E-Wallet

Cara Membeli Kartu E Toll dan Lokasi Pembeliannya

cara membeli kartu e toll

Sejak Oktober 2017 lalu, secara resmi pemerintah menggunakan GTO atau Gerbang Tol Otomatis yang hanya menerima pembayaran melalui e money dengan memanfaatkan kartu bernama e Toll. Sistem e toll ini memberikan kemudahan pembayaran tol karena kita hanya perlu menempelkan kartu di gerbang tol sehingga mempercepat antrian mobil. Lalu bagaimana cara membeli kartu e toll tersebut?

Cara membeli kartu e toll serta pengisiannya pun tidak kalah mudah. Ketika awal peresmian e toll, kartu e toll bisa dibeli dekat pintu tol. Namun sekarang tidak, ada lokasi pembelian khusus yang tersedia sebelum memasuki gerbang tol. Jadi bisa dibilang e toll ini wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan roda empat.

1. Bank Penerbit e Money

cara membeli kartu e tollCara membeli kartu e toll yang pertama adalah melalui bank penerbit e money yang sudah diakui oleh pemerintah. Daftar bank tersebut di antaranya Bank Mandiri, BRI, BTN, BCA dan BNI. Kamu hanya perlu ke bank tersebut dan memohon pembuatan kartu e toll. Kamu akan mendapatkan kartu khusus yang bisa di Scan melalui perangkat NFC dan ATM sekaligus.

Untuk biaya pembuatannya cukup murah mulai dari 20 ribu, sedangkan untuk pengisiannya minimal Rp 50.000 saja. Kamupun bisa mengisi atau top up saldo dari e money tersebut menggunakan transfer yang layanannya tersedia di setiap bank tersebut.

2. Beli di Minimarket

Selanjutnya apabila kamu merasa malas untuk mengantri di bank, kamu bisa membeli kartu e toll di minimarket yang sudah melakukan kerjasama seperti Alfamart, Alfamidi, Indomart, Lawson dan Circle K. Kamu hanya perlu menuju salah satunya dan kamu akan dimintai sejumlah uang untuk membeli kartu e-Toll yang belum berisi saldo. Selanjutnya kamu harus membeli dan sekaligus mengisi saldonya.

Untuk pengisian saldo tersebut, kamu bisa membelinya dengan nominal mulai Rp 10.000,- hingga batasan Rp 1.000.000,- loh. Mungkin kamu lebih memilih cara membeli kartu e toll yang satu ini karena sisi kepraktisannya dan juga lebih murah.

3. Beli di Toko Online / e Commerce

Apabila kamu juga malas untuk melakukan pembelian di minimarket karena batasan waktu, kamu bisa melakukan pembelian kartu e toll melalui toko online atau e commerce, dengan demikian kartumu akan diantarkan langsung ke rumah atau ke kantormu. Caranya juga cukup mudah layaknya kamu belanja online, yakni dengan memiliih toko yang dipercaya di online Shop.

Selain itu pembelian dari toko online seperti Tokopedia, BukaLapak, Lazada dan lainnya ini bisa dibilang lebih menarik karena harga yang bersaing, pilihan untuk pembeliannya juga lebih variatif yakni mulai dari kartu e-Toll kosong alias tanpa saldo, atau yang sudah berisi saldo, atau bahkan yang memiliki bonus gratis tongtol alias tongkat e-Toll atau juga custom gambar kartunya.

Namun cara yang terakhir ini bisa dibilang cukup rawan sehingga disarankan untuk kamu yang masih awam membeli saldo tidak dalam jumlah besar atau kamu bisa membeli kartu kosong tanpa saldo kemudian mengisinya sendiri agar lebih aman proses dan hasilnya.

Bagaimana? Sudah ada gambaran cara mana yang akan kamu pilih untuk membeli kartu e toll nya? Semoga artikel ini membantumu memberikan wawasan dan juga informasi seputar cara pembelian kartu e toll serta dimana pengisian saldonya. Selamat mencoba dan memilih cara yang sesuai dengan keinginan anda.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment