Ingin Mengunci Whatsapp Dengan Fingerprint? Begini Tutorialnya

mengunci whatsapp dengan fingerprint

Sebagai salah satu aplikasi pesan terpopuler, Whatsapp selalu memperbarui fitur-fitur yang dimilikinya. Baru-baru ini developer whatsapp menambah fitur baru yang memungkinkan penggunanya mengunci whatsapp dengan fingerprint. Bagi pembaca yang ini tahu lebih detail mengenai fitur menarik ini silahkan baca sampai selesai.

Dirilis pertama kali pada tahun 2009, Whatsapp mendapat sambutan yang hangat dari pengguna smartphone dari seluruh dunia. Saat ini jutaan orang dari seluruh dunia menggunakan aplikasi yang cara kerjanya mirip dengan Blackberry Messenger ini. Whatsapp juga aplikasi lintas platform yang bisa digunakan di perangkat apa saja dan bisa mengirim pesan tanpa dikenakan biaya SMS.

Baca juga : Cara Melacak Seseorang Lewat Whatsapp Dengan Cepat Dan Mudah

Dengan menggunakan smartphone, anda bisa mengirim pesan, gambar hingga file dengan mudah dan cepat. Asalkan memiliki sambungan internet yang cukup, maka anda sudah bisa menggunakan semua fitur WA sepuasnya. Salah satu fitur terbaru yang banyak menarik pengguna WA adalah fitur fingerprint. Fitur ini sengaja ditambahkan untuk menambah keamanan dan kenyamanan para penggunanya.

Sekilas tentang Fitur Baru Whatsapp

Seperti yang kita ketahui, Whatsapp bukan saja bisa digunakan di smartphone tetapi juga bisa digunakan di PC dan laptop. Melalui Whatsapp web, anda bisa menggunakan WA dari sebuah PC atau laptop. Namun kali ini kita tidak membicarakan tentang Whatsapp web tetapi kita akan mengulas tentang cara mengunci whatsapp dengan fingerprint.

Perlu diketahui fitur fingerprint merupakan fitur baru yang diperkenalkan oleh Whatsapp untuk meningkatkan privasi penggunanya. Selain itu untuk mengunci whatsapp dengan fingerprint hanya bisa dilakukan pengguna smartphone yang memiliki fitur fingerprint. Bagi pengguna PC dan laptop, anda belum bisa mengunci Whatsapp dengan fingerprint.

Cara Mengunci Whatsapp Dengan Fingerprint

Sering kali kita melakukan chat yang bersifat pribadi dan kita tidak ingin orang lain mengetahui isi chat tersebut. Untuk mengunci chat tersebut anda bisa menggunakan fitur kunci sidik jari. Cara mengunci Whatsapp dengan fingerprint bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

1. Sebelum anda mengaktifkan fitur kunci sidik jari, pastikan smartphone anda memiliki fitur sidik jari. Perlu diketahui bahwa hanya smartphone versi terbaru saja yang memiliki fitur sidik jari.

2. Selanjutnya buka aplikasi pada smartphone dan ketuk 3 titik pada pokok kanan atas untuk masuk ke “menu setelan”

3. Setelah itu pilih menu “account” lalu pilih “privacy”.

mengunci whatsapp dengan fingerprint4. Agar tidak sembarangan orang bisa menambahkan anda ke grup yang tidak anda ketahui pilih “kontak saya” seperti yang ditunjukan pada gambar.

5. Untuk bisa mengunci Whatsapp dengan sidik jari, silahkan menuju menu “Privacy” dan selanjutnya pilih menu “Kunci Sidik Jari”  dan tekan tombol “buka kunci dengan sidik jari”, bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

6. Selanjutnya sentuhlah sensor sidik jari pada ponsel pintar anda dan akan muncul pilihan durasi penguncian. Agar secepatnya bekerja anda bisa pilih “segera”

Kunci Sidik jari merupakan fitur tambahan yang baru-baru ini dikenalkan Whatsapp. Fitur menarik ini hanya bisa digunakan di Android 6.0 keatas yang mendukung API sidik jari dari Google. Jadi perlu dicatat fitur WA ini tidak bisa digunakan pada Samsung Galaxy Note 8, 4 dan Samsung Galaxy S5 serta smartphone lain yang masih menggunakan Android Lollipop kebawah.

Tenang saja meskipun aplikasi dalam keadaan terkunci, anda tetap bisa menerima panggilan seperti biasa. Semoga dengan ulasan tadi bisa meningkatkan privacy Whatsapp anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terimakasih.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment