Hp Vivo X30, Smartphone Mid End dari Vivo di 2020

Vivo X30 yang diungkap pada bulan Desember 2019 lalu kini sudah melenggang ke pasaran dan bisa kamu miliki segera. Smartphone yang menyasar pasar menengah ke atas ini memiliki banyak poin plus terutama di sisi performa. Tak hanya itu saja, terdapat dua varian dimana salah satunya adalah seri Pro. Apa sajakah yang ditawarkan oleh smartphone dari Vivo ini? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar

Di sisi desain, Vivo X30 membawa desain yang sudah menjadi trend di tahun 2020 yakni punch hole camera untuk kamera depannya. Alhasil layar 6,44 inchnya terlihat lebih luas, tajam dan vibran karena mengandalkan layar Super AMOLED beresolusi 2K. X30 juga membawa bodi material kaca  yang diapit dengan frame metal yang membuatnya terasa solid dalam genggaman.

Tersedia tiga buah warna yang bisa kamu pilih, mulai dari Peach yang lembut hingga Black dan Light Blue yang tak kalah menarik. Smartphone ini juga sudah mengandalkan sensor sidik jari dibawah layar sehingga bagian belakang smartphonenya tampak benar-benar bersih dan juga ferlihat menawan dengan triple camera yang disusun vertikal.

Performa

Ada yang unik di sisi performa Vivo X30 yakni pada sisi prosesor dimana X30 mengandalkan prosesor Exynos 980 dari Samsung yang sudah mendukung jaringan 5G. Prosesor ini setara dengan Snapdragon seri 7 terkini. Dibekali dengan RAM 8 GB saja, X30 memiliki dua pilihan internal yakni 128 GB dan 256 GB. X30 sudah mendukung OS android 9.0 dengan sentuhan Funtouch 10.0.

Vivo X30 juga didukung dengan baterai berukuran cukup besar yakni 4350 mAh yang mana didukung dengan pengisian cepat dengan charger 33W melalui Port USB Type C nya. Smartphone ini juga sudha mendukung reversible connector sehingga dapat mencharger smartphone lain layaknya sebuah power bank.

Kamera

Meskipun sisi kamera Vivo X30 terbilang kalah dalam jumlah kamera yakni 3 kamera belakang, namun bukan berarti kualitasnya kalah dibandingkan dengan yang membawa 4 kamera. Pasalnya dari komposisi 3 kamera X30 tidak membawa kamera sensor yang umumnya menjadi kamera keempat pada smartphone dengan Quad Camera. Hal ini dikarenakan X30 mengandalkan Laser AF.

Komposisi ketiga kameranya adalah sebagai berikut, 64 MP f/1.8 berlensa wide, dukungan Laser AF dan OIS, 32 MO f/2.0 lensa telephoto, dukungan Laser AF, OIS dan 2x Optical Zoom, 8 MP f/2.2 lensa ultrawide. Sedangkan untuk kamera depannya, X30 dibekali kamera 32 MP f/2.4 dengan lensa wide. Jadi, jumlah kamera di X30 ini tidak berarti sisi kameranya buruk.

Harga

Vivo X30 dilempar ke pasaran dengan harga 10 juta untuk varian 8 / 128 GB nya, sedangkan untuk varian 8 / 256 GB dipatok dengan harga 12 juta rupiah. Namun mengingat smartphone ini sudah dirilis sejak Desember 2019 lalu, smartphone ini mungkin mengalami penurunan harga meski mungkin tidak terlalu banyak pula.

Yang akan jadi masalah adalah pada persaingan dengan brand lain yang mungkin menawarkan lebih dengan cakupan harga yang tergolong tinggi dari Vivo. Namun, kembali keputusan ada di tangan kamu, apakah menurutmu smartphone ini layak untuk kamu bawa pulang atau kamu menginginkan smartphone yanh baru dirilis di awal tahun 2020 ini?

Itulah review singkat smartphone terbaru dari Vivo. Vivo X30 bisa dibilang merupakan versi lain dari Vivo Z6 karena dari segi desain, performa dan kamera hampir sama. Semoga artikel ini bermanfaat memberikan referensi untuk kamu mencari gadget terbaru. Selamat berburu gadget.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment