Xiaomi

Redmi 8, Rilis 2019 Masih Layak di 2020?

Redmi 8Desain dan performa smartphone dari tahun ke tahun semakin melambat perkembangannya. Hal ini juga yang membuat beberapa orang malas untuk membeli smartphone terbaru, apalagi jika harganya tergolong mahal. Nah, membeli smartphone seri lama yang tidak terlampau tua umurnya seperti Redmi 8 ini mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang mencari harga murah.

Desain dan Layar

Dirilis di bulan Oktober tahun lalu, Redmi 8 sempat mendapatkan sambutan hangat. Pasalnya untuk mereka yang mencari smartphone dengan harga murah dan spek lumayan tinggi, Redmi bisa menjawabnya. Meskipun dari segi desain dan layarnya tidak terlalu buruk untuk smartphone murah. Seperti contohnya adalah desain kamera belakang yang tersusun vertikal di tengah beraksen hitam.

Untuk urusan layarnya, Redmi 8 dibekali layar IPS LCD berukuran 6,22 inch dengan kamera depan bergaya waterdrop. Memang sudah jarang model kamera seperti ini, namun tidak lebih buruk ketimbang mengandalkan notch atau poni. Tersedia 4 pilihan warna cantik seperti Onyx Black, Ruby Red, Saphhire Blue, juga Phantom Red dengan bodi plastiknya.

Performa

Di sisi performa, Redmi 8 menunjukkan taringnya. Prosesor Snapdragon 439 untuk entry level dipadukan dengan dua pilihan varian yakni RAM 3 GB dengan internal 32 GB serta RAM 4 GB dengan internal 64 GB. Alhasil bisa dikatakan jika smartphone ini secara performa tergolong yang bisa diandalkan terlebih diantara smartphone lain di rentang harganya.

Ditambah pula baterai berkapasitas 5000 mAh dengan pengisian ceapt hinga 18 W dan satu lagi yang membuat surprise yakni smartphone ini sudah mengandalkan USB Type C yang mendukung reversible connector untuk mencharge smartphone lain seperti sebuah power bank. Redmi 8 juga sudah menggunakan android 9 Pie dengan kustomisasi MIUI 11.

Kamera

Dengan rentang harga dibawah 2 jutaan, memang sulit jika harus meminta banyak di smartphone ini. Kameranya masih mengandalkan dual camera dengan komposisi 16 MP kamera utama dual pixel PDAF dan 2 MP kamera sensor agar dapat membuat foto dengan efek bokeh yang cantik. Sedangkan untuk kamera depannya kita harus puas dengan single kamera 8 MP dengan fitur HDR.

Maka jelas, jika dilihat spek nya diatas kertas smartphone ini tidak ditujukkan untuk kamu yang menginginkan smartphone dengan hasil terbaik meski sangat wajar di harga dibawah 2 jutaan. Smartphone ini lebih diutamakan untuk kamu yang memang membutuhkan spek lumayan mumpuni untuk game atau menjalankan berbagai aplikasi tanpa adanya lag.

Harga

Dengan beberapa poin plus dan poin minus diatas, sekarang tinggal kamu menentukan apakah smartphone tersebut sesuai dengan harganya. Untuk varian 3/32 GB Redmi mematok harga 1,3 jutaan rupiah. Sedangkan untuk varian tertingginya yakni 4/64 GB, Redmi mematok harga 1,6 jutaan rupiah. Untuk sisi performa dan internal, Redmi 8 bisa dikatakan unggul.

Hanya saja untuk sisi kamera, Redmi sepertinya tersaingi dengan smartphone terkini yang tidak sedikit sudah membawa 4 kamera belakang meski kualitas hasil jepretannya dual camera tidak terlalu buruk. Untuk spesifikasi bahkan sebenarnya masih lebih baik Redmi 7 yang menggunakan Snapdragon 632, Redmi 8 malah downgrade karena menggunakan Snapdragon 439, walaupun dari segi desain Redmi 8 sangat kekinian.

Itulah beberapa review singkat mengenai Redmi generasi ke delapan yang sudah dirilis tahun kemarin. Jika disimpulkan, apakah smartphone ini layak atau tidak untuk tahun 2020 ini, maka jawabannya adalah bergantung pada prioritas kamu apakah lebih ke arah performa atau kamera. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi untuk referensi kamu.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment