Whatsapp

Cara Whatsapp ke Arab Saudi, Lebih Mudah dan Lebih Murah    

Whatsapp adalah salah satu aplikasi per pesanan yang tidak hanya populer di Indonesia namun juga di berbagai mancanegara. Sayangnya Whatsapp juga banyak diblokir negara lain terutama oleh Arab Saudi. Hal ini mengakibatkan kita yang berada di tanah air kesulitan berkomunikasi dengan kerabat yang sedang beribadah Haji, namun kali ini ada cara Whatsapp ke Arab Saudi.

Dengan menggunakan Whatsapp kita bisa lebih menghemat biaya untuk berkomunikasi lintas negara, berbeda dengan menggunakan jaringan roaming internasional yang pastinya sangat mahal. Untuk mengirimkan pesan dan melakukan panggilan suara ataupun video melalui Whatsapp sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti setiap langkahnya.

Baca juga : Cara Video Call Grup Whatsapp, Cocok Untuk Rapat Kecil-Kecilan

Untuk jamaah Haji atau kerabat anda yang berada di Saudi Arabia, ada dua pilihan yang bisa anda pilih pertama yakni menggunakan nomor lokal Arab Saudi seperti dari Zain, Mobile, Lebara, Virgin atau STC. Atau anda bisa tetap menggunakan provider dari Indonesia yang sudah mendukung jaringan disana seperti Telkomsel, XL, Indosat dan Tri.

1. Cara Whatsapp Menggunakan Nomor Provider Indonesia

Ada kelebihan dan kekurangan tersendiri dari pemilihan kedua jenis provider tersebut. Untuk nomor Indonesia, kelebihannya anda tidak perlu berganti nomor dan anda bisa menggunakan panggilan suara dan video melalui Whatsapp, hal ini yang menjadi kelebihan daripada nomor lokal Arab Saudi. Hanya saja untuk harganya tentu lebih mahal ketimbang nomor lokal sana.

Untuk paket haji yang ditawarkan oleh Telkomsel sendiri pun cukup bervariasi mulai dari paket internet 7 GB selama 20 hari dengan harga Rp. 450.000 untuk yang termurah. Sedangkan yang paling mahal adalah combro haji seharga Rp. 940.000 untuk paket internet 15 GB selama 40 hari ditambah dengan telepon 120 menit dan 120 sms.

Untuk jaringan, anda tidak perlu khawatir karena semua provider yang sudah disebutkan diatas sudah mendukung layanan roaming di Arab Saudi sehingga anda bisa dengan mudah menghubungi kerabat di Indonesia baik melakukan panggilan suara atau video dengan aplikasi Whatsapp.

2. Cara Whatsapp Menggunakan Nomor Provider Lokal Arab Saudi

Untuk cara selanjutnya adalah dengan menggunakan nomor provider lokal Arab Saudi. Kelebihan dari cara ini adalah biayanya jauh lebih murah. Seperti contohnya untuk paket internet sebesar 10 GB LTE selama 30 hari dari operator Virgin, anda hanya perlu membayar 70 SAR atau setara dengan 363 ribuan rupiah saja. Untuk yang termurah anda bisa memilih paket hariannya.

Hanya saja kelemahan dari penggunaan nomor provider lokal Arab Saudi adalah Whatsapp Call dan Video Call tidak bisa dilakukan karena diblokir oleh pemerintah setempat. Namun ada jalan keluar untuk masalah pemblokiran ini, seperti di Indonesia yang saat ini populer menggunakan VPN, namun dengan kecepatan internet bisa saja menurun.

3. Cara Whatsapp Menggunakan VPN

Untuk cara Whatsapp ke Arab Saudi dengan mudah dan juga murah, anda bisa mengunduh aplikasi VPN untuk smartphone anda. Tidak perlu khawatir, banyak aplikasi VPN gratisan yang bisa anda gunakan. Setelah anda mengunduh dan menginstalnya, buka aplikasi VPN dan aktifkan. Setelah itu anda bisa menghubungi kerabat di Indonesia via Whatsapp call atau video.

Mudah bukan cara Whatsapp ke Arab Saudi menggunakan VPN? Oiya jangan lupa apabila anda berminat untuk membeli nomor Arab Saudi, anda hanya diperkenankan untuk membeli 1 nomor per paspor. Jadi anda tidak perlu berganti nomor setelah anda selesai menggunakan jasa dari operator internet tersebut.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment