Samsung Galaxy A21, Quad Camera Murah

Samsung baru saja mengumumkan perangkat A Series terbarunya yang kali ini merupakan update dari Galaxy A20 yang dirilis tahun lalu. Meski belum banyak informasi yang beredar namun kedatangan Samsung Galaxy A21 ini akan ditemani dengan kehadiran A71 juga. Lalu kira-kira apa saja yang dibawa oleh Galaxy A21 ini? Dan kapan perkiraan rilisnya? Yuk kita coba ulik.

Desain dan Layar

Samsung Galaxy A21Samsung Galaxy A21 hadir dengan desain yang lebih tegas dengan layar berbezel tipis berukuran 6,5 inch berjenis Super AMOLED dengan resolusi 720p. Bodinya masih didominasi dengan material plastik dan untuk bodi belakangnya sendiri lebih didominasi Quad Camera yang disusun vertikal, tidak dalam suatu modul yang ngetren. Sensor sidik jari juga menghias area punggungnya.

Belum diketahui dimensi dari perangkat ini karena memang belum ada data kengkapnya. Hanya saja untuk layar depannya kita bisa acungi jempol karena A21 sudah menggunakan punch hole camera depan di sebelah kiri atas. Hingga saat ini, informasi yang didapat mengenai warna dari smartphone ini hanyalah 1 yakni hitam. Namun semoga ada pilihan warna lainnya.

Performa

Di sisi performa, belum diketahui prosesor apa yang akan dibawa. Namun jika melihat pendahulunya yang menggunakan Snapdragon 450, smartphone ini juga kemungkinan akan membawa prosesor di level yang sama entah merupakan Snapdragon fabrikasi Qualcomm atau Exynos milik Samsung sendiri. Untuk GPU nya juga pasti akan menyesuaikan dengan prosesornya.

Di sisi RAM, hanya ada satu varian yang dibawa yakni varian RAM 3 GB dengan satu pilihan varian internal yakni 32 GB. Meskipun demikian, informasinya masih bisa berubah menjelang perilisannya. Samsung Galaxy A21 juga masih membawa kapasitas baterai yang sama yakni 4000 mAh. Meski belum ada keterangan pastinya namun bisa dipastikan mengandalkan USB Type C.

Pasalnya ada keterangan jika smartphone ini mendukung Fast Charging 15 W yang kemungkinan sudah memakai pada Type C. Selain itu, jika pada varian sebelumnya perangkat ini masih mengandalkan Bluetooth 4.2 kali ini A21 sudah membawa Bluetooth 5.0 yang mendukung konektifitas perangkat nirkabel lebih baik lagi.

Galaxy A21 sudah membawa Android 10.0 dengan UI yang disebut sebagai One UI dari Samsung. Untuk kamu penggemar Samsung, maka ini menjadi nilai plusnya sehingga kamu hanya perlu mengecek harga dan spek lainnya. Kabar baiknya Galaxy A21 sudah mendukung NFC, walaupun hanya untuk wilayah tertentu saja.

Kamera

Kamera menjadi bintang utama untuk kehadiran Galaxy A21 nya. Quad Camera yang dibawa memiliki komposisi sebagai berikut, kamera utama dengan setting wide beresolusi 16 Mp, kamera ultrawide 8 MP, kamera Macro 2 MP dan satu kamera sensor kedalaman dengan resolusi 2 MP. Memang terbilang memiliki resolusi kamera kecil, namun  kualitasnya tetap bisa diadu.

Untuk kameea depannya sendiri yang mengandalkan desain punch hole camera nya memiliki kamera selfie yang cukup besar resolusinya yaknni 13 MP. Baik kamera depan maupun belakangnya mampu merekam gambar hingga 1080p @30 fps saja. Terbilang minimalis, namun kita tunggu saja daftar lengkap speknya diatas kertas.

Harga

Samsung Galaxy A21 teranyar ini direncanakan akan dirilis pada bulan April ini meski belum diketahui kapan, dimana dan apakah dapat dipesan di Indonesia. Untuk harganya sendiri dari bocoran diperoleh angka 250 Euro, Bila dirupiahkan, angkanya bisa mencapai 4,2 jutaan rupiah. Namun mengingat harganya dulu yang hanya 2,1 jutaan rupiah saja. Berbeda jauh bukan?

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment