Tips

Aplikasi Mirip TikTok yang Belum Kamu Tahu

Saat ini TikTok sedang berada di puncak kejayaannya. Meski sebelumnya juga sempat diblokir oleh pemerintah karena konten berbau pornografinya, kini TikTok kembali mewabah. Namun, sama seperti halnya musim yang datang dan pergi, TikTok juga bisa tergantikan oleh aplikasi mirip TikTok yang kini mulai populer.

Bahkan beberapa aplikasi sejenis atau aplikasi mirip TikTok tersebut dibuat oleh raksasa teknologi, meski tidak ada jaminan popularitasnya mengalahkan TikTok. Namun siapa tahu bila kamu sudah bosan, mungkin kamu juga berminat menginstal aplikasi yang mirip TikTok. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya untuk kamu yang tertarik mencobanya.

1. Google Tangi

aplikasi mirip TikTokBukan, Tangi disini bukan bahasa Jawa yang berarti bangun. Namun aplikasi mirip TikTok ini bernama Tangi dan singkatan dari Teach and Give. Aplikasi buatan Google ini memiliki format video portrait yang sesuai dengan tren smartphone masa kini dan bisa merekam video dengan batasan waktu satu menit.

Tak hanya itu saja, ada juga fitur andalan bernama Try It yang bertujuan untuk mendorong pengguna memposting foto karya mereka agar dapat berinteraksi dengan pengguna lain. Aplikasi Google Tangi ini sayangnya baru bisa dinikmati oleh pengguna iOS saja dan baru bisa diunduh di AppStore. Untuk pengguna android sepertinya masih harus bersabar.

2. Byte

Aplikasi mirip TikTok selanjutnya bernama Byte. Aplikasi ini dikembangkan oleh salah satu mantan pengembang Vine yang sebelumnya juga merupakan aplikasi video sejenis TikTok. Namun sayangnya Vine sudah ditutup oleh Twitter. Berbeda dengan Tangi, aplikasi Byte ini sudah tersedia di smartphone android maupun iOS. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengaksesnya via desktop.

Perbedaan lainnya ada pada durasi video yang diunggah ke Byte yakni hanya 6 detik saja! Wah 5 detik dapat apa ya? Kalau kamu penasaran, kamu bisa langsung unduh aplikasinya agar kamu tahu betapa kreatifnya pengguna Byte memanfaatkan 6 detik pada video mereka. Aplikasi ini cukup populer di Amrik lho.

3. Facebook Lasso

Facebook tak berhenti mengembangkan media sosialnya yang seakan ingin bersiang dengan semua jenis media sosial. Facebook Lasso dikembangkan untuk memuat konten video seperti TikTok jadi tidak heran jika disebut sebagai aplikasi mirip TikTok. Aplikasi iniĀ  sudah tersedia di android dan juga iOS, namun belum bisa dipakai di Indonesia.

Facebook sendiri berkata, mereka masih mengembangkan aplikasinya dengan mengajak para konten kreator untuk membuat konten mereka di Lasso. Bila sudah tersedia di Indonesia, kamu bisa masuk atau login dengan akun Facebook atau Instagram mu. Apakah kamu tertarik atau sudah bosan dengan facebook?

4. Instagram Reels

Meskipun Facebook sudah memiliki Lasso, namun Instagram yang masih merupakan bagian dari Facebook sudah meluncurkan aplikasi yang identik dengan TikTok yakni Instagram Reels. Aplikasi ini masih dalam tahapan uji coba setelah diluncurkan di Brazil. Aplikasi ini nantinya akan tersedia untuk android maupun iOS.

Disebut identik dengan TikTok karena kamu nantinya dapat mengunggah video selama 15 detik dan melakukan editing dengan menambahkan musik, editing gambar dan lain sebagainya. Jadi bisa dibilang sangat mirip dengan TikTok.

Itulah beberapa aplikasi yang mirip dengan TikTok. Mungkin kamu bilang aplikasi diatas merupakan produk tiruan, namun kamu bisa mencobanya untuk mengetahui apakah ada sesuatu atau fitur yang berbeda atau aplikasi tersebut hanyalah gimmick untuk meramaikan media sosial. Selamat mencoba.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment