Cara Scan Barcode di iPhone

Para pemakai perangkat iPhone mungkin ada yang belum tahu jika di dalamnya ada fitur scan barcode. Cara scan barcode di iPhone cukup simpel sebab telah disematkan menu yang akan memudahkan pengguna. Prosesnya adalah menggunakan kamera iPhone tanpa perlu bersusah-payah memasang aplikasi pendukung.

Apa Itu Kode QR

Mungkin Anda sering mendengar tentang kode QR. Tapi tahukah Anda apa itu kode QR? QR Code adalah singkatan Quick Respon Code. Teknologi canggih ini membuat segalanya menjadi cepat dan praktis. Adanya teknologi ini membantu banyak orang dalam aktivitas digitalnya.

Quick Response Code adalah barcode dua dimensi yang dapat memberikan informasi secara instan dan mudah. Kode QR adalah perpanjangan dari kode batang. Cara mengakses kode QR ini adalah dengan menggunakan mesin pemindai di smartphone Anda. Praktis dan sederhana.

Fungsi kode QR dapat menampilkan teks kepada pengguna, membuka URL tertentu, menyimpan kontak di buku telepon dan banyak lagi. Kode QR dapat berisi banyak angka dan karakter, termasuk tanda baca. Lalu bagaimana dengan barcode? Kode QR lebih efektif daripada kode batang. Hal ini dikarenakan barcode terbatas dalam menyimpan data. Karena keterbatasan tersebut, informasi yang dikandungnya tidak sebanyak kode QR.

Kode QR terdiri dari titik-titik hitam dengan spasi putih. bentuk kotak. Titik-titik hitam memiliki arti tersendiri. Tentu saja, satu kode QR berbeda dengan kode QR lainnya. Titik-titik itu kemudian dibaca oleh mesin pindai di ponsel pengguna. Hanya dalam beberapa detik, data di dalamnya akan terbuka secara ajaib. Data tersebut bisa berupa informasi apapun, tergantung dari pembuat kode QR tersebut. Berbeda dengan pendahulunya, barcode hanya bisa menyimpan informasi berupa angka. Kode QR dapat menampilkan alamat situs web, kartu nama, jaringan nirkabel, geolokasi, dan teks biasa.

Trending:  Spesifikasi dan Harga Hp iPhone SE Terbaru

Baca: Cara Scan Barcode Google Maps

Cara Kerja Kode QR

Untuk membaca kode QR, pengguna memerlukan aplikasi Pemindai Kode QR. Pengguna dapat mengunduh aplikasi di perangkat Android atau iOS. Setelah selesai mengunduh, jalankan aplikasi. Arahkan kamera ponsel ke kode QR yang ingin dibaca. Dalam hitungan detik pengguna dapat mengakses informasi tersebut. Kode QR tidak dibuat sembarangan. Kode QR memiliki beberapa bagian khusus yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Ini adalah jembatan yang sangat diperlukan antara dunia fisik dan virtual. Gagasan di balik kode QR adalah pengguna dapat dengan cepat dan mudah beralih di antara saluran yang berbeda, seringkali dari saluran offline ke saluran online. Memindai kode QR adalah solusi hebat bagi banyak pebisnis.  Keuntungan terbesar dari kode QR adalah pengguna tidak perlu lagi mengetikkan URL yang panjang dan rumit. Selain itu, pengguna akan selalu memiliki kartu nama, yang memudahkan pertukaran data.

cara scan barcode di iphone

Cara Scan Barcode di iPhone

Cara kerja barcode yaitu mencari informasi yang ada di lebar maupun spasi garis yang kemudian diterjemahkan barcode scanner. Perangkat iPhone telah dilengkapi fitur-fitur inovatif, diantaranya fitur Scan QR Codes dengan fungsi scan kode barcode menggunakan kamera iPhone. Menu Scan QR Codes tersebut dapat dicari dalam Pengaturan. Cara scan barcode di iPhone langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Trending:  Kisaran Harga Hp iPhone 5S, Kelebihan dan Spesifikasi Kompletnya

  • Masuk ke opsi pengaturan di iPhone.
  • Selanjutnya ketuk pilihan Kamera.
  • Berikutnya nyalakan fitur Scan QR Codes yang caranya adalah geser tombol toggle sampai warnanya menjadi hijau.
  • Keluar dari menu pengaturan kemudian jalankan aplikasi kamera di iPhone.
  • Selanjutnya posisikan kamera belakang iPhone ke kode barcode yang hendak dilakukan scan.
  • Cek bahwa kode barcode sudah terpindai dengan tepat. Jika berhasil melakukan scan otomatis akan ditampilkan notifikasi agar membuka hasil scan barcode itu.
  • Pengguna cukup mengakses notifikasi itu untuk membaca informasi yang tertera dalam barcode itu.