Tutorial

Tutorial Cara Mengubah Lokasi Download di Google Chrome Android

cara mengubah lokasi download di Google Chrome AndroidGoogle Chrome adalah merupakan browser yang paling banyak digunakan di smartphone android. Dari data Play Store menunjukan, Chrome telah diunduh sebanyak lebih dari 18 juta kali. Hanya saja seringkali pengguna kerepotan saat mengunduh file karena Chrome menyimpannya di memori internal. Berikut ini ada tutorial cara mengubah lokasi download di Google Chrome Android.

Mengapa cara mengubah lokasi download di Google Chrome Android ini perlu kamu lakukan? Alasannya agar kamu bisa menyetel semua unduhan masuk ke memori eksternal atau kartu MicroSD. Selain untuk menghindari agar internal tidak cepat penuh, cara ini juga akan membantu kamu untuk membackup file agar tidak hilang saat terjadi kerusakan pada smartphone.

Baca juga : Begini Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome di Android

Cara mengubah lokasi penyimpanan unduhan ini sebenarnya tidak sulit, hanya saja langkahnya cukup panjang. Hal ini dikarenakan sistem Android membatasi penyimpanan langsung ke memori eksternal untuk beberapa aplikasi tertentu. Untuk Chrome kamu bisa merubahnya dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google Chrome

2. Copy paste kan alamat berikut pada address bar atau kolom url diatas tanpa menggunakan tanda petik “chrome://flagship/enamel-downloads-location-change

3. Setelah itu kamu akan masuk pada halaman baru, cari dan pilih menu “enable download location changelalu ubah statusnya menjadi enable

4. Setelah mengubah status settingan perubahan lokasi penyimpanan, klik Relaunch Now, kemudian aplikasi Chrome akan restart.

5. Setelah proses restart, pilih lagi menu dengan ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas, pilih unduhan atau download.

6. Apabila cara mengubah lokasi download di Google Chrome Android di langkah 2 hingga ke 4 sukses, maka di samping tulisan unduhan atau download akan menampilkan ikon gear atau gerigi

7. Namun apabila langkah tersebut belum berhasil, maka hanya akan muncul huruf (i) atau informasi saja dan kamu perlu mengulang langkahnya mulai dari nomor 2

8. Selanjutnya untuk merubah lokasi penyimpanan hasil unduhan, tekan ikon gear atau gerigi tersebut dan ubah lokasi penyimpanannya pada memori eksternal atau MicroSD Card mu

9. Jangan lupa untuk mencobanya dengan mengunduh sebuah gambar, dan buka gambarnya di galeri lalu lihat detailnya untuk mengetahui dimana gambar tersebut disimpan

Bagaimana? Mudah bukan cara mengubah lokasi download di Google Chrome Android? Selain mengurangi penuhnya memori internal, kamu juga bisa melakukan backup otomatis di memori eksternal tanpa harus memindahkannya. Cara ini juga akan membuat smartphone dan juga Chrome mu terasa lebih ringan karena tidak ada beban file besar yang tersimpan di memori internal.

Ada baiknya jika kamu juga membuatkan folder khusus untuk unduhan Chrome di memori eksternal. Selain membuat file unduhan rapih, ini juga membantumu untuk mengakses filenya. Apalagi jika kamu suka mengunduh file dalam ukuran besar seperti mengunduh film atau game, cara ini jelas akan membantumu.

Untuk versi desktop, cara mengubah letak file hasil unduhan lebih mudah. Kamu hanya perlu ke menu unduhan atau sama seperti cara diatas dan langsung saja mengganti lokasi penyimpanan untuk setiap unduhan yang kamu lakukan. Dengan demikian, file-file unduhan yang biasanya tersimpan di drive C: nantinya akan berubah di drive D: ataupun juga E:.

Semoga cara mengubah lokasi unduhan pada Google Chrome versi android dan dekstop PC ini bermanfaat untuk kamu. Efeknya smartphone mu akan terasa lebih ringan dan juga lebih ergonomis karena semua file tersimpan di micro SD.

Sending
User Review
5 (2 votes)

Leave a Comment