Huawei

Huawei Nova 7i, Model 4 Kamera iPhone dari Huawei

Huawei baru saja merilis smartphone andalannya untuk pasar entry level hingga menengahnya. Huawei Nova 7i bisa menjadi pilihan kamu yang mencari smartphone dengan kemampuan yang bisa diandalkan. Pasalnya Huawei sendiri sering memberikan sisi lain yang belum menjadi trend smartphone lainnya. Lalu apakah kali ini Nova 7i juga demikian?

Desain dan Layar

Huawei Nova 7i

Huawei Nova 7i menawarkan desain yang mirip dengan smartphone tetangga. Mulai dari susunan kamera dengan empat kamera hingga layar melengkung di setiap sisinya. Perbedaannya hanya pada kamera depan yang mana sudah mengadopsi lubang kamera atau yang dikenal dengan punch hole. Layarnya sendiri cukup luas yakni 6,4 inch berteknologi IPS.

Untuk materailnya, Huawei Nova 7i mengandalkan bodi plastik dengan frame plastik. Meskipun demikian, tersedia pilihan warna yang menarik yakni Midnight Black, Crush Green serta Sakura Pink yang terbilang sangat kekinian atau cocok untuk para milenial. Dengan harganya yang masih tergolong terjangkau, Nova 7i bisa menjadi pertimbangan dengan budget yang terbatas.

Performa

Di sisi performa, Huawei Nova 7i membawa prosesor buatannya sendiri yakni HiSillicon Kirin 810 dengan Mali G52 MP6. Prosesor ini setara dengan prosesor Snapdragon 730 yang dirilis tahun lalu. Untuk pilihan RAMnya, Huawei menyertakan RAM sebesar 8 GB dengan internal 128 GB. Huawei juga sudah mengandalkan memori internal UFS 2.1 sehingga lebih lancar pemorosesannya.

Dibekali dengan baterai berkapasitas 4200 mAh, Huawei sudah mengandalkan charger berkapasitas besar yakni 40 W melalui USB Type C nya. Alhasil pengisian dayanya juga bia diandalkan sebagai power bank karena arus bolak baliknya. Karena peletakkan sensor sidik jarinya terletak di samping, perangkat ini tampak premium meski memiliki bodi berbahan plastik.

Untuk sistem operasinya, Nova 7i sudah mengandalkan Android 10.0 dengan kustomisasi khas dari Huawei yakni EMUI 10. Sayangnya seri smartphone dari Huawei di tahun 2020 ini merupakan perangkat yang tidak dapat menjalankan layanan Google. Karena itulah ini yang mungkin akna menjadi pertimbangan utama untuk kamu bila ingin membelinya.

Kamera

Sisi kamera juga patut untuk diperhatikan. Pasalnya Huawei Nova 7i sudah mengandalkan empat kamera yang resolusinya tergolong besar apalagi di tengah tren kamera resolusi besar di tahun 2020 ini. Kamera utamanya mengandalkan 48 MP dengan lensa wide F/2.0, 8 MP F/2.4 berlensa ultrawide, 2 MP berlensa macro dan satu lagi kamera 2 MP untuk sensor kedalaman gambar.

Kamera depannya yang didesain dengan model punch hole juga terbilang cukup meski tidak terlalu besar yakni beresolusi 16 MP dengan lensa wide dan fitur HDR yang membuat gambarnya tampak lebih berwarna. Meskipun demikian, dengan komposisi kamera tersebut Huawei Nova 7i memiliki banyak pesaing. Kita hanya perlu menimbang apakah harganya sesuai atau tidak selain dari masalah isu Google.

Harga

Meski sudah diluncurkan sejak 14 Februari lalu, namun smartphone ini belum masuk di pasar Indonesia. Padahal smartphone ini sudah masuk ke pasar Malaysia. Harganya sendiri cukup menggoda yakni 1.009 Ringgit Malaysia atau jika dirupiahkan sebesar 3,6 juta rupiah. Dengan harga tersebut, jelas spek yang dibawa oleh Huawei menjadi lebih superior di rentang harganya.

Akan tetapi tentu saja kita harus mempertimbangkan hal yang paling utama, yakni sebuah smartphone android tanpa layanan Google. Padahal tidak sedikit layanan Google yang kita pakai sehari-jari. Namun mungkin akan ada pemecahan masalah seperti mengisntal layanan Google secara paksa atau melalui Root. Tertarik?

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment