Tutorial Menghindari Smartphone Panas Saat Bermain Game

Penggunaan smartphone untuk bermain game memang sudah menjadi hal yang umum saat ini. Tidak sedikit bahkan brand smartphone memberikan label gaming pada smartphonenya. Namun, salah satu hal yang membuat permainan kita menjadi tidak nyaman yakni panas berlebih. Berikut ini ada beberapa langkah tutorial menghindari smartphone panas saat bermain game.

1. Hindari Bermain di Ruang Terbuka

smartphone panas saat bermain gameLangkah pertama untuk mengindari smartphone panas adalah dengan menghindari bermain game di ruang terbuka. Alasannya ada 2 yakni dengan bermain di ruang terbuka kamu pasti akan menambah kecerahan layar yang membuat smartphone cepat panas dan yang kedua terkena sinar matahari langsung bisa membuat smartphone juga menjadi panas.

2. Hindari Bermain Game Saat Pengisian Baterai

smartphone panas saat bermain gameSaat smartphone kita mencharge, ada baiknya kita tidak menggunakannya apalagi menggunakannya untuk pemakaian berat seperti bermain game. Selain karena perangkat akan menjadi lebih cepat panas, ini dipercaya juga akan merusak baterai yang membuatnya menjadi berkurang masa pakainya. Namun, boleh saja bila smartphone mu memang memiliki fitur charge sambil ngegame.

3. Pastikan Menggunakan Jaringan Internet Yang Cepat

smartphone panas saat bermain gameBila kamu merupakan salah satu pemain game online, salah satu tutorial menghindari smartphone panas saat bermain game adalah dengan menggunakan jaringan internet yang cepat. Alasannya, bila sinyal atau internetmu lambat, selain game mu akan lag kerja smartphone akan semakin berat dan alhasil menjadi cepat panas. Apabila memungkinkan, manfaatkan wifi bisa menjadi cara lain.

4. Update Sistem Operasimu

Sistem operasi bisa menjadi salah satu penyebab mengapa smartphone cepat panas saat pemakaian berat seperti salah satunya adalah gaming. Oleh karena itulah, pastikan kamu selalu menggunakan sistem operasi terbaru baik itu dari android maupun iOS. Untuk beberapa smartphone android bahkan memiliki aplikasi mode game yang juga bisa membantu menstabilkan sistem.

5. Aplikasi Latar Belakang

Masih berhubungan dengan sistem operasi, ada baiknya jika kamu menutup aplikasi di latar belakang saat bermain game yang menurutmu berat. Jika memungkinkan, kamu juga bisa memutuskan jaringan internet untuk beberapa aplikasi tertentu yang sering meminculkan notifikasi saat bermain game. Karena sudah pasti itu akan mengganggu layar saat bermain game.

6. Ciptakan Ekosistem Yang Baik

Selanjutnya kamu juga bisa menciptakan ekosistem yang baik agar kamu bisa bermain game dengan baik tanpa terganggu panas yakni seperti menggunakan case yang menghantarkan panas seperti hard case atau menggunakan aksesoris yang bisa bermanfaat utnuk mendinginkan panas smartphone baik bawaan maupun yang dibeli terpisah seperti gamepad cooler.

7. Pastikan Smartphone mu Mendukung Gamenya

Untuk dapat bermain dengan nyaman, ada baiknya jika memang smartphone kita memiliki spek minimal utnuk game yang akan kita mainkan. Selain untuk menghindari pengalaman tidak menyenangkan saat bermain game seperti crash, lemot dan tentu saja panas berlebih. Jadi tidak semua salah game atau developernya ya.

8. Ubah Settingan Game

Tutorial menghindari smartphone panas saat bermain game yang terakhir adalah dengan meringankan kinerja smartphone mu. Seringkali sebuah game memberikan setingan yang disarankan meski smartphone kita mampu untuk di set ke settingan tertinggi. Namun, selain cepat menghabiskan baterai settingan tinggi juga membuat smartphone panas.

Itulah beberapa tutorial menghindari smartphone panas saat bermain game yang mungkin bisa menjadi referensi agar kamu bisa bermain game dengan nyaman dan tentunya agar smartphonemu juga lebih awet atau tidak cepat rusak terutama untuk baterai dan juga layarnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment