Samsung

Harga Hp Samsung A6 Plus, Smartphone Lega dengan Layar 6 Inci dan Kamera 24MP

Untuk ukuran ponsel pintar keluaran baru dengan fitur yang menarik, harga Samsung Galaxy A6 Plus ini dapat dikatakan terjangkau dan kompetitif.

Dirilis tahun 2018, Samsung Galaxy A6 Plus secara tampilan memang tidak terlalu jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A6 yang biasa.

Namun ada sedikit perubahan terutama dalam hal dimensinya yang sekarang lebih besar, tepatnya 160,2 x 75,7 x 7,9 mm dengan berat sekitar 186 gram (lebih berat dari yang biasa).

Harga Terjangkau untuk Kelas Menengah

Harga dari Samsung Galaxy A6 Plus memang cenderung beragam, namun tidak terlalu jauh dari angka kisaran IDR 2,200,000 hingga IDR 4,000,000 sehingga ponsel ini masuk pada kategori pasar kelas menengah.

Meski demikian, Samsung Galaxy A6 Plus menggunakan bahan metal sehingga tampak cukup berkelas dan sekaligus secara fungsional menjadikan ponsel tersebut tidak mudah kotor oleh sidik jari. Bodi belakang sedikit licin, tapi bisa diatasi dengan memasang soft case.

Harga Hp Samsung A6 Plus

Tampilan Luar yang Menawan

Sebelum masuk ke bagian fitur dalam, kita bahas tuntas dulu terkait tampilan luar. Setelah membahas tentang dimensi dan bahan, sekarang mari kita kupas soal warna.

Varian yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A6 Plus adalah warna hitam, gold, dan biru. Dari tiga warna tersebut, yang sedikit menarik adalah warna birunya yang elegan, agak gelap, dan tidak terlampau glossy.

Dengan ukuran layar yang mencapai 6 inci, bagian depan Samsung Galaxy A6 Plus dominan oleh layar dan tidak ada tombol Home yang bersifat fisik. Sensor sidik jari posisinya ada di belakang, tepatnya di bawah kamera belakang.

Untuk mempermudah pembahasan, kita bisa bandingkan antara fitur Samsung Galaxy A6 Plus ini dengan gitur Samsung Galaxy A6 yang biasa. Pertama, yang cukup krusial, adalah soal kamera (karena Samsung Galaxy A6 ini didesain khusus salah satunya untuk memenuhi kebutuhan selfie).

Pada Samsung Galaxy A6 Plus, kamera depan mempunyai resolusi yang lebih baik daripada Samsung Galaxy A6 yang biasa. Samsung Galaxy A6 biasa hanya memiliki kamera depan 16 MP sementara Samsung Galaxy A6 Plus resolusinya sampai 24 MP.

Harga Hp Samsung A6 Plus

Bukaan lensa kameranya yang lebar juga membuat cahaya dapat lebih banyak masuk ke dalam sensor, menimbulkan hasil foto yang lebih terang. Kombinasi antara kamera beresolusi tinggi dan bukaan lensa yang lebar membuat Samsung Galaxy A6 plus menjadi pilihan yang kompetitif bagi Anda yang mencari ponsel untuk selfie.

Fitur Kamera yang Prima

Dengan harga Samsung Galaxy A6 Plus yang terjangkau tersebut, Anda bisa mendapatkan fitur yang menarik lainnya, seperti dua buah kamera belakang yang cukup mencolok perbedaannya dengan Samsung Galaxy A6 yang biasa. Samsung Galaxy A6 Plus memiliki konfigurasi dua lensa yang terdiri dari yang beresolusi 16 MP dengan yang beresolusi 5 MP.

Harga Hp Samsung A6 Plus

Dengan tambahan fitur Live Focus, niscaya hasil foto menjadi indah sekaligus tajam. Secara spesifik, kamera 16 MP mempunyai bukaan lensa F1.7 sedangkan kamera 5 MP mempunyai bukaan lensa F1.9. Bukaan lensa keduanya sama-sama besar sehingga berfoto dengan kamera miliki Samsung Galaxy A6 plus  pastilah akan menjadi pengalaman yang menarik.

Beberapa Kekurangan

Namun fitur kamera yang cukup berkualitas agak kurang diimbangi dengan kualitas rekaman video yang justru agak standar. Untuk ukuran fitur kamera yang tinggi, Samsung Galaxy A6 Plus hanya mampu merekam dengan kualitas 1080p. Sebenarnya bukan kualitas yang jelek, tapi sudah banyak ponsel yang harganya lebih murah, yang mampu merekam dengan kualitas serupa.

Kekurangan lainnya yang patut diperhatikan, adalah kenyataan bahwa Samsung Galaxy A6 Plus ini tidak memiliki fitur NFC. Padahal, dengan harga yang mendekati IDR 4,000,000, harusnya fitur NFC sudah secara otomatis ada di dalamnya.

Kemungkinan, Samsung selaku produsen mengikuti tren dengan meniadakan NFC demi harga ponsel yang lebih terjangkau. Padahal NFC ini hampir bisa dikatakan wajib terutama bagi milenial yang sudah memasuki wilayah profesional.

Hal lain yang bisa dianggap sebagai kekurangan adalah daya tahan baterai yang berbanding terbalik dengan kecepatan pengisiannya. Maksudnya, Samsung Galaxy A6 plus ini mempunyai baterai dengan kapasitas sampai 3.500 mAh.

Dengan demikian, baterai dari Samsung Galaxy A6 Plus bisa bertahan sampai 14 jam lebih. Ini tergolong istimewa untuk ukuran layar 6 inci yang seyogianya lebih banyak menyedot energi baterai. Sayangnya, ponsel ini kurang mendukung pendisian cepat.

Untuk mengisi daya dari ponsel ini, diperlukan waktu yang agak lama. Hal yang menjadi kekurangan lain dari Samsung Galaxy A6 Plus ini.

Meski demikian, kekurangan-kekurangan tersebut tetap tidak sebanding dengan kelebihannya yang banyak. Misalnya, selain kamera yang prima, Samsung Galaxy A6 Plus juga hadir dengan fitur Dolby Atmos yang mampu menghasilkan kualitas audio yang prima kala mendengarkan musik ataupun menonton video.

Namun satu hal yang perlu ditekankan dalam kecanggihan fitur ini adalah kenyataan bahwa fitur ini hanya berkualitas tinggi jika pendengar menggunaan headset atau earphone. Sementara jika menggunakan speaker bawaan, maka luaran dari audio nya pun masih tergolong standar. Namun lepas dari itu, keberadaan Dolby Atmos tetap menjadi kredit tersendiri.

Harga Hp Samsung A6 Plus

Spesifikasi Lainnya

Sementara terkait spesifikasi lainnya, Samsung Galaxy A6 Plus mempunyai rincian sebagai berikut:

Chipset berupa Qualcomm SDM450 Snapdragon 450, CPU berupa Octa-Core 1.8 GHz Cortex-A53, GPU berupa Andreno 506, RAM sebesar 4 GB, storage sebesar 32 GB dengan micro SD sampai 256 GB, dan OS Android 8.0 (Oreo).

Terkait konektivitasnya, Samsung Galaxy A6 Plus memiliki rincian sebagai berikut:

SIM dengan menggunakan Dual SIM (Nano + Nano), jaringan dengan menggunakan GSM/ HSPA/ LTE, kecepatan 4G LTE, WLAN dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, hotspot; bluetooth dengan 4.2. A2DP, LE; dan GPS A-GPS, GLONASS, atau BDS

Tambahan lainnya dari Samsung Galaxy A6 Plus adalah sebagai berikut:

Jack Audio yaitu 3,5mm jack, radio dengan stereo FM Radio, RDS, dan recording; USB dengan microUSB 2.0, dan sensor fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Kesimpulan

Harga dari Samsung Galaxy A6 Plus ini tergolong murah untuk ukuran ponsel kelas menengah dengan fitur yang melimpah. Seperti sudah dibahas di atas, ponsel ini punya kelebihan menarik dari segi fitur kamera dan audio, serta layar besar sehingga menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang suka selfie.

Memang ada sejumlah kekurangan dan ini sangat lumrah pada ponsel manapun, tapi tidak sebanding dengan kelebihannya yang tetap lebih banyak.

Baru dirilis pertengahan tahun lalu, Samsung Galaxy A6 Plus ini masih pada harga yang stabil dan tetap gaya jika dipunyai oleh Anda khususnya penyuka produk Samsung. Jadi, tunggu apa lagi, segera miliki Samsung Galaxy A6 Plus sekarang juga.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment

Copyright @ 2019 Powered by Arenaponsel.com