Tutorial Memindahkan Toolbar Chrome Android ke Bawah

Google Chrome adalah salah satu browser yang paling bisa diandalkan baik di perangkat dekstop maupun perangkat mobile seperti smartphone. Selain mudah untuk digunakan, Chrome juga terbilang sangat fleksibel untuk diatur agar tetap nyaman digunakan. Salah satunya adalah dengan memindahkan toolbar Chrome Android ke bawah berikut ini.

Sebelum memulai tutorial memindahkan toolbar Chrome Android ke bawah, sebenarnya fitur ini bisa dinikmati di versi versi sebelumnya. Hanya saja entah mengapa setelah adanya update, fitur ini malah menjadi tersembunyi. Dengan tutorial ini, kita bisa tetap memindahkan toolbar ke bawah dan tentu saja mendapatkan manfaat dari posisinya yang ada dibawah.

toolbar Chrome AndroidAda dua manfaat dari tutorial memindahkan toolbar Chrome Android ke bawah ini, yang pertama adalah memudahkan kita untuk meraih toolbar yang seringkali sulit untuk diraih dengan satu tangan saja karena layar smartphone yang dari hari ke hari semakin luas dan sulit untuk digenggam dengan satu tangan apalagi jika harus mengoperasikannya dengan satu tangan.

Manfaat yang kedua tentu saja di sisi aesthetic dimana selain membuat tampilan lebih luas, kamu juga memiliki Chrome yang berbeda dengan yang lainnya. Nah, selarang langsung saja kita mulai tutorial memindahkan toolbar Chrome Android ke bawah.

  1. Buka aplikasi Google Chrome mu, kemudian di kolom pencarian ketikkan chrome://flags
  2. Kemudian, ketikkan kata duet di kolom pencarian
  3. Setelah itu, nyalakan menu Chrome Duet dengan cara memilih enable
  4. Setelah itu, kamu akan diberi opsi mana saja yang akan diaktifkan. Sebagai rekomendasi kamu bisa mengaktifkan home, search, tab switcher
  5. Setelah selesai melakukan setting, langkah selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi Chrome, kemudian membuka aplikasinya lagi
  6. Bila tampilannya belum berubah, dalam hal ini toolbar belum berpindah ke bawah, kamu bisa menutup paksa aplikasinya melalui app switcher atau app killer
  7. Tutorial memindahkan toolbar Chrome Android ke bawah selesai, menu toolbar di aplikasi Chrome smartphonemu sekarang pindah ke bawah sedangkan bar URL tetap di atas sehingga memudahkan kamu untuk melakukan navigasi dan sebagainya

Nah itulah tutorial memindahkan toolbar Chrome Android ke bawah. Dengan demikian kamu tidak perlu lagi repot menarik jarimu ke atas untuk meraih toolbar yang lokainya berada di atas layar, kamu hanya perlu mengarahkan jarimu sedikit ke atas keyboard dan kamu bisa melakukan berbagai macam fungsi seperti mengganti tab, melakukan pencarian, membagikan halaman dan lainnya.

Sayangnya fitur Duet pada Google Chrome ini hanya bisa ditemukan di smartphone Android saja. Untuk perangkat lainnya seperti iOS atau Windows sepertinya belum memungkinkan untuk menggunakan fitur ini pada browser Chrome mereka. Tentunya ini juga yang menjadi nilai plus untuk para pengguna Android di dunia yang mana selalu mendapatkan yang maksimal dari Google.

Sedangkan untuk versi dekstop rasa rasanya fitur ini tidak akan begitu bermanfaat karena di desktop kita menggunakan mouse yang dapat dengan mudah menjangkau semua sudut layar. Berbeda dengan smartphone yang harus mengandalkan jari untuk menjangkau sudut tertentu terutama bagian  layar atas yang pastinya akan sulit dijangkau mereka yang memiliki ukuran tangan kecil.

Nah itulah tutorial singkat untuk memindahkan toolbar di Chrome agar letaknya berada di bawah sehingga kita mudah untuk menjangkaunya dan tentunya memberikan kenyamanan bagi pengguna Chrome. Selamat mencoba tutorialnya dan jangan lupa kamu bisa mengembalikan settingannya dengan memilih menu reset to default. Mudah bukan?

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment