interetellar Blue. Dan untuk sensor sidik jarinya berada di sisi samping atau bagian frame yang untungnya terbuat dari bahan metal yang kuat dan ringan.

Performa

Smartphone yang menggantikan seri sebelumnya yakni Huawei X ini diperkenalkan pada 24 Februari lalu dan direncanakan akan dirilis pada minggu pertama Maret. Smartphone yang juga merupakan flagship dari Huawei ini akan membawa prosesor tercepat dan tercanggih saat ini buatan Huawei yakni HiSillicon Kirin 990 5G yang berpasangan dengan Mali-G76 MP16.

Sedangkan untuk RAM nya, Mate Xs dibekali 1 pilihan RAM saja yakni seluas 8 GB dengan kapasitas penyimpanan sebesawr 512 yang masih dapat diekspansi dengan Nano Memory hingga 256 GB. Dengan layar cukup luas, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4500 mAh yang mampu charge hingga 55 W. Alhasil 80% baterai bisa didapatkan dalam waktu 30 menit saja.

Kamera

Sisi kamera juga sepertinya menjadi salah satu yang diperhatikan oleh Huawei. Huawei Mate Xs dipersenjatai dengan Quad Camera yang tersusun rapi di bagian kanan belakang. Desainnya unik dan spek kameranya juga tidak kalah menarik. Alasannya Huawei masih bekerja sama dengan brand kamera mahal, Leica yang jelas membuat hasilnya bisa diadu dengan brand lainnya.

Komposisi dari keempat kameranya tersebut adalah kamera utama 40 MP, F/1.8 dengan lensa wide, 8 MP F/2.4 dengan lensa telephoto, 16 MP F/2.2 dengan lensa ultrawide serta sebuah kamera sensor TOF 3D untuk kedalaman gambar. Sedangkan untuk selfienya kamu tetap menggunakan kamera utama karena layarnya yang bisa terlipat ke belakang, unik?

Harga

Sisi harga inilah yang mungkin akan membuat kamu menggeleng-gelengkan kepala. Pasalnya untuk sebuah Huawei Mate Xs kamu harus merogoh kocek hingga 37,8 juta rupiah. Harganya setara dengan sebuah motor sport YZF Monster Energy yang dijual dengan harga 37,6 juta rupiah. Namun memang tidak bisa disalahkan, pasalnya harga ini memang harga yang mahal untuk inovasi.

Bila nantinya biaya produksi layar lipat semakin murah, maka harga smartphone yang mengandalkan teknologi tersebut akan semakin murah. Kita tunggu saja kedepan apakah teknologi ini akan populer. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang mencari smartphone unik.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment