Game

Sederet Fakta Unik Game Roblox yang Belum Terungkap

Roblox menjadi pilihan game online untuk Android yang disukai anak-anak. Jenis game online ini mengharuskan pemain membuat permainan sendiri, dan juga memainkan karya pemain lain. Roblox pun memberikan kesempatan kepada pemain bekerjasama dengan player lain dalam membuat permainan sendiri. Ada sejumlah fakta unik Roblox yang belum banyak diketahui.

David Baszucki, sang CEO Roblox mengungkapkan jika dari kemunculan Roblox 2004 silam, game ini sudah mengadopsi konsep metaverse. Dalam game ini dilibatkan dunia virtual interaktif dalam mengumpulkan para pemain dan juga pembuat game dari seluruh dunia. Baszucki sering mengaplikasikan beragam perubahan demi menciptakan game online terbaik yang digemari kalangan anak-anak. Nah, ada beberapa  fakta unik Roblox yang masih belum banyak diketahui orang diantaranya adalah :

Bermula dari Perusahaan ‘Knowledge Revolution’

Inspirasi penciptaan Roblox muncul saat David Baszucki merintis perusahaan barunya yaitu Knowledge Revolution. Perusahaan itu lantas diambil alih MSC.Software. Langkah tersebut malah menyediakan keleluasaan bagi Baszucki dan tim dalam memunculkan berbagai ide baru, unik dan kreatif. Mengajak Erik Cassel yang merupakan partner bisnisnya, Baszucki berhasil membuat karya cemerlang yaitu game Roblox ini.

Pengembangan Konsep Roblox Dilakukan di Kantor

David Baszucki dan Erik Cassel adalah dua sahabat sekaligus partner bisnis yang kental. Kesukaan keduanya akan ilmu Fisika memudahkan penciptaan sebuah game yang mengasyikkan untuk anak-anak. Ide membuat game tersebut lahir tahun 1997 silam, saat keduanya tengah bekerja di kantor mereka di Menlo Park, California. Dari tempat kerja itulah konsep game Roblox dimantapkan sebelum diperkenalkan kepada khalayak.

Dulu Namanya Dynablocks

Game Roblox kali pertama dikeluarkan tahun 2004 lalu dengan nama Dynablocks. Hanya saja game itu masih beta yang cuma bisa dimainkan oleh beberapa pemain terpilih dimana tujuannya adalah mendapatkan review dan saran. Satu tahun sesudahnya, game ini terbuka untuk dimainkan lebih banyak pemain. Oleh karena itu, sesudah menerima banyak kritik dan saran, disimpulkan jika nama ‘Dynablocks’ ternyata sulit diingat sebagian besar pemain, terlebih anak-anak. Oleh karena itu, keduanya pun bersepakat mengganti nama game ini ke nama yang lebih simpel, Roblox.

Resmi Meluncur 2006

Game Roblox kemudian resmi diperkenalkan ke khalayak tahun 2006 yang bersifat gratis. Siapa saja boleh memainkannya. Keleluasaan membuat permainan sendiri pun ditawarkan ke para pemain. Jadi tak cuma untuk developer game saja. Kebebasan tersebut yang menjadi  sebab kenapa game Roblox dengan cepat menjadi populer. Dikarenakan game ini terbuka bagi pemain yang ingin mewujudkan imajinasi mereka dalam bentuk game tanpa perlu repot memikirkan kode-kode program yang rumit.

Logo Roblox Kerap Diganti

Fakta unik Roblox pun termasuk gonta-ganti logo. Penggantian logo itu dari warna huruf, tipe huruf, sampai nama game juga diganti dengan berjalannya waktu. Perubahan logo pun dilakukan pada 2017 yang menyuguhkan desain dan nuansa lebih modern demi menyelaraskan dengan kemajuan zaman. Warna logo yang semula sama dengan warna pelangi Google, kini berganti ke nuansa merah dan hitam saja.

Simulator Fisika

David Baszucki yang membuat game ini semula ingin menyiapkan suatu program fisika yang akan digunakan menunjang proses belajar di kelas. Program itu berupa game 2D yang dinamakan Interactive Physics and Working Model. Namun para murid yang memainkan game itu malah merasa jika ini lebih dari sekedar permainan biasa. Banyak masukan diperoleh Baszucki dan tim. Akhirnya diputuskan untuk merombak prinsip fisika yang sama ke sebuah game yang bisa memberikan keuntungan, itu adalah game Roblox.