Samsung

Samsung Galaxy Z Flip, Akankah Menjadi Trend di Masa Depan?

Pasti kamu pernah bertanya-tanya seperti apa desain smartphone di masa depan? Meskipun saat ini desain smartphone terbilang monoton, namun masih ada yang berusaha untuk berinovasi. Salah satunya adalah Samsung dengan smartphone lipatnya yakni Samsung Galaxy Z Flip. Lalu seperti apa spesifkasi Samsung Galaxy Z Flip yang memiliki harga jual sampai 20 an juta rupiah ini?

Meskipun berdesain smartphone lipat, namun smartphone ini bukanlah penerus dari Galaxy Fold yang lebih dulu dirilis. Namun, sayangnya spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip dikatakan tidak sekuat lini flagship Samsung S20 Series yang diluncurkan bersamaan dengan smartphone ini. Kita lihat saja secara mendetail bagaimana Samsung menciptakan smartphone lipatnya.

Desain

Samsung Galaxy Z FlipDi sisi desain, Samsung memadukan bahan kaca dan metal untuk bodi bagian belakangnya. Mengusung desain Flip layaknya ponsel clam shell, Flip Z memiliki layar seluas 6,7 inch dengan bezel yang masih terbilang tipis. Uniknya, layarnya ini mengusung kaca super tipis berteknologi FHD+ Dynamic AMOLED Infinity Flex sehingga lebih tahan goresan ketimbang layar tekuk lain.

Samsung Galaxy Flip Z juga memiliki layar kedua yang meski hanya berukuran 1.1 inch berteknologi amoled sehingga irit daya yang berfungsi untuk menampilkan notifikasi dan tampilan fitur lainnya. Tersedia 3 warna untuk Flip Z yakni mirror Purple, mirror Black, dan mirror Gold. Samsung mengklaim bahwa Flip Z mampu bertahan dibuka tutup hingga 200 ribu kali.

Dimensinya sendiri cukup ringkas apabila ditekuk yakni hanya 73.6 x 87.4 x 17.3 mm dan bila dibuka dimensinya berubah menajdi 73.6 x 167.3 x 7.2 mm yang tergolong cukup tipis. Beratnya juga tergolong ringan yakni hanua 183 gram saja.

Performa

Di sisi performa mungkin yang menjadi garis bawah mereka yang sudah tertarik dengan desain Flip Z. Samsung tidak menyematkan prosesor terbaru Qualcomm yang diduga untuk mengurangi harga jual. Samsung hanya membekalinya denhan Qualcomm Snapdragon 855+. Tambahan untuk spesifikasi Samsung Galaxy Flip Z lainnya adalah ramnya 8 GB dan internal memori 256 GB.

Untuk menghidupi smartphone ini, Samsung membekalinya dengan baterai 3300 mAh yang diklaim bisa menopangnya lebih dari seharian. Di sisi konektivitas, Flip Z juga sudha mengusung jaringan 5G seperti saudaranya di seri S. Dukungan NFC, Bluetooth seri kelima dan 802.11AC Wifi juga menjadi kelebihan di sisi konektivitas.

Flip Z membawa android 10 yang memiliki modifikasi khusus agar dapat menampilkan dua bagian layar yang berbeda apabila Flip Z hanya ditekuk setengah. Hal ini juga sama dilakukan oleh Samsung untuk Galaxy Fold nya dengan konsep Continuity yang mana layarnya mampu berpindah satu ke lainnya tanpa jeda waktu lama.

Kamera

Spesifikasi Samsung Galaxy Flip Z di sisi kamera juga tidak seberat spesifikasi yang ditawarkan oleh S20 Series. Flip Z membawa dua kamera belakang yang masing masing membawa lensa wide yakni 12 MP f/2.2 wide angle 123 derajat dan 12 MP F/1.8 wide Angke 78 derajat. Sedangkan untuk kamera depannya Samsung hanya membawa sebuah kamera 10 MP f/2.4 80 derajat.

Harga

Untuk harganya sendiri, Samsung mematok angka 1.380 dollar yang mana disediakan hanya untuk pemesanan terbatas saja. Bila dirupiahkan, angka tersebut berubah menjadi angka kisaran 18 jutaan rupiah belum ditambah biaya pajak dan lainnya.

Bagaimana? Apakah menurutmu Samsung Galaxy Flip Z ini nantinya akan menjadi tren di masa depan dimana semua smartphone kembali menjadi ponsel lipat? Atau menurutmu ini hanya akan menjadi gimmick yang tidak bertahan lama? Kita tunggu saja waktu yang berbicara.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment