Tutorial

CARA MEMBUKA SITUS YANG DI BLOKIR GOOGLE CHROME

Cara membuka situs yang di blokir Google Chrome bisa dilakukan dengan beberapa alternatif. Seperti yang anda ketahui, suatu situs terkadang terkena blokir di google chrome karena berisi konten dewasa atau berisi konten-konten negatif, ada juga situs-situs besar dan terkenal yang juga di blokir padahal situs tersebut tidak memiliki konten negatif di dalamnya.

Untuk itu terkadang saat anda membutuhkan situs tersebut malah mendapati situs dalam keadaan terblokir. Anda tentunya tidak perlu khawatir tidak bisa membuka situs itu lagi. Sebab berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk membuka situs yang di blokir google chrome :

Cara membuka situs yang di blokir google chrome dengan aplikasi VPN

Aplikasi VPN ini bisa digunakan untuk mengacak alamat IP, maka aplikasi VPN bisa anda gunakan untuk membuka situs yang di blokir google chrome. Jika anda menggunakan VPN ini, anda biasa bebas membuka semua situs pada google chrome.

Salah satu aplikasi VPN yang bisa anda gunakan sebagai contoh adalah aplikasi Turbo VPN, langkah-langkah agar anda bisa menggunakan aplikasi Turbo VPN radiant :

buka blokir situs dengan turbo vpn

  • Pertama-tama anda bisa membuka Google Play lalu mencari Turbo VPN dan kemudian anda bisa mendownload aplikasi Turbo VPN secara gratis.
  • Setelah aplikasi Turbo VPN selesai anda download dan terpasang pada smartphone anda, kemudian anda bisa membuka aplikasi Turbo VPN tersebut, maka akan muncul kotak perintah dan untuk melanjutkan anda bisa mengklik tombol I Agree.
  • Selanjutnya anda diarahkan untuk memilih server. Terdapat ikon bergambar bola dunia pada pojok kanan atas aplikasi, klik ikon tersebut untuk anda memilih server.
  • Ada beberapa server yang tersedia, selanjutnya anda pilih salah satunya dan tentu saja ini gratis. Setelah anda memilih maka jaringan VPN ini akan otomatis terhubung pada smartphone anda.
  • Tulisan connected akan muncul pada bar notifikasi perangkat smartphone anda dan juga akan terdapat ikon VPN. Status jaringan beserta kecepatannya pun juga akan anda bisa lihat pada bar notifikasi smartphone anda.
  • Buka google chrome dan buka situs yang tadinya dalam keadaan terblokir maka sudah tidak terblokir lagi.

turbo vpn

situs terblokir bisa terbuka dengan turbo vpn

Aplikasi VPN juga bisa anda gunakan jika anda ingin membuka sebuah situs yang diblokir google chrome pada PC atau laptop anda. Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia secara gratis salah satunya aplikasi bernama TunnerBear VPN ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk anda menggunakan aplikasi VPN ini pada PC anda.

  • Sebagai langkah awal anda harus mengunjungi situs dengan halaman https://apps/tunnelbear-vpn-for-pc/ untuk kemudian mendownload aplikasi TunnelBear VPN untuk PC anda dan menginstalnya.
  • Selanjutnya buka aplikasi TunnelBear VPN yang sudah selesai di install ini. Saat dibuka muncul halaman awal aplikasi. Terdapat toggle pada bagian atas halaman aplikasi dan anda klik agar aplikasi ini aktif.
  • Sebelum membuka browser yang anda inginkan untuk membuka situs yang diblokir, anda harus menunggu jaringan yang ada pada VPN tersebut dalam kondisi yang paling baik, paling stabil dan paling cepat yang sedang terhubung ke PC atau laptop anda.

cara menggunakan tunnerbear vpn

Cara membuka situs yang di blokir google chrome menggunakan Private DNS

Selain menggunakan aplikasi VPN, cara lain agar anda bisa membuka situs yang di blokir google chrome dengan menggunakan fitur private DNS atau DNS pribadi. Menggunakan fitur ini berarti anda tidak perlu mendownload aplikasi.

Jika anda pengguna smartphone merk Samsung atau merk lainnya dengan sistem operasi Android 9 ke atas maka fitur ini sudah ada dalam perangkat tersebut. Cara menggunakan fitur private DNS ini cukup mudah, bisa anda lihat di bawah ini :

  • Hal pertama yang anda lakukan untuk menggunakan fitur private DNS ini adalah membuka menu Setting atau Pengaturan pada smartphone anda.
  • Jika menu pengaturan sudah terbuka, langkah selanjutnya adalah membuka pilihan menu Koneksi.
  • Setelah menu Koneksi anda buka, maka akan tersedia beberapa pilihan, lalu anda pilih menu Pengaturan Koneksi Lainnya.
  • Saat Pengaturan Koneksi Lainnya sudah anda buka, didalamnya akan ada beberapa menu pengaturan koneksi, selanjutnya anda klik menu DNS Pribadi atau Private DNS.
  • Selanjutnya anda aktifkan fitur Private DNS tersebut dengan cara merubah posisi Mati dengan Nama host penyedia DNS pribadi.
  • Setelah berubah menjadi Nama host penyedia DNS prbadi, lalu anda masukan nama Host DNS. Untuk membuka situs yang di blokir tersebut terdapat macam-macam host yang bisa anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah dns.adguard.com, 1dot1dot1dot.cloudflare-dns.com atau bisa juga menggunakan 55e772.dnd.nextdns.io
  • Jika anda sudah menetapkan nama host yang akan anda gunakan selanjutnya anda klik Simpan.
  • Terakhir, anda bisa langsung mencobanya dengan membuka situs yang awalnya dalam keadaan terblokir menjadi bisa terbuka dengan cepat.

Lihat Juga: cara membuka blokir di facebook

Cara membuka situs yang di blokir google chrome dengan SSH

SSH merupakan arti dari Secure Shell. SSH ini memiliki fungsi yaitu menjadi jaringan yang melindungi pertukaran data dari virus. SSH ini memiliki sifat yang sama seperti VPN maka anda bisa menggunakan SSH ini untuk membuka situs yang diblokir.

Perbedaan VPN dengan SSH adalah jika SSH memakai pihak ketiga dalam penggunaannya apalagi dalam proses SSH tunneling. Cara penggunaan SSH bisa di bilang tergolong mudah dan bisa anda lihat sebagai berikut :

buka situs terblokir google chrome dengan ssh

  • Hal yang bisa anda lakukan untuk menggunakan SSH ini adalah dengan membuka situs FastSSH dan memilih server Indonesia dengan alamat https://www.fastssh.com/page/secure-shell-servers/continent/asia/indonesia. Pada perangkat yang anda gunakan
  • Setelah anda buka halaman tersebut, pada halaman awal FastSSH anda bisa mengklik Create SSH Account Indonesia. Setelah anda klik selanjutnya anda bisa membuat akun dengan memasukan username beserta password. Jika sudah selesai anda buat anda bisa klik Create Account.
  • Jika akun anda sudah selesai dibuat, anda akan mendapatkan username SSH anda beberapa saat kemudian. Tak hanya username SSH, anda juga akan mendapat password SSH dan juga host IP. Semua itu bisa anda gunakan pada tahap selanjutnya.
  • Selanjutnya anda perlu mendownload dan menginstal aplikasi KPNTunel Revolution yang bisa anda download pada google play store smartphone anda.
  • Setelah didownload aplikasi KPNTunel Rev tersebut, anda bisa buka aplikasi tersebut dan menuju ke menu setting, tempat dimana kamu mengaktifkan SSH Tunnel.
  • Terdapat bagian Host/Ip lalu anda perlu menggeser ke bawah dan kemudian isi dengan format yang anda dapat dari FastSSH tadi. Lalu juga anda harus mengisi username dan password dengan yang sudah anda daftarkan pada FastSSH tadi. Jangan lupa untuk mengaktifkan Auto Reconnect dan isi URL Pinger dengan bing.com
  • Langkah akhir, anda perlu mengaktifkan Custom DNS dan anda kemudian bisa menggunakan settingan default yang ada dalam aplikasi tersebut. Setelah aktif, anda bisa kembali ke halaman utama dan klik Start anda bisa mulai memakai SSH ini.

Langkah-langkah tersebut bisa anda gunakan untuk cara membuka situs yang di blokir di google chrome.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment