Tutorial

Begini Cara Menjual Buku di Google Play Books, Simak Tutorialnya

cara menjual buku di Play Books

Selain menyediakan berbagai aplikasi dan juga game, Play Store juga menampilkan konten lainnya seperti film dan juga buku yang bisa dibeli. Nah, uniknya kamu juga bisa menjual buku karyamu sendiri sebagai ebook di Play Book. Apabila kamu berminat untuk menjual buku karyamu, berikut cara menjual buku di Google Play Book sebagai mitra.

Baca juga : Tips Cara Mengatasi Download Gagal di Google Chrome

Cara menjual buku di Google Play Book diawali dengan bergabung atau mendaftar untuk memiliki akun di Play Book. Syaratnya mudah, kamu bisa menggunakan gmail atau akun Google yang kamu miliki dan gunakan di smartphone mu. Berikut penjelasan lengkapnya beserta langkah-langkahnya hingga kamu bisa menjual bukumu di Play Book.

1. Kunjungi situs resmi Google Play Book yakni di https://play.google.com/books/publish/

2. Masuk sebagai anggota atau daftarkan diri kamu dengan akun Google atau Gmailmu

3. Setelah masuk, kamu akan menuju ke halaman depan dan cari formulir untuk mendaftarkan bukumu dengan nama Formulir Minat Online

4. Isi semua kolom dalam Formulir Minat Online tersebut, berikut kami informasikan data yang perlu diisi agar kamu dapat mempersiapkannya. Data yang dibutuhkan berupa: Nama, Email, Nama kamu di laman penerbit, website jika kamu punya, negara asal, jumlah buku yang hendak dipercayakan pada Google yakni 500 hingga 1000 eksemplar, jenis publisher

5. Setelah kamu mengisi semua kolom dalam formulir, klik Submit

6. Tunggu balasan dari pihak Google pada email mu

Informasi tambahan seputar cara menjual buku di Play Books

  1. Berdasarkan pengalaman penulis yang sudah mencobanya, lamanya email balasan dari Google setelah kamu mengirimkan formulir bisa mencapai 3-4 minggu
  2. Selanjutnya setelah mendapatkan email dari Google, kemudian kamu diminta untuk mengikuti langkah-langkah untuk menyelesaikan prosesnya

Itulah cara menjual buku di Play Books. Kita wajib bersyukur karena di Indonesia memungkinkan kita untuk menjual dan membeli buku di Google Play Books, karena fitur ini tidak di semua negara ada. Pembayaran yang nantinya diterima oleh penulis sendiri juga dalam bentuk mata uang Rupiah.

Cara Kerja Penjualan Buku

Untuk cara kerja bagaimana Google menjual buku yang kamu kirimkan sebenarnya sudah dijelaskan di situs resminya. Hanya saja kali ini kita akan berbagi pengalaman penulis lain saat mengirimkan karyanya untuk dijual di Play Books. Yang pertama tentu penulis akan menulis bukunya, kemudian file akan dikirimkan dalam format PDF atau EPub atau keduanya.

Pembeli nantinya yang akan memilih format dari buku anda, apakah membacanya dalam bentuk PDF atau dalam bentuk EPub yang lebih fleksibel. Penulis juga nantinya dapat menentukan setelan buku, seperti pilihan ke negara mana kamu akan menjual karyamu atau bukumu, lalu apakah akan diterapkan Pengelolaan Hak Digital atau Digital Right Management (DRM) hingga menentukan harganya.

Google berperan sebagai agen penjualan buku kamu, maka pendapatan yang diterima oleh penulis akan dipotong sesuai dengan harga jual yang sudah disepakati. Google juga akan memberikan pratinjau untuk beberapa buku yang digunakan sebagai media promosi seperti halnya toko buku konvensional. Biasanya pratinjau ini berisi beberapa halaman saja dan untuk melihat halaman selanjutnya pembaca diharuskan membeli.

Bagaimana? Apakah menurutmu kamu bisa menjadi penulis dengan menjual karyanya di Google Play Book? Tidak ada yang tidak mungkin! Segera selesaikan bukumu dan segera kirimkan karyamu! Semoga artikel ini memberikan wawasan untuk kamu yang bercita-cita menjadi penulis terkenal.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment

Copyright @ 2019 Powered by Arenaponsel.com