Tips

Cara Menghapus Akun Zoom Permanen

Aplikasi Zoom memang sedang fenomenal beberapa waktu ini. Hal ini tidak lepas karena kondisi saat ini yang tidak memungkinkan kita untuk bertemu secara langsung karena karantina Corona. Namun, seperti yang dikabarkan banyak media massa jika aplikasi Zoom ini ternyata cukup berbahaya. Berikut cara menghapus akun Zoom permanen jika kamu khawatir dengan isu ini.

cara menghapus akun Zoom permanen

Aplikasi Zoom dianggap berbahaya karena tidak memiliki sistem keamanan yang mumpuni sehingga data berharga dalam smartphone kita bisa saja dicuri dan diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Meski memang pihak Zoom mengatakan akan memperbaikin sistemnya, namun mungkin kita lebih baik memanfaatkan alternatif aplikasi video call lain.

Namun untuk mengamankan data kamu, kamu tidak hanya perlu sekedar menguninstal aplikasinya tapi juga kamu harus menghapus akunnya secara permanen agar datsmu tidak lagi bisa diakses atau terhapus di servernya. Langsung saja, ini cara menghapus akun Zoom permanen yang harus kamu lakukan untuk pencegahan bila khawatir akunmu dibobol.

 

  1. Pertama-tama, buka dulu aplikasi Zoom di smartphonemu
  2. Masuk ke menu Setting, kemudian pastikan lagi kalau akun kamu sudah Log Out/Sign Out
  3. Selanjutnya buka browser dari laptop maupun dari smartphone, kunjungi situs Zoom atau dengan ketik “Zoom us
  4. Cek pojok kanan atas halaman, kemudian pilih menu di gambar “Garis tiga”
  5. Kemudian pilih Sign In, setelah masuk kemudian pilih menu My Profile
  6. Kemudian cari menu Admin dan selanjutnya pilih menu Account Management lalu pilih Account Profile
  7. Cari opsi Terminate my account, kemudian pilih Yes
  8. Namun itu bukan langkah terakhir, karena kamu harus memastikan jika akun emailmu tidak terhubung dengan Zoom.

Berikut ini adalah langkah lanjutan setelah cara menghapus akun Zoom permanen diatas, pasalnya meskipun sudah terhapus akunnya terkadang aplikasi nakal masih saja menghubungkannya dengan akun email. Untuk kamu yang menggunakan akun Gmail, berikut caranya untuk memastikan jika Zoom tidak lagi punya akses ke akun Gmail kamu.

 

  1. Langkah pertama, buka browser pada smartphone atau pada laptop kemudian kunjungi akun Google kamu yang biasanya ada di halaman awal di pojok kanan atas apabila kamu menggunakan Chrome, klik akun kamu
  2. Selanjutnya, pilih menu Kelola Akun Google
  3. Setelah masuk ke halaman baru, kemudian cari dan pilih opsi Amankan Akun
  4. Kamu akan masuk ke halaman baru, kemudian cari dan pilih opsi Aplikasi Pihak Ketiga
  5. Langkah selanjutnya, kamu cek apakah Zoom atau aplikasi mencurigakan lainnya yang tertaut di akun Gmailmul. Bila tidak ada artinya email kamu sudah aman dan tidak terhubung dengan situs manapun terutama Zoom. Kamu bisa tetap mempertahankan tautan dengan situs tertentu bila memang kamu mempercayainya
  6. Apabila masih ada situs Zoom atau situs lain yang mencurigakan, pilih opsi Remove
  7. Jangan lupa ganti password akun Gmail kamu
  8. Selesai

Nah itulah cara menghapus akun Zoom permanen yang bisa kamu lakukan dalam waktu kurang dari 10 menit. Masih ada banyak aplikasi alternatif lain yang bisa digunakan selain Zoom. Namun tidak menutup kemungkinan bila akhirnya Zoom memperbaiki sistemnya dan kita bisa menggunakan aplikasi tersebut kembali untuk bervideo call beramai-ramai.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya kebocoran data dari akun gmail kamu. Sebagai alternatif kamu bisa menggunakan aplikasi lain yang lebih aman dari Zoom. Selamat mencoba, tetap aman dalam berteknologi.

Sending
User Review
5 (3 votes)

Leave a Comment