Tips

Aplikasi Keyboard Arab Android Buat Belajar Bahasa Arab

Di bulan suci Ramadhan tentunya bukan hanya sekedar menambah intensitas ibadah kita setiap harinya, namun juga bisa kita manfaatkan untuk belajar. Salah satunya adalah dengan belajar bahasa Arab. Nah, namun di era canggih seperti ini, kita bisa lho mengetik dengan tulisan Arab di smartphone kita. Nah berikut ini aplikasi keyboard Arab android yang bisa kamu gunakan.

Selain kamu bisa menulis chat ayat-ayat di media sosial, kamu juga bisa mengobrol dengan menggunakan bahasa Arab. Aplikasinya tergolong mudah untuk digunakan seperti keyboard biasa. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir karena sebagian besar aplikasinya merupakan aplikasi gratisan alias tidak berbayar.

1. Arabic keyboard: Arabic Language Keyboard

aplikasi keyboard Arab androidAplikasi keyboard Arab android yang pertama direkomendasikan adalah Arabic keyboard: Arabic Language Keyboard. Aplikasi ini selain dapat memudahkanmu mengetik dalam Bahasa Arab juga memiliki tampilan yang menarik. Tak hanya itu saja, untuk mempermudah kamu belajar, ada sistem dari keyboard yang akan mengkoreksi secara otomatis ketikanmu.

Layaknya keyboard lainnya, keyboard ini memiliki emoji lengkap dan juga memiliki settingan seperti suara ketikan dan juga bahasa lainnya seperti bahasa Inggris.

2. Arabic for AnySoftKeyboard

Aplikasi keyboard Arab android selanjutnya yang direkomendasikan adalah Arabic for AnySoftKeyboard. Namun sesuai dengan namanya, sebelum menggunakannya kamu harus punya aplikasi keyboard bernama AnySoftKeyboard terlebih dahulu. Kemudian kamu tinggal perlu menambahkan add on sehingga huruf keyboardmu berubah menjadi huruf Arab.

Tampilannya sendiri terbilang klasik dan disukai oleh sebagian besar pengguna. Yang pasti, aplikasi ini nyaman untuk kamu gunakan menulis dalam bahasa Arab.

Lihat Juga: Aplikasi Keyboard Tulisan Keren

3. Arabic Keyboard – Arabic English Keyboard

Untuk aplikasi keyboard selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengetik Bahasa Arab ada Arabic Keyboard- Arabic English keyboard. Aplikasi ini sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Keyboard Style. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa mengetik huruf-huruf Arab dengan lebih mudah dan praktis.

Tak hanya itu saja, aplikasi keyboard Arab android ini juga dilengkapi sekitar 500 emoticon untuk menambah ekspresi dalam tulisannmu. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengubah warna papan keyboard sesuai dengan warna favoritmu.

4. Ana Muhtarif Al Khat

Selanjutnya ada Ana Muhtarif Al Khat yang juga merupakan salah satu aplikasi keyboard Arab android yang direkomendasikan untuk kamu yang sudah ahli dalam menulis tulisan Arab karena aplikasi ini bisa dibilang yang paling bisa diandalkan. Pasalnya, aplikasi yang bisa meningkatkan ibadah puasa ini tidak hanya hanya digunakan dalam mengetik Bahasa Arab saja namun kamu juga bisa membuat kaligrafi yang indah.

Lebih lengkap lagi, kaligrafi yang kamu buat tersebut bisa langsung kamu bagikan di berbagai platform media sosial seperti Instagram. Beberapa font dan juga background dengan banyak pilihan warna bisa kamu pilih untuk semakin membuatmu nyaman menggunakan aplikasinya.

5. Keyboard Arabic Harokat

Keyboard Arabic Harokat juga bisa menjadi pilihan salah satu aplikasi keyboard Arab android yang bisa kamu pilih. Pasalnya tidak hanya memungkinkanmu untuk mengetik tulisan Arab gundul tapi kamu juga bisa menambahkan harokat seperti nama dari aplikasinya. Memiliki tampilan antarmukanya yang sederhana, penggunaan aplikasinya mudah dipahami,

Tak hanya itu juga, aplikasi ini juga berukuran kecil yakni sekitar 4MB. Jadi, kamu tidak perlu khawatir smartphonemu penuh untuk menambah satu aplikasi ini lagi di smartphonemu.

Itulah beberapa pilihan aplikasi untuk keyboard yang mampu memunculkan karakter atau tulisan Arab. Kamu bisa mencobanya sambil belajar untuk memahami tulisan Arab dan juga semakin meningkatkan ilmu selama Bulan Puasa ini. Selamat mencoba.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment