Tips

Cara Mengatasi Akun Gopay Terkunci

Pada awalnya pembayaran ini terfokus pada jasa yang ditawarkan oleh aplikasi Gojek saja. Namun sekarang sudah banyak pembayaran yang terkoneksi dengan Gopay. Namun bagaimana jika tiba-tiba gopay terkunci dan tidak bisa dipakai? Karenanya, penyebab dan cara mengatasi akun Gopay terkunci perlu diketahui supaya bisa membantu.

Baca: Cara Mendapat GoPay Gratis dan Bisa Digunakan Untuk Pembayaran

Penyebab Gopay Terkunci

Sebelum menemukan penyebab dan cara mengatasi akun Gopay terkunci, sebaiknya telusuri dulu penyebab utama Gopay terkunci. Ada 4 penyebab utama Gopay terkunci yang sering dilakukan dan tanpa sadar hal tersebut bisa menyebabkan Gopay terkunci. Bagian ini akan menjelaskan penyebab Gopay terkunci secara lengkap:

1. Terlalu Lama Tidak Digunakan

Penyebab yang pertama adalah Gopay terlalu lama tidak digunakan. Biasanya hal ini terjadi pada pengguna pasif. Gopay terlacak telah tidak digunakan dalam rentang waktu 169 hari ataupun lebih. Dengan begitu, sistem akan menganggap Gopay tersebut merupakan akun Gopay yang sudah tidak aktif.

2. Terdeteksi Melakukan Transaksi Mencurigakan

Transaksi mencurigakan yang paling sering terjadi yaitu kesalahan memasukkan PIN. Gopay mengharuskan penggunanya memasukkan PIN setiap kali bertransaksi. Namun setelah beberapa kali memasukkan PIN yang salah, percobaan tersebut terlihat seperti mencurigakan sehingga Gopay akan dikunci atas alasan keamanan akun pengguna.

3. Terlalu Sering Akses melalui VPN

Banyak pengguna yang menggunakan aplikasi VPN pada ponsel. Tujuannya tentu untuk bisa mengakses beberapa aplikasi atau situs yang tidak dapat diakses dengan domain Indonesia. Namun ternyata mengakses Gopay dengan menggunakan VPN menyebabkan Gopay terblokir. Sebaiknya matikan dulu VPN sebelum menggunakan Gopay.

4. Login di Banyak Perangkat

Penyebab yang terakhir adalah terlalu sering melakukan login di berbagai perangkat. Memang terkadang login di perangkat lain dibutuhkan. Misalkan saat lupa membawa ponsel atau untuk memanfaatkan voucher. Namun jika ini dilakukan berulang, cara ini dapat merugikan pengguna karena bisa menyebabkan Gopay terblokir.

cara mengatasi akun gopay terkunci

Cara Mengatasi Akun Gopay Terkunci

Setelah tahu penyebab Gopay terkunci, pengguna bisa mengantisipasinya dengan menghindari hal-hal tersebut. Jika akun Gopay terlanjur terkunci, maka lakukan dua cara mudah dibawah ini untuk mengatasinya. Pengguna bisa menghubungi CS Gojek dengan dua cara yaitu:

1. Melalui Email

Cara yang pertama, yaitu menghubungi CS Gojek melalui Email. Alamat Email yang dituju adalah aduan.pelanggan@go-pay.co.id. Proses ini akan dinamakan proses ‘Validasi Akun Gopay’. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan berkas seperti KTP/SIM, Nomor HP terdaftar, Email terdaftar, dan bukti transaksi Gopay yang terakhir.
  • Buka aplikasi Email pada ponsel ataupun PC.
  • Masukkan alamat email yang sudah disebutkan di atas.
  • Tuliskan ‘Validasi Akun Gopay’ pada kolom subjek.
  • Isi bagian badan email dengan maksud dan tujuan.
  • Lampirkan berkas yang diminta.
  • Kirimkan Email dan tunggu beberapa saat.
  • Jika sudah terdapat Email balasan dari pihak Gojek, cek aplikasi Gojek dan Gopay sudah bisa digunakan.

2. Melalui Call Center

Selain melalui Email aduan pelanggan, pengguna juga bisa menyelesaikan masalah ini dengan menelpon langsung ke CS Gopay. Cara ini bisa dipilih atau dilakukan saat cara pertama tidak berhasil. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan berkas yang diperlukan sama yang diperlukan saat menghubungi CS melalui Email.
  • Hubungi CS Gopay pada nomor +622150489000.
  • Jika sudah tersambung, sampaikan permasalahan yang terjadi.
  • Nantinya CS akan menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan.
  • Ikuti instruksi CS dan akun Gopay akan bisa digunakan lagi.

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasi akun Gopay terkunci, pengguna bisa menghindari penyebab-penyebab di atas agar akun Gopay tidak terkunci. Jika sudah terlanjur terkunci, lakukan saja salah satu cara yang sudah dibahas di atas. Tenang saja, cara tersebut mudah dan tidak memakan waktu yang lama.