Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake IG

Kini berkat kemajuan teknologi menjadikan kebanyakan orang aktif di jejaring sosial Instagram (IG) untuk kemudahan berkomunikasi dengan siapa saja. Namun fenomena tersebut pun memungkinkan ada orang yang sengaja membuat akun palsu alias akun fake. Hal itu pun disebabkan kebanyakan orang tak tahu konsekuensi hukum dengan fake account di jejaring sosial. Bagaimana cara mengetahui pemilik akun fake IG?

Akun fake berpotensi dimanfaatkan untuk tujuan kejahatan. Karenanya pengguna harus paham dulu apa saja ciri-ciri akun fake IG. Di samping itu mengerti pula cara mengetahui pemilik akun fake ig bila memang dirugikan. Tersedia berbagai cara mengetahui akun IG itu fake atau memang asli.

Baca: Cara Melihat Stalker Instagram dengan Aplikasi Atau Tanpa Aplikasi

cara mengetahui pemilik akun fake ig

Cek Histori Perubahan Nama Instagram

Di akun IG itu tersedia menu yang memperlihatkan nama nama yang dipakai sebelumnya. Daftar itu pun terdapat detil waktu dan tanggal perubahan. Selanjutnya, cari nama itu menggunakan fitur pencarian di IG. Apabila mendapati akun yang mempunyai nama mirip atau sama tetapi di akun berbeda, disinyalir akun itu palsu. Langkah-langkahnya sebagai berikut. Ketuk simbol 3 titik di sudut kanan atas dari akun itu. Selanjutnya ketuk di menu mengenai akun ini kemudian ketuk di nama pengguna sebelumnya.

Pengelolaan Akun IG

Cara mengetahui pemilik akun fake IG yang lain yaitu mengamati pemilik akun mengupload postingan. Akun IG asli lazimnya punya postingan  rapi dengan informasi detil di kolom Bio. Tak seperti akun IG fake yang postingan sering tak begitu rapi. Di samping itu informasi pun tak begitu lengkap.

Centang Biru

Termudah, cara mengetahui pemilik akun fake IG yaitu keberadaan centang biru. Instagram punya fitur centang biru sebagai indikator jika akun IG tadi asli. Apabila tidak ada centang biru, patut dicurigai jika akun itu fake. Akan tetapi tak semua yang belum bercentang biru pasti palsu.

Nomor Hp

Cara lain melacak pemilik akun IG yaitu menggunakan nomer Hp. Adakalanya ada sebagian orang yang cuma punya nomer Hp orang itu tanpa tahu Instagram orang itu. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke akun IG, lalu ketuk tombol 3 strip di halaman profil.
  • Selanjutnya ketuk menu “temukan orang”.
  • Ketuk menu “connect contact”.
  • Ketuk “mulai” kemudian ijinkan mengakses kontak.
  • Selanjutnya akan keluar akun Instagram dari nomor yang terdapat dalam kontak.

Untuk mengetahui nomor hp penipu bisa lebih cepat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Dengan memastikan jika nomor Hp itu memang termasuk dalam nomor Hp penipu maka akun IG yang tersambung dengannya pun diduga palsu.

Pertemanan Facebook

Jika kebetulan berteman dengan orang itu di Facebook, gunakan cara mengetahui pemilik akun fake IG berikut ini. Cukup sambungkan ke Facebook, maka sistem IG langsung menampilkan berbagai akun IG yang direkomendasikan. Berbagai akun yang direkomendasikan itu adalah akun Facebook teman yang juga punya akun IG. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke aplikasi Instagram.
  • Ketuk menu Profil.
  • Ketuk tanda strip tiga di bagian pojok kanan atas.
  • Ketuk Discover People atau Temukan Teman.
  • Ketuk Connect di opsi Connect to Facebook.
  • Pengguna sebelumnya harus telah login ke akun Facebook.
  • Pengguna dapat mencari akun IG sesudah terhubung ke Facebook.

Dengan mempelajari cara mengetahui pemilik akun fake IG maka akan bisa lebih berhati-hati ketika berhubungan dengan akun itu. Akun IG Fake banyak yang digunakan untuk tujuan kurang baik yang merugikan orang lain.

About Author: