Oppo A12, Smartphone Murah Berbaterai Besar Terbaru Oppo

Meski belum diketahui kapan akan diluncurkan, smartphone termurah dan terbaru dari Oppo yakni Oppo A12 akan segera diluncurkan. Ya, smartphone ini akan mengincar entry level dengan budget yang tidak begitu besar untuk merasakan sensasi smartphone kekinian mulai dari bezel tipis, RAM besar hingga dual camera. Lalu apa saja spek lainnya yang dibawa? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar

Oppo A12Dari sisi desain sepertinya kamu tidak perlu berharap banyak karena meskipun tampil cantik, material yang digunakan masih didominasi plastik baik bodi maupun frame. Bagian belakangnya juga tampak sensor sidik jari selain dual camera yang masih tersusun horizontal dan sebuah LED Flash. Layar yang dibawa berukuran 6,22 inch berjenis IPS dengan resolusi 720p saja.

Belum ada banyak informasi mengenai smartphone ini, bahkan warnanya pun hanya diketahui berwarna biru dengan aksen mirip mozaik. Aksen ini mirip seperti yang ada di smartphone saudaranya yakni Realme C2. Untuk kamera depannya, Oppo A12 juga masih mengandalkan desain water drop yang cantik di bagian tengah. Baik bezel atas maupun bawah tidak tampak tebal.

Maklum saja karena memang smartphone ini diprediksi akan dijual dengan harga yang terjangkau sehingga di sisi desain masih dibilang belum kekinian dan juga terbatas. Namun untuk resolusi layar mungkin bisa menjadi sebuah nilai plus meski di sisi entertainmen juga kurang memuaskan.

Performa

Di sisi performalah yang mungkin akan menjadi poin utama kelebihan Oppo A12. Dengan prosesor Octa Core Helio P35 dari Mediatek yang dipasangkan dengan PowerVR GE8320, smartphone ini memiliki dua varian RAM yakni 3 GB yang memiliki internal 32 GB serta RAM 4 GB dengan internal 64 GB. Keduanya masih menggunakan memori berjenis eMMC 5.1.

Tersedia slot khusus memori eksternal berjenis SDXC yang dapat kamu gunakan untuk memperbesar ruang penyimpanan. Selain itu, smartphone ini menggunakan baterai berkapasitas besar yakni 4230 mAh yang sayangnya masih menggunakan port MicroUSB 2.0. Belum diketahui apakah kemampuan fast charging khas Oppo juga ada di smartphone ini atau tidak.

Kamera

Di sisi kamera Oppo A12 juga tidak begitu menonjol dibandingkan pesaing lainnya. Kamera belakangnya yang berdesain Dual Camera pun hanya memiliki satu kamera utama yakni 13 MP f/2.2 yang mana satu kameranya lagi hanya digunakan untuk sensor kedalaman gambar dengan resolusi 2 MP saja. Ini bisa dianggap upaya yang positif agar dapat menghasilkan gambar bokeh.

Sedangkan kamera depannya yang mengandalkan desain Water Drop Camera mengandalkan kamera dengan resolusi 5 MP saja. Memang dengan resolusi tersebut mungkin sudah cukup untuk sekedar selfie di ruang cukup cahaya atau kebutuhan lain seperti video call. Meskipun demikian, kamera depan dan belakangnya bisa merekam hingga 1080p@fps untuk yang doyan rekam video.

Harga

Belum ada prediksi harga dari smartphone Oppo ini. Namun, diprediksi harganya takkan lebih dari angka 2 juta, bahkan mungkin dibawahnya. Smartphone ini direkomendasikan untuk kamu yang lebih mengutamakan performa seperti kebutuhan RAM dan daya tahan baterai yang baik karena memang prosesor P35 yang digunakan terkenal irit baterai.

Apalagi ini didukung dengan layarnya yang masih beresolusi 720p sehingga pemakaian baterai bisa lebih irit. Namun untuk kamu yang menginginkan smartphone dengan fitur kamera yang kekinian dengan fitur lensa wide, ultrawide, telephoto atau macro sepertinya A12 tidak direkomendasikan untuk hal tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai referensi kamu mencari smartphone.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment