Huawei

Huawei P40 Lite, Pangeran Kecil dari Flagship Huawei

Huawei merupakan salah satu brand yang cukup berpengaruh di dunia teknologi, meski harus berbenturan dengan Google akibat peraturan dari pemerintah Amerika, Huawei masih menjadi brand yang patut diperhitungkan. Di tahun 2020 ini Huawei segera meluncurkan smartphone flagshipnya dengan beberapa varian yang salah satunya adalah Huawei P40 Lite ini. Kira-kira apa saja yang ditawarkan oleh Huawei?

Desain dan Layar

Di sisi desain nampaknya Huawei tidak ingin mencoba hal baru. Pasalnya jika dulu Huawei dikenal dengan desain yang beda dari yang lain namun kini tampaknya Huawei ingin mengikuti tren pasar. Kamera depannya pun mengandalkan punch hole yang membuat layarnya semakin lega. Tidak salah memang, namun belum ada keterangan material yang digunakan untuk bodinya.

Akan tetapi, dengan menyandang gelar P pastinya memiliki kualitas premium. Layarnya sendiri mengandalkan LTPS IPS berukuran 6,4 inch dengan resolusi 1080 x 2310 pixel saja. Bagian belakangnya terlihat bersih karena sensor sidik jari berada di samping. Tersedia 3 pilihan warna yakni Black, Emerald Green, Light Pink/Blue.

Performa

Menyandang nama Lite tidak hanya membuat harganya lebih terjangkau namun juga memiliki performa yang tidak semaksimal varian standar nya. Huawei P40 Lite dibekali processor HiSillicon Kirin 810 besutan Huawei. Prosesor ini setara dengan Snapdragon 730 meski di beberapa sisi Kirin lebih baik. Prosesor tersebut dipadukan dengan GPU Mali G52 MP5 dan RAM 6 GB serta penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Tidak ada varian lain untuk ram dan penyimpanannya. Akan tetapi untuk urusan baterai, kita harus puas dengan kapasitas 4200 mAh yang untungnya dibekali kemampuan charge USB Tipe C nya hingga 40W yang bisa mengisi 70% kapasitasnya hanya dalam waktu 30 menit saja. Jelas ini sangat menguntungkan, terutama untuk kamu yang suka buru-buru pergi.

Di tengah keadaan Google yang bersitegang dengan Huawei, ternyata Huawei masih mengandalkan Android 10 AOSP + HMS dengan kustomisasi EMUI 10. Meski belum diketahui apakah aplikasi dari Google bisa berjalan lancar di smartphone besutan Huawei ini.

Kamera

Di sisi kamera, Huawei P40 Lite dibekali dengan Quad Camera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP f/1.8 berlensa wide, 8 MP f/2.4 berlensa ultrawide, 2 MP f/2.4 berlensa macro dan 2 MP kamera sensor untuk efek bokeh dan ketajaman gambar. Dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, agaknya P40 Lite akan kesulitan karena banyak pesaing yang menawarkan spek kamera yang sama.

Sedangkan untuk kamera depannya mengandalkan desain punch hole kamera, Huawei P40 Lite hanya mengandalkan kamera dengan resolusi 16 MP f/2.0 dengan lensa wide dengan fitur HDR. Meski memang ukuran pixel bukanlah segalanya dalam dunia fotografi, namun rasanya sulit jika harus bersaing dengan smartphone lain yang punya kamera depan beresolusi tinggi.

Harga

Dirilis pada 2 Maret lalu, belum diketahui apakah smartphone ini akan masuk ke tanah air atau tidak. Pasalnya meski sempat populer dengan beberapa versi sebelumnya, Huawei harus babak belur dihajar brand lain yang juga ramai di Indonesia. Untuk harga dari Huawei P40 Lite ini sendiri dipatok 299 Euro dan bila dirupiahkan menjadi sekitar Rp. 4,5 jutaan.

Dengan perkiraan harga 4,5 jutaan rupiah, kamu bisa menentukan apakah smartphone ini layak untuk kamu bawa pulang. Mengingat di harga tersebut ada banyak saingan lain dengan berbagai penawaran yang berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu mencari referensi smartphone yang tepat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment