Tutorial

Mengaktifkan Fitur Windows Sandbox, Apa itu Windows Sandbox ?

Windows sebagai Operating System yang paling banyak digunakan di dunia memang terus berkembang. Salah satunya adalah versi terbarunya yakni Windows 10 yang memiliki sebuah fitur unik yang sangat bermanfaat untuk para developer atau pengembang aplikasi di Windows 10 ini. Lalu bagaimana mengaktifkan fitur Windows Sandbox tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

Apa Itu Windows Sandbox

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fitur bernama Windows Sandbox itu memang ditujukan dan akan sangat berguna bagi para pengembang aplikasi Windows. Seperti arti namanya yang berarti kotak pasir, disini para pengembang akan memiliki akses bebas terhadap sistem Windows tanpa merusak Windows yang dimiliki karena berada pada media virtual.

Baca juga : Aplikasi Microsoft Math Solver, Bagaimana Cara Memakainya?  

Fitur Sandbox ini sendiri dijuluki sebagai sebuah virtual machine yang menggunakan teknologi bernama integrated scheduler. Teknologi tersebut memungkinkan host untuk mengaktifkan kapan akan menjalankan Sandbox tersebut. Fitur Sandbox ini juga akan membuat komputer anda aman saat menguji coba aplikasi atau mencoba suatu program tanpa khawatir akan virus.

Hanya saja, keberadaan fitur Sandbox ini ternyata terbatas untuk seri Windows 10 tertentu. Sistem Operasi Windows 10 yang memiliki fitur Sandbox ini adalah hanya untuk seri Windows 10 Pro dan Windows 10 Enterprise saja. Dan secara default, atau pengaturan bawaan fitur ini tidak aktif dan perlu melakukan cara khusus agar bisa digunakan.

Cara Mengaktifkan Fitur Windows Sandbox

Dengan mengetahui informasi mengenai apa itu Sandbox dan apa manfaatnya untuk komputer anda, berikut ini adalah beberapa langkah yang anda butuhkan untuk mengaktifkan fitur Windows Sandbox. Jangan lupa, pastikan anda sudah mencadangkan atau melalukan back up komputer anda sebelumnya.

  1. Aktifkan kolom pencarian
  2. Ketik “Appwix” dalam kolom pencarian tersebut kemudian tekan enter untuk memproses
  3. Setelah itu akan muncul jendela Programs and Features. Lihat ke sisi kiri panel, cari dan klik opsi Turn Windows features on or off
  4. Akan muncul jendela baru yang memunculkan Features Windows
  5. Dalam jendela baru tersebut, cari fitur dengan nama Sandbox dan klik sehingga program atau fitur tersebut aktif
  6. Selanjutnya, anda akan diminta untuk menekan opsi OK untuk mengaktifkan fitur Windows Sandbox
  7. Seringkali PC anda juga memerlukan untuk reebot
  8. Tunggu hingga PC menyala kembali dan kemudian anda sudah masuk dalam mode Sandbox


Cara Mematikan Fitur Windows Sandbox

Untuk cara mematikan fitur ini juga tidak banyak langkahnya. Anda hanya perlu menghilangan cek atau centang pada area kotak uang berada pada dekat Windows Sandbox. Cara untuk menonaktifkan fitur ini sendiri bisa anda lakukan saat anda selesai untuk mengembangkan, menjalankan atau bahkan menguji program pihak ketiga yang biasanya mudah untuk didapat.

Bagaimana? Apakah anda membutuhkan atau tertarik untuk mengaktifkan fitur Windows Sandbox tersebut? Namun sebaiknya anda juga tidak menggunakan fitur ini terlalu lama. Alasannya tentu saja adalah karena segala perubahan yang anda lakukan tersebut tidak akan tersimpan. Memang fitur Sandbox ini memiliki dua fungsi, baik untuk masalah kepentingan mencoba program untuk para developer sebelum mencobanya langsung di perangkat sebenarnya. Manfaat lainnya tentu saja untuk menghindari keberadaan virus yang seringkali menumpang,

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi mengenai fitur dari Windows bernama Sandbox dan juga membantu anda terutama untuk anda yang memiliki karir sebagai pengembang atau developer, atau juga untuk anda yang suka menginstal program baru agar tidak terinfeksi virus. Selamat mencoba.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment